image
Login / Sign Up

Tere dan Sejumlah Harapan di Hari Musik Nasional

Endra Prakoso

Hari Musik Nasional

Image

Penyanyi Tere | INSTAGRAM/Teretorial

AKURAT.CO, Nama Theresia Ebenna Ezeria Pardede, atau yang akrab dispa Tere, memang tak asing bagi generasi 90-an. Anak dari Tombang Mulia Pardede dan Lersiana Purba menunjukkan banyak prestasinya di dunia musik.

Rupanya daya tariknya di dunia tarik suara tak muncul saat dirinya dewasa. Sejak masih SMP, ia memiliki sebuah band, yang pada saat itu sedang marak band yang beranggotakan para remaja.

Seiring berjalannya waktu, kemampuan mengolah vokalnya pun dilirik oleh sebuah perusahaan rekaman. Debut albumnya dimulai oleh album solonya yang bernama Awal yang Indah di tahun 2002, sesuai dengan dirinya saat itu. Ternyata kemampuannya tak hanya menyanyikan lagu saja, tetapi ia juga lihat membuat lirik.

baca juga:

Di tahun yang sama, ia menorehkan prestasi, yakni penghargaan Platinum Award dari single teranyarnya Awal yang Indah dan Tak Ingin Usai. Tepat tahun 2003, ia resmi membuat album kedua bertajuk Sebuah Harapan. Ia mulai dikenal sebagai penyanyi yang besar karena dua lagu di album ini, yaitu Mengapa Ini Yang Terjadi dan Aku Patut Membenci Dia.

Pada tahun 2005, Tere membuat albumnya yang ketiga dengan tajuk, Begitu Berharga. Tak cukup sebagai penyanyi, peran lain di album ini ialah dia menempatkan dirinya sebagai co-produser. Lagu andalah di album ketiga nya ialah Dosa Termanis, Panggung Sandiwara, serta Pencuri Hati.

Selang 3 tahun kemudian, wanita yang mulai menekuni profesi sebagai perancang busana, membuat album keempat berjudul Teretorial Hits. Tak hanya lagu baru, beberapa single di album ini berisi lagu-lagu terhitsnya di album-album sebelumnya.

Di sebuah tempat makan di kawasan Kemang, Kamis (8/3), wartawan AKURAT.CO Endra Prakoso berhasil mewawancarai Tere dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh tanggal 9 Maret.

Apa sih makna Hari Musik Nasional menurut seorang Tere?

Musik Nasional buat saya adalah hari untuk merefleksikan sejauh mana musik memberikan impact atau pengaruh dalam hidup kita secara keseluruhan. Karena musik esensinya adalah salah satu alat komunikasi massa yang efektif untuk mengubah perilaku dan merubah generasi, di mana dapat menyampaikan sebuah pesan yang maknanya bisa sangat luar biasa untuk bisa mengubah hidup seseorang dan bisa menjadi malapetaka untuk kita ketika kontennya tidak bertanggung jawab. Jadi buat saya musik harus bisa bermanfaat. Tidak hanya buat diri sendiri dan buat lingkungan, tetapi juga buat negara. Jangan hanya sekedar jadi sekedar penyemarak dan bahan ceremony semata. Tetapi juga harus dipikirkan secara utuh dalam konteks yang lebih luas lagi karena musik sejatinya bisa menjadi alat diplomasi yang sangat efektif dalam konteks bernegara, bisa jadi pemersatu bangsa dan bisa juga jadi alat ekonomi yang bermanfaat bagi rakyat, jika dioptimalkan dengan ekosistem musik yang lebih baik, dan bisa jadi pengubah generasi yang lebih baik jika itu bisa mengajak pada kebaikan.

Berbicara hari musik. Apa dampak nyata dari perayaan Hari Musik Nasional yang sudah dirayakan sebelum-sebelumnya?

Terus terang aja selama ini yang saya liat lebih banyak ke ceremony. Wallahu alam, teman-teman seperti Glenn Fredly dan yang lainnya kan sekarang bikin konferensi musik di Ambon. Semoga saja kalau niatnya baik pasti akan berjalan lancar . Tetapi, jangan sampai cuma jadi wacana karena sejatinya musik harus dihargai.

Menurut Tere secara pribadi, bagaimana musik Indonesia saat ini? Apakah musik Indonesia sudah bisa bersaing dengan musik internasional?

Dari dulu musik Indonesia sangat bersaing. Karena jika tidak, gak mungkin orang-orang luar negeri bisa mempelajari gamelan, kulintang dan sejumlah alat musik tradisional lainnya. Malah orang-orang luar negeri yang lebih bersemangat dalam mempelajarinya berarti musik Indonesia. Itu kan berarti musik Indonesia sudah sangat setara dengan musik internasional. Cuma sekali lagi sejauh mana pengelola negara kita concern menjaga, memelihara dan mengoptimalkan musik Indonesia sebagai alat diplomasi bangsa yang benar-benar bisa dikagumi dan dibanggakan oleh bangsa kita sendiri.

