Lifestyle

Inilah Alasan Anak Lebih Senang Dijodohkan Oleh Teman Dibandingkan dengan Orang Tua

Banyak orang nyaman dengan calon pasangan yang dijodohkan teman, dibanding dengan calon pasangan yang dijodohkan orang tua. Apa saja alasannya?

Inilah Alasan Anak Lebih Senang Dijodohkan Oleh Teman Dibandingkan dengan Orang Tua
Ilustrasi pernikahan (Unsplash/Natahlie Thornleu)

AKURAT.CO  Memang tidak mudah mencari pasangan yang tepat. Bahkan beberapa orang, tidak masalah jika dijodohkan dengan orang lain.

Menariknya banyak orang percaya dan nyaman dengan calon pasangan yang dijodohkan teman, dibanding dengan calon pasangan yang dijodohkan orang tua.

Psikolog Klinis dan Peneliti Relasi Interpersonal, Pingkan Rumondor, M.Psi, bahwa beberapa riset menunjukan bahwa hubungan pertemanan khususnya dalam kategori persahabatan, cenderung lebih bisa menilai dan memprediksi masa depan seseorang.

baca juga:

"Ada riset yang mengatakan, apa kata temen tentang keberlangsungan hubungan, ternyata lumayan prediktif. Artinya kalau ada temen yang bilang 'kayanya lo cocok deh sama dia,'. Itu ada efeknya, dan membuat orang sedikit terkontrol dan lebih berkomitmen dan terkadang bener, cocok," ujar Pingkan dalam Konferensi Pers Peluncuran #SpeakUpforLove Closeup di Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (09/8/2022).

Pingkan menambahkan, fenomena ini bisa terjadi karena umumnya seorang teman dekat sudah mengenal orang tersebut sehingga apa tidak dilihat oleh seseorang bisa dilihat oleh teman dekat atau sahabatnya.

"Jadi mungkin kita nggak sreg nih, tapi menurut temen kita 'kayanya kamu cocok karena ini dan itu' lebih ke situ sih. Jadi bisa membantu," tambahnya.

Pinkan juga menjelaskan, komunikasi yang buruk antara anak dan orang tua, bisa jadi alasan seorang anak lebih senang dijodohkan teman dibanding dijodohkan dengan orang tua. 

"Komunikasi buruk (dengan orang tua) bisa jadi, kalau komunikasi buruk gimana (anak) mau di dengar. Di tempat ini, orang itu tidak di dengar mau nya apa. Kalau sama teman, mungkin lebih terbuka dan setara," katanya.

"Bisa jadi, beberapa kasus ini terjadi. Tapi saya tidak mau mengenelarisir," sambungnya.

Selain itu, fenomena ini tidak lantas dijodohkan teman akan selalu lebih baik, dari calon pasangan yang dijodohkan orang tua.

"Cuma ketika temen kita, kenal kita dan dia bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat, jadi hubungannya terasa seolah-olah lebih sukses. Padahal mungkin kita nggak lihat aja tapi temen kita lebih lihat," pungkasnya.