image
Login / Sign Up

Anji: Saatnya Beri Kesadaran Betapa Pentingnya Musik Bagi Kehidupan

Rani Ayu Utami

Hari Musik Nasional

Image

Penyanyi Anji | AKURAT.CO/Rani Ayu Utami

AKURAT.CO, Tepat di hari ini, Jumat (9/3), masyarakat Indonesia terutama penggiat industri musik tanah air memperingati Hari Musik Nasional.

Setiap datangnya Hari Musik Nasional, banyak sekali harapan-harapan yang terlontar dari mulut para musisi. Salah satunya penyanyi Anji.

Sebagai seorang musisi, pelantun tembang Dia ini pun memiliki pandangan tersendiri tentang Hari Musik Nasional.

baca juga:

Kepada Rani Ayu Utami, wartawati AKURAT.CO, Rabu (7/3), Anji pun membeberkan makna dan harapan untuk musik di Indonesia di Hari Musik Nasional.

Menurut kamu apa makna dari Hari Musik Nasional?

Hari Musik Basional buat saya adalah memberikan kesadaran kepada banyak orang bahwa musik sesuatu yang penting dalam hidup kita. Coba bayangin satu hari tanpa musik, maka itulah pentingnya musik untuk hidup banyak orang.

Apakah dengan adanya Hari Musik Nasional, sudah memberikan dampak yang nyata untuk industri musik Indonesia itu sendiri?

Buat saya Hari Musik Nasional itu masih selebrasi ledakan yang kecil, dampaknya belum berasa banget. Sebenenya hari musik ini belum tahu mau mempersiapkan ajang seperti apa.

Saya si pengin satu hari jangan dengerin musik, supaya kita tahu betapa pentingnya musik buat hidup kita. Makanya kemaren saya sangat aneh yang orang mendengarkan musk di dalam mobil dapat ditilang.

Buat saya itu agak aneh, karena kita membutuhkan musik. Entah itu buat membangkitkan mood, mengisi kesedihan. Ya walaupun bukan musisi, ya kita semua butuh musik.

Apakah musik Indonesia sendiri sudah bisa bersaing dengan musik luar?

Belum, tapi bisa menuju. Belumnya begini, banyak musisi Indonesia yang mencoba go internasional mencoba jadi musisi-musisi internasional, itu di satu sisi. Tapi di sisi lainnya tidak ada batas.

Misalnya orang-orang luar nikmatin lagu Indonesia bisa, kaya orang luar mengocver lagu saya. Orang Korea mengcover lagu-lagu musisi Indonesia. Dan orang luar tahu pasar musik Indonesia itu luas ya.

Masalah pembajakan musik seharusnya ditangani seperti apa?

Saya merupakan musisi yang sudah agak males ngomongin pembajakan. Karena yang terjadi di dunia, ya khususnya di Indonesia itu hal yang biasa, dan sudah dipahami.

Ya gini deh, saya ketemu polisi di jalan dengan menujukan lagu saya di handphonenya, yang ternyata ilegal donwload. Jadi, bahkan seorang polisi aja, maksudnya maindsetnya itu nggak apa-apa (download ilegal).

Saya berfikir kayaknya hampir semua orang Indonesia itu memakai pruduk bajakan. Entah itu pakaian, entah itu kebutuhan sehari, entah itu akeseori hp, entah softwere atau aplikasi. Kadang-kadang musisi yang bilang stop bajakan pakai softqwere bajakan itu kadang-kadang ya.

Jadi langkah konkritnya seperti apa untuk memberantas pembajakan?

Buat saya isunya bukan lagi hapus bajakan itu sulit pokoknya, jadi kita itu bagaimana bisa menyaingi pembajak itu. Sekarang gini deh kaya ada Joox, Spotify, iTunes, Streaming, dengan harga yang murah kita bisa mendapatkan jutaan ribuan lagu legal.

Misalnya dengan Rp50 ribu perbulan kita bisa nemuin lagu banyak dan itu legal. Terus kenapa harus dibajak? Itu sih edukasi yang harus disampaikan untuk masyarakat.

Pemasukan sendiri untuk musisi sekarang seperti apa sih?

Income sebagai musisi sekarang sudah nggak bisa kaya dulu. Karena kalau dulu secara konvensional adalah dari fisik, manggung, brandils misalnya iklan dan lain-lain. Kalau sekarang fisik sudah enggak, dan penjualan full track download digital juga kecil. Ya palingan dari panggung dan brandils (iklan, platform-platform digital).

Royalti untuk musisi musisi senior yang namanya sudah tidak booming lagi sebaiknya industri musik sekarang bagaimana menanggapinya?

Itu akhirnya berkaitan dengan royalti dan publishing. Dan dari pemerintah harus memperbaiki sistem itu, pencitpa lagu dan mereka seharusnya dapat hak.

Mislanya saya bawain lagu Bengawan Solo. Lagu itu sudah dibawakan beribu kali, tapi apakah pencipta dan penulisnya dapet? Nggak.