Baiknya peringatan hari musik nasional dirayakan seperti apa? Apakah cukup dengan hari saja? Atau harus ada kegiatan nyata di hari tersebu seperti festival musik atau seminar tentang musik?

Dengan tidak ada musik. Biar tau sejauh apa dampaknya.

Apa harapan di hari musik nasional dan musik di Indonesia?

Harapannya sederhana aja deh. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Negara besar adalah negara yang bisa memahami kehebatan dari budayanya termasuk musik.

Pembajakan sudah menjadi masalah klasik yang sulit diatasi di era digital ini. Sebaiknya seperti apa?

Sejauh apakah negara ini concern terhadap pembajakan musik? Sejauh manakah masyarakat sadar terhadap apa sih arti pembajakan itu? Tanya lagi nih. Jadi gak mungkin bisa mengubah suatu keadaan kalau kita sendiri belum tau apa yang musti diubah.

Banyak penyanyi dan pencipta lagu yang masih mempermasalahkan royalti. Artis yang populer sedangkan pencipta tak dapat apa-apa. Sebaiknya seperti apa?

Karena kebetulan saya juga sebagai konsultan hak kekayaan intelektual (HKI) dan saya melihat banyak sekali hal yang terjadi karena kurangnya pemahaman pengetahuan tentang hak cipta, sebagai salah satu unsur dari hak kekayaan intelektual yang harusnya dipahami oleh masyarakat maju dan masyarakat yang mengandalkan kreatifitas sebagai sumber ekonomi bangsanya . Kita memang sebagai sebuah negara memang mengandalkan natural resources dibandingkan pemasukan dari hasil kreatifitas. Di banyak negara maju kan seperti hak paten dan hak cipta semua sudah dioptimalkan dengan massif, sehingga menghasilkan banyak pendapatan ekonomi dengan mengaktifkan industri musik kreatif di Indonesia. Karena industri kreatifnya sendiri, satu, tidak ditumbuh kembangkan, tidak disiapkan habitatnya, bahkan bisa dibilang seperti sapi perah. Jadi cuma disuruh makan rumput, diperah, gitu. Tanpa dikasih pengetahuan yang lebih banyak, tidak diaktivasi untuk lebih maju, diberi pengetahuan, dan dikasih perlindungan hukum. Wajar lah jadinya tak mengerti. Banyak sekali komponen untuk ngomongin royalty. Sejumlah komponen hak cipta tuh ada hak untuk pencipta, hak terkait dengan ciptaan termasuk hak bagi yang membawakan lagu. Belum lagi hak untuk produser yang membuat karya kita dari nol sampai jadi, ada lagi hak untuk boradcaster yang menyiarkan pertama kali.

Banyak senior yang sudah lewat masanya tak lagi dihargai semahal musisi yang hanya punya satu album bahkan satu single. Mereka bahkan hidup miris di masa tua. Bagaimana pandangan Tere?

Karena itu tadi ekosistemnya belum dipikirkan secara matang. Jadinya seperti hukum rimba, gigit-menggigit. Yang paling kuat dialah yang menang.

Apa saran untuk musisi baru agar tetap eksis?

Niatkan bahwa yang dilakukan karena Tuhan. Kita dikasih talenta bermusik yang semoga dengan kegiatan bermusik memberikan energi positif bagi para pendengar karya kita. Jujurlah dan perbanyaklah menyerap ilmu yang ada di sekitar kalian, apakah dari produser atau komposer, atau manajer. Pelajari semua, karena ilmu dari buku tidak ada. Di Indonesia belum ada yang secara spesifik bikin silabus musik Indonesia berdasarkan kondisi sesungguhnya di Indonesia. Semuanya itu adopted dari Eropa, Amerika, dan Jepang. Gak ada yang dari Indonesia asli. Nah itu berarti belajarnya harus di lapangan. Selain itu musisi yang masih baru juga bisa pelajari tentang apa itu royalty dan bagaimana distribusinya. Nanti kalo mau tetap berkarya sepuluh tahun kedepannya gimana strateginya, pikirkan dari sekarang. Banyak berdoa saja. Semoga rencana Tuhan lebih baik.[]

Editor: Erizky Bagus Zuhair

berita terkait

Image

Hiburan

Ini Pesan yang Ingin Disampaikan dalam Film 'Rembulan Tenggelam di Wajahmu'

Image

Hiburan

Arifin Putra Hidup Tragis dalam Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Image

Olahraga

WBO

Bob Arum Sarankan Pac Man untuk Tidak Hadapi Crawford

Image

Olahraga

WBO

Crawford vs Horn Dipandang Sebagai Kuda Hitam, Horn akan Buat Crawford Terkejut

Image

Olahraga

WBO

Crawford vs Horn Horn: Menghadapi Crawford Lebih Besar ketimbang Melawan Pacquiao

Image

News

Akibat Hujan Selama Sepekan, Belasan Rumah Terendam Banjir di Maluku Tengah

Image

News

Sepuluh Kecamatan di Aceh Selatan Terendam Banjir Akibat Guyuran Hujan

Image

News

KPK: Musik Alat Kampanye Pemberantasan Korupsi

Image

Hiburan

Hari Musik Nasional

Vidi Aldiano Jawab Opini Miring Musikus yang Daur Ulang Lagu

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Hiburan

Jauh dari Orangtua, Umay Shahab Telpon Tiap Hari

Orangtuanya sampai mau ikut ke Belanda.

