Tech

Perangi Penyebaran Hoaks Melalui Game Pramana Sahwahita

Game Edukatif untuk melawan berbagai hoaks terkait Covid-19.


Perangi Penyebaran Hoaks Melalui Game Pramana Sahwahita
Tampilan game Pramana Sahwahita. (its.ac.id)

AKURAT.CO Pramana Sahwahita hadir untuk meningkatkan kualitas baca dan kesadaran bahaya berita hoaks terutama terkait Covid-19. Berdasarkan data American Journal of Tropical Medicine and Hygiene tahun 2020, Indonesia menempati ranking lima dunia dalam penyebaran rumor, stigma dan teori konspirasi terkait Covid-19. 

Game edukatif ini dirancang oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Terdiri dari gabungan tujuh dosen dari Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS dan Departemen Sistem Informasi (SI) ITS. 

Proyek Abmas juga merupakan ide hasil kolaborasi Sustainable Development Goals (SDGs) ITS bersama dengan Departemen DKV ITS dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). Proyek tersebut memiliki konsep dengan mekanika permainan, seperti achievement, motivation, learning, dan challenge. 

Ketua tim Abmas Nugrahardi Ramadhani mengatakan, nama Pramana Sahwahita memiliki arti mencari pengetahuan untuk kebenaran yang manfaatnya untuk semua orang. Di mana tim Abmas ini akan bertugas sebagai perpanjangan tangan ITS untuk membantu mitra dan mengobservasi karakteristik masyarakat dari konten-konten hoaks yang beredar di masyarakat

Tujuan utama pembuatan game ini adalah permainan peran (role play). Di mana masyarakat akan dilibatkan secara aktif dalam proses pembuatan dan penyebaran berita hoaks, sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam bersikap.

“Dibandingkan konsep game yang menghibur, gamifikasi kami mengombinasikannya dengan proses pembelajaran," ujar Nugrahardi, dilansir dari lama ITS. 

Game Pramana Sahwahita bersifat menantang (challenging), sehingga pemain akan disajikan sebuah berita bertemakan Covid-19 dan diajak menebak serta pembuktian berita hoaks. Selain itu, pemain juga akan diarahkan pada aksi berikutnya, yaitu memberitakan kepalsuan beritanya, tidak bersikap apa-apa, atau justru turut menyebarkan kembali berita tersebut kepada orang lain.

Game yang dikemas dengan genre visual novel ini masih dalam bentuk prototipe, yang sudah bisa diakses melalui antihoax-games.itch.io/pramanasahwahita. Di sana tersaji visual menarik yang terdiri dari 15 level. 

Setiap levelnya memiliki  dialog-dialog atau info tentang berita hoaks atau bukan. Setiap tindakan yang dilakukan oleh pemain akan mendapatkan akumulasi poin dan dikategorikan apakah layak menjadi netizen produsen hoaks, user pasif atau layak menjadi agen pemberantas hoaks.