Entertainment

Kunto Aji Izinkan Masyarakat Untuk Bebas Menggunakan Lagunya

Kunto Aji tidak terpaku pada Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik.


Kunto Aji Izinkan Masyarakat Untuk Bebas Menggunakan Lagunya
Penyanyi Kunto Aji saat tampil dalam Festival Berdendang Bergoyang di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/2/2020). Kunto Aji sukses membuat suasana menjadi syahdu saat menyanyikan lagu di album Mantra-Mantra. (AKURAT.CO/Endra Prakoso)

AKURAT.CO, Kunto Aji memberikan pernyataan yang mengejutkan. Dibanding para musisi lain yang mengikuti pemerintah terkait royalti penggunaan lagu, justru pelantun lagu ‘Rehat’ ini memberikan izin secara sukarela bagi siapa saja yang ingin menggunakan lagunya.

Hal itu ia ungkapkan dalam unggahannya pada akun instagramnya.

Kunto Aji Izinkan Masyarakat Untuk Bebas Menggunakan Lagunya - Foto 1
Kunto Aji izinkan masyarakat dengan bebas menggunakan lagunya untuk kegiatan apapun, asal tidak dikomersilkan. (instagram/kuntoajiw).

“Teman-teman semua yang ingin menggunakan lagu saya, selama itu bukan untuk keperluan komersial, sekali lagi saya sampaikan, silakan," tulis Kunto Aji dalam akun instagram pribadinya yang diunggah belum lama ini.

baca juga:

“Tugas kampus, video wedding, pre-wed, liburan, sampai video iseng jalan-jalan asal tidak di-monitize, silakan saja. Kalau mau DM saya, kirim saja hasilnya, kalo saya suka ya saya bilang bagus, kalau gak ya paling diam saja,” sambungnya.

Rupanya, unggahan tersebut juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk pada akun instagaramnya mengenai penggunaan lagunya.

“Nyawa lagu, hadir dari interpretasi pendengarnya. Alias capek juga balesin dm satu-satu nanya ini. Aku tau hari itu spesial bagimu, tugas itu penting untuk kehidupanmu, maka dari itu ini ya,” tulisnya.

Unggahan itu juga langsung mendapat respon positif dari para followersnya.

“Terimakasih, sudah pakai lagu Mercusuar untuk video Akad,” tulis @veliaptr_.

“#Respect,  tambahan bisa juga lagu nya buat anak SMA pas tugas seni budaya biasa nya suruh main alat musik + nyanyi hehe.... #salamsatusenar maskuuun,” tulis @11_ibor.

Namun ada juga yang memberikan kritikan. Tak ingin berlanjut, pada instastory instagramnya, pria 35 tahun itu mengaku enggan berbicara lagi terkait hal yang sama.

"Postingan gue soal penggunaan lagu sampai mana-mana. Niatnya cuma nanggepin DM yang pada masuk. Sekarang isunya jadi melebar ke hal-hal yang enggak jadi point omongan. Edukasi masih panjang," tulis Kunto Aji melalui dikutip dari instastory nya, Sabtu (21/5).

"Sudahlah, sudah enak kaya sekarang, viral viral tapi masuk ke kolam piranha males juga. Segini juga sudah nikmat. Bersyukur banget lah punya pendengar kayak kalian. Mau baca dan paham dulu sebelum komen. Enggak malu buat tanya. Thankyou gengs," pungkasnya.