Lifestyle

Tertarik Jadi Barista? Ketahui Hal Ini

Tertarik Jadi Barista? Ketahui Hal Ini
Nizam seorang barista yang sedang mempraktekan pembuatan kopi manual brew (AKURAT.CO/ABDUL HARIS)

AKURAT.CO Menjadi seorang barista bukan hanya sebagai profesi yang disandang untuk mendapatkan bayaran. Menjadi barista harus lebih dari sekedar itu, karena harus ada rasa cinta dan tergila-gila dengan kopi untuk menjadi barista yang hebat.

Proses untuk menjadi seorang barista sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Karena setiap barista harus benar-benar tahu segala macam tentang kopi mulai dari jenis kopi, proses kopi, hingga aneka menu kopi yang merupakan sajian akhir dari perjalanan panjang kopi.

Hal ini diungkapkan oleh Nizam yang seorang profesional barista harapan djaya saat ditemui tim AKURAT.CO di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (6/7).

"Dibilang mudah ya gak mungkin, profesi ini cukup sulit karena memang benar-benar harus tahu detail mengenai kopi, jenis kopi kan banyak banget dan juga detail dalam penyajiannya. Butuh tingkat kehati-hatian dan kejelian untuk menyajikan kopi," ujar Nizam.

Kesulitan dalam penyajian kopi sangat menentukan hasil akhir dari kopi yang disajikan, salah satunya parameter suhu air untuk membuat kopi.

"Tingkat kesulitan dalam membuat kopi yaitu parameter itu yang di mainkan untuk mencapai extracted (rasa maksimal yang dihasilkan) si kopi tersebut. Tingkat kekasaran gilingan, suhu airnya berapa yang ?ita pakai, hal itu yang bikin rumitnya. Kaya contoh misalnya kita pake air suhu 90 derajat pada satu jenis kopi, ternyata kopi itu gak bisa pake suhu 90 derajat, kita coba suhunya lebih tinggi lagi jadi 95 derajat, tapi pas 95 derajat bisa tapi malah jadi pahit rasa kopinya dan ternyata sebenarnya harus dikurangin suhunya jadi 80 derajat bukan malah ditambah. Parameter itu yang bikin sulit tapi menyenangkan," tambah Nizam.

Nizam sendiri menyarankan tidak perlu takut untuk menjadi seorang barista, kesulitan memang menjadi suatu hal dalam proses profesi yang dimiliki seseorang.

"Gak perlu takut, jangan bayangin susahnya. Yang penting suka kopi dulu, harus suka kopi sama mau belajar aja sisanya mau belajar dengan sendirinya kok. Karena buat aku pribadi karena aku belajar dulu, suka ngopi sama kaya pengen tahu aja dulu, karena setelah pengen tahu itu pasti pengen tahu lagi yang lebih dan lebih, jadi gak perlu takut," tukasnya.[]

baca juga:

Erizky Bagus Zuhair

https://akurat.co

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Untuk komentar, silahkan terlebih dahulu