Image
Hiburan

'Rompis' Bikin Arbani Yasiz Lebih Puitis ke Pacar

"Ini pacaran sama Roman atau Arbani?"

Image
Hiburan

Bagi Nikita Mirzani, Usia Tak Mampu Dewasakan Dipo

Umur 45 tahun, sama dengan remaja 19 tahun.

Image
Hiburan

Beranjak Dewasa, Umay Shahab Hadirkan 'Luka Semesta'

Jadi salah satu soundtrack 'Rompis'

Image
Hiburan

Bertekad Ingin Cerai dengan Dipo, Ternyata Ini yang Ditakuti Nikita Mirzani

Nikita Mirzani takut berurusan dengan hukum, kenapa?

Image
Hiburan

Soal Asmara, Umay Shahab: Gue Mikirin Karier Dulu

"Kalau karier gue udah bagus, cewek mana yang nggak mau?"

Image
Hiburan

Detail Peran dan Kemampuan Mera di Aquaman Terungkap

Amber Heard mengungkap sedikit informasi mengenai karakter Mera yang membantu Arthur Curry.

Image
Hiburan

Rompis Janjikan Film Romansa Lebih Dewasa

Film garapan Monty Tiwa ini akan hadir dalam kemasan yang lebih dewasa.

Image
Hiburan

Bella Saphira Puji Keindahan Laut Pulau V Sulawesi

Bella Saphira memang termasuk artis pecinta laut.

Image
Hiburan
Asian Games Jakarta-Palembang 2018

Bawa Obor Asian Games, Dian Sastro Latihan Lari Sebulan

Dian Sastro berkesempatan menjadi pelari pembawa obor di Kota Solo, Jawa Tengah.

Image
Hiburan

Kembali Naik Panggung, Waljinah Mulai Hapalkan Lagu

Waljinah ikut menjadi penampil di Solo Keroncong Festival (SKF) yang digelar pada 20-21 Juli.

Image
Hiburan

Duh! Model Cantik Ini Ditolak Casting Karena Kulit Hitam

Ternyata diskriminasi ras masih terjadi di Amerika Serikat!

trending topics

terpopuler

  1. JFlow Optimis Shakira akan Kembali Sembuh

  2. Anak Denada Sakit Leukimia, Ririn Ekawati Jadi Flashback

  3. Wow! Bulan Madu, Chikita Meidy Sewa Pulau Pribadi di Maldives

  4. Takut Hilang, Nadine Chandrawinata Tak Pernah Gunakan Perhiasan saat Traveling

  5. Diusung PDIP, Tina Toon Beberkan Alasannya

  6. Sidang Pembacaan Putusan Tio Pakusadewo Ditunda

  7. Duh, Baru Seminggu Pamer Hamil, Sabai Morscheck Keguguran

  8. Saat Pro Kontra Keluarga Hantar Tina Toon ke Panggung Politik

  9. Baru Menikah, Nadine Chandrawinata Merasa Seperti 'Ngekos' Bareng Suami

  10. Berlimpah, Sandra Dewi Sempat Donorkan ASI-nya

fokus

Idul Fitri 2018
Mudik Lebaran 2018
Piala Dunia Rusia 2018

kolom

Image
Herman Syahara

Pentas 'Gemintang' Teater Koma, Bukti Terujinya Manajemen Kesenian Nano dan Ratna

Image
Herman Syahara

Harry Moekti, Rocker yang Tak Menemukan Kebahagiaan di Puncak Popularitas dan Kekayaan

Image
Herman Syahara

Kenangan Lawas Sehari Bersama Harry Moekti di Kawasan Blok M

Image
Erizky Bagus Zuhair

Mengkritik Hingga Dilarang ke Rusia, Apa Alasan Robbie Williams Jadi Pembuka Piala Dunia 2018?

Wawancara

Image
Hiburan

Putu Wijaya: Kesenian di Negeri Kita Masih Menjadi Pengemis

Image
Hiburan

Apa Kabar Mereka?

Sayuti OB Akui Banyak Tayangan Alay Tak Mendidik Anak

Image
Hiburan

Apa Kabar Mereka?

Soal Popularitas Instan, Sayuti OB: Sudah Zamannya

Sosok

Image
Hiburan

Begini Kisah Menegangkan Kartunis GM Sudarta di Masa Orde Baru

Image
Hiburan

Piala Dunia Rusia 2018

Misi Utama Model Victoria Lopyreva Sebagai Duta Piala Dunia 2018

Image
Hiburan

Capres Sam Aliano Kirim Pesan Cinta untuk Lionel Messi, Ada Apa?