Entertainment

Lakukan Transfusi Darah Hingga 8 Kantong, Ruben Onsu Sebut Ada Bercak Hitam Dibagian Otaknya

Ruben Onsu masih belum mengungkapkan dengan jelas penyakit diidapnya.


Lakukan Transfusi Darah Hingga 8 Kantong, Ruben Onsu Sebut Ada Bercak Hitam Dibagian Otaknya
Pewara Ruben Onsu saat memberikan keterangan kepada awak media di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Kedatangan Ruben Onsu tersebut untuk memenuhi panggilan pihak kepolisian atas kasus perundungan yang menimpa anaknya, Betrand Peto Putra Onsu. (AKURAT.CO/Endra Prakoso)

AKURAT.CO, Keluarga Ruben Onsu belakangan menjadi pusat perhatian warganet usai Ruben Onsu kembali dilarikan ke rumah sakit. Akhirnya, suami Sarwendah itu mengungkapkan penyakit yang diidapnya.

Ruben mengetahui penyakit yang diidapnya usai menjalani cek kesehatan secara menyeluruh seperti biasanya.

"Pertiga Minggu ini kan gue harus cek darah lagi. Biasa ada kegiatan rutin kayak Brownis dan Ketawa Itu Berkah yang live. Selebihnya nyantai. Nggak berkegiatan berat," ujar Ruben Onsu di Brownis pada Senin (27/6).

baca juga:

"Cuma dalam hal ini gue lebih memilih ke jalur medis. Hasilnya darahnya terus berkurang. Nggak punya jalan lagi, gue harus ke rumah sakit," ucapnya melanjutkan.

Ayah 3 anak itu mengatakan bahwa adanya bercak hitam dibagian otaknya. Bercak hitam itu yang akhirnya mengharuskan Ruben Onsu menjalankan transfusi darah.

"Sebelumnya aku ada MRI, emang ada beberapa yang harus ditelaah lebih jauh. Ada bintik-bintik di bagian otak yang katanya otak kalau sama darah serakah," ucapnya.

"Jadi kalau masuk darah, nyerapnya lebih banyak. Jadi kalah sama yang ada di tubuh. Jadi lebih banyak keserap di otak," sambungnya.

Ruben Onsu hanya menuruti saran yang diberikan dokter dan menyuruhnya untuk melakukan transfusi darah.

"Jadi emang harus transfusi darah lagi. Dan harus di ICU," ungkapnya.’

"Waktu pertama empat atau lima (kantong), kemarin sudah nambah lagi. Kemarin cukup deg-degan sudah siap-siap (pulang) tapi pas dicek lagi darahnya, dari darah yang masuk sudah nyatu banget atau belum. Tenyata nggak bisa balik dulu, harus tambah tiga kantong lagi. Nunggu kiriman darah lagi," lanjutnya.

Sebelumnya, Sarwendah memberikan keterangannya mengenai kondisi Ruben Onsu.

"Darahnya berkurang lagi, jadi ya memang masih observasi dari dokter. Doain aja yang terbaik," ujar Sarwendah ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (26/6).

Ibu 3 anak itu menjelaskan bahwa Ruben Onsu memang harus masih menjalankan transfusi darah.

"Sedih ya sedih, bingung ya bingung. Namanya sudah abis dari dokter, darahnya sudah kemarin yang pertama masuk itu 5 atau 4 (kantung) yang ini 8 (kantung) kalau nggak salah, ternyata membutuhkan lebih banyak (donor darah)," tuturnya.

Pasangan yang menikah pada 22 Oktober 2013 itu hanya bisa saling menguatkan satu sama lain.[]