Entertainment

Sejumlah Seleb Sewot ke Arief Muhammad Bikin Istilah Ikoy - Ikoy

Istilah Ikoy-Ikoy ditujukan untuk hadiah


Sejumlah Seleb Sewot ke Arief Muhammad Bikin Istilah Ikoy - Ikoy
Arief Muhammad (ISTIMEWA)

AKURAT.CO, Selebgram dan Konten kreator Arief Muhammad merupakan yang mempopulerkan istilah ikoy-ikoy. Arief Muhammad mempopulerkan istilah ikoy-ikoy di media sosial dan kini menjadi perbincangan sekaligus muncul pro-kontra. 

Ikoy-ikoy ini merupakan istilah yang dikaitkan dengan aktifitas bagi-bagi hadiah. Bisa dibilang salah satu aktivitasnya para selebritis di media sosial. 

Mulanya istilah Ikoy-Ikoy ini diperbincangkan yakni karena Arief pernah menerima Direct Message atau DM dari netizen. Para netizen menagih apa yang dibutuhkan mereka dan agar Arief mengabulkannya.

Ikoy sendiri merujuk pada nama asisten Arief, Rizqi Fadhilah. Rizky Fadhilah merupakan asisten yang ditunjuk Arief untuk memproses bantuan atau pemberian untuk follower Arief. 

Kini Arief bukan hanya dicecar oleh netizen, tetapi juga selebritis, terutama yang aktif di media sosial. Para artis kompak mengungkapkan bahwa mereka ditagih 'ikoy-ikoy' alias hadiah oleh netizen melalui DM.

Dua diantaranya, Andien Aisyah dan Nafa Urbach. Andien menyampaikan protesnya dan menyindir Arief Muhammad terkait Ikoy - Ikoy, yang semakin digunakan netizen untuk DM artis.

"Oh ok, sekarang sedikit banyak sudah ngerti ikoy-ikoyan. Dan karena Arief Muhammad sudah repost jadi semacam mesti banget nih ke gue yak," tutur Andien melalui instagram story, Senin (2/8).ya memang ada saja yang diminta netizen.

Diantaranya minta otak-otak, sandal hingga buku-buku edukasi anak. Selain itu, juga dimanfaatkan untuk promosi produk dagang.

Sedangkan Nafa Urbach menanggapi lebih santai terkait Ikoy-ikoy yang sudah mengerti netizen. Nafa Urbach justru menyampaikan agar netizen silahkan memintanya ikoy-ikoy.

"Oh ya sudah boleh deh ikutan koi koi, aku mainnya isi gopay sama shopee pay aja kali yah. So, besok kita pilih 5 orang," tulis Nafa di akun instagram pribadi.

Dari sekian banyak yang meminta, Nafa Urbach pun akhirnya memilih salah satu netizen. Netizen itu minta dana untuk beli seragam anak sekolah.

"Kepengen ikutan kak, cuma pengen belikan anak seragam sekolah karena udah pada sobek dan tiap pulang sekolah selalu nangis," tulis salah satu netizen.

Selanjutnya Rachel Vennya menyampaikan kalau dirinya tidak betah dengan istilah Ikoy-ikoy dipakai terus oleh netizen.

"Ini yang namanya ikoy kupingnya panas gak sih seharian isinya IKOY SEMUA. Bener-bener ya kerjaannya influencer ini @ariefmuhammad," tulis Rachel di instagram story.

Selain itu, Nana Mirdad juga menyampaikan kalau dirinya emoh ikutan ikoy-ikoy. Mengapa? karena bagi Nana Mirdad itu akan membentuk masyarakat bermental minta-minta.

"Maaf kalau aku mengecewakan enggak ikut ikoy-ikoyan, tapi setiap orang punya cara berbeda-beda untuk memberi," ujar Nana Mirdad di Instagram belum lama ini.

Atas kegaduhan ini, Arief Muhammad pun menyampaikan permohonan maaf bagi siapapun artis yang sudah terganggu Ikoy-Ikoy. 

"Rachel, dan mungkin sekalian ngomong ke temen-temen lain yang ditagihin followersnya untuk ikoy-ikoyan, gue minta maaf ya. Di sini enggak pernah nyuruh orang untuk nagih ke artis/influencer favoritnya. Jadi kalau kalian keganggu, maafin ya," tulis Arief Muhammad di InstaStory belum lama ini.[]