Entertainment

Maknai Hari Kemerdekaan, Ernest 'Cokelat' Soroti Aspek Hukum di Indonesia

Maknai Hari Kemerdekaan, Ernest 'Cokelat' Soroti Aspek Hukum di Indonesia
Ernest Cokelat di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (16/08). (AKURAT.CO/Maria Gabrielle)

AKURAT.CO, Indonesia merayakan hari kemerdekaan ke 77 tahun pada Rabu (17/08). Salah satu personel band Cokelat, Ernest Fardiyan, berbagi pemikirannya tentang makna kemerdekaan dan harapannya untuk negeri ini.

"Ya kita udah lewat pandemi berapa tahun ini Indonesia mau ulang tahun ke 77, posisi ekonomi dunia lagi goyang. Saya berharap Indonesia bisa makin kuat secara ekonomi, pendidikannya anak-anak di sekolah kita makin tinggi standarnya," ujar Ernest Cokelat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (16/08).

Suami Nirina Zubir ini pun berharap hukum di Indonesia semakin kuat lagi. Sebab hukum merupakan elemen yang penting bagi negara.

baca juga:

"Yang pasti hukumnya makin kuat itu elemen penting, kita 77 tahun merdeka kalau hukum kita enggak kuat, kita enggak bisa jadi negara kuat. Semua negara kuat di dunia ini, hukumnya kuat," tuturnya.

Harapan Ernest Cokelat di HUT RI Ke-77 - Foto 1
Ernest Cokelat Ernest Cokelat di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (16/08). AKURAT.CO/Maria Gabrielle

Ernest pun berbagi cerita tentang kebiasaan di hari kemerdekaan. Tidak hanya di keluarga, bersama grup bandnya, Cokelat pun selalu ada yang dihadirkan di hari istimewa ini.

"Kalau di keluarga sih mungkin ya kita nyanyi bareng Indonesia Raya di rumah. Cuman saya kan tiap tahun Cokelat kan identik sama lagu Bendera. Kalau ritual khususnya kita udah pasti selalu bikin konten atau apapun yg berhubungan sama ulang tahun Indonesia," ungkapnya.

Di tahun 2022 ini, Cokelat akan meluncurkan campaign yang bisa dilihat sosial media Cokelat dan para personelnya. Campaign tersebut akan dirilis pada pukul 07.00 tanggal 17 Agustus 2022.

"Jadi, kami adalah band yang nasionalis. Kami mau bikin sebuah campaign tepat di hari ulang tahun Indonesia ke 77," tutur Ernest.

Lebih lanjut, Ernest pun menceritakan bahwa buah hatinya dengan Nirizan Zubir memiliki rasa cinta Tanah Air yang besar.

Sebagai orangtua, Ernest menanamkan rasa bangga menjadi orang Indonesia pada anak-anaknya.

"Jadi memang kecintaan dia sama Indonesia dia udah tau Indonesia itu ulang tahun kapan. Selain  Indonesia Raya, lagu Bendera itu dia udah tau banget. Memang mereka bangga jadi orang Indonesia," beber Ernest Cokelat.

"Saya tanamkan ke anak-anak bahwa kamu harus bangga jadi orang Indonesia. Meski anak-anak zaman sekarang bahasa Indonesianya ngga bagus, kamu harus belajar bahasa Indonesia itu seperti apa. Karena itu bahasa roots kamu. Kalaupun someday kamu besar di luar negeri sana, buktiin bahwa Indonesia itu bisa bersaing dengan orang luar," tambahnya.

Menutup perbincangan, Ernest Cokelat sedikit mengilas balik keseruan hari kemerdekaan saat ia masih kecil. Ernest ingat dirinya pernah memenangkan salah satu perlombaan 17-an.

"Di masa kecil dulu tuh aku bakiak ya, pernah menang, itu aja sekali seumur hidup yang lain nggak pernah menang. Karena memang makan kerupuk gapake tangan tuh susah. Panjat pinang jelas lah itu susah," pungkasnya.[]