Saya lagi menyuarakan itu. Jadi royalti harus diperhatikan. Pada saat lagu itu jadi, penulisnya bisa hidup panjang. Nggak adil itu apa yang terjadi pada musis-musisi lama. Seharusnya karya lama mereka bisa bekerja, karena kan musisi lama tidak selamanya dipakai kaya sekarang ini. Karena tidak semua musisi akan dipakai. Jadi memang harus lagunya untuk dihargai.

Sebagai musisi apakah ada rasa ingin beralih profesi ke dunia akting? Apalagi banyak musisi yang sekarang beralih ke dunia akting

Saya tidak selalu suka di film, saya capek menunggu syutingnya karena saya terbiasa manggung bisa explore suatu tempat. Untuk film kan kita seharian untuk set. Menurut saya pemain film, sinetron hebat sih, mereka bisa menangkal rasa jenuh seharian di lokasi syuting.

Tapi, kalau jadi cameo ya oke aja. Tapi ya saya bukannya nggak mau ya cuma sekarang belum. Tapi nggak tahu suatu hari apalagi manusia sering berubah pikiran. Cuma sekarang kepikiran untuk ke film atau sinetron belum sih.

Pesan untuk Hari Musik Nasional?

Bahwa royalti untuk musisi-musisi itu diperbaiki, musisi mendapatkan haknya, terutama untuk penulis lagu dan composer lagu ya harus mendapatkan haknya seperti apa yang harus didapatkannya.

Pandangan melihat musisi baru seperti apa?

Bagus, semakin banyak musisi pendatang baru menandakan bahwa musik Indonesia semakin berkembang dan itu dilihat sebagai hal yang positif.[]

Editor: Erizky Bagus Zuhair

berita terkait

Image

Hiburan

FOTO Bak Layaknya Artis, Anjing Pug ini Berakting di Film 'Patrick'

Image

News

82 Ekor Anjing Chihuahua Ditemukan dalam Satu Rumah di Birmingham

Image

News

China Buka Festival Makan Daging Anjing, Korsel Uring-uringan

Image

Gaya Hidup

FOTO Bengis! Meski Dikecam, China Tetap Gelar Festival Makan Anjing

Image

News

Diejek Ustadz Piara Anjing, Guntur Romli Posting Foto Erdogan dan Anjing Ciko

Image

News

Tunjukkan Anjing Penjaga Rumah, Guntur Romli Dibully: Katanya Ustadz Kok Miara Anjing

Image

Gaya Hidup

Piala Dunia Rusia 2018

Antisipasi Resiko Kesehatan, Kota Penyelenggara Piala Dunia Rusia Bantai Ratusan Anjing Liar

Image

News

Ramadan 1439 H

Anjing Pelacak Dikerahkan Awasi Arus Mudik di Stasiun-stasiun Besar Semarang

Image

News

Ramadan 1439 H

Arus Mudik di Cirebon Gunakan Anjing Pelacak, Ini Keahliannya

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Hiburan

Jauh dari Orangtua, Umay Shahab Telpon Tiap Hari

Orangtuanya sampai mau ikut ke Belanda.

Image
Hiburan

'Rompis' Bikin Arbani Yasiz Lebih Puitis ke Pacar

"Ini pacaran sama Roman atau Arbani?"

Image
Hiburan

Bagi Nikita Mirzani, Usia Tak Mampu Dewasakan Dipo

Umur 45 tahun, sama dengan remaja 19 tahun.

Image
Hiburan

Beranjak Dewasa, Umay Shahab Hadirkan 'Luka Semesta'

Jadi salah satu soundtrack 'Rompis'

Image
Hiburan

Bertekad Ingin Cerai dengan Dipo, Ternyata Ini yang Ditakuti Nikita Mirzani

Nikita Mirzani takut berurusan dengan hukum, kenapa?

Image
Hiburan

Soal Asmara, Umay Shahab: Gue Mikirin Karier Dulu

"Kalau karier gue udah bagus, cewek mana yang nggak mau?"

Image
Hiburan

Detail Peran dan Kemampuan Mera di Aquaman Terungkap

Amber Heard mengungkap sedikit informasi mengenai karakter Mera yang membantu Arthur Curry.

Image
Hiburan

Rompis Janjikan Film Romansa Lebih Dewasa

Film garapan Monty Tiwa ini akan hadir dalam kemasan yang lebih dewasa.

Image
Hiburan

Bella Saphira Puji Keindahan Laut Pulau V Sulawesi

Bella Saphira memang termasuk artis pecinta laut.

Image
Hiburan
Asian Games Jakarta-Palembang 2018

Bawa Obor Asian Games, Dian Sastro Latihan Lari Sebulan

Dian Sastro berkesempatan menjadi pelari pembawa obor di Kota Solo, Jawa Tengah.

Image
Hiburan

Kembali Naik Panggung, Waljinah Mulai Hapalkan Lagu

Waljinah ikut menjadi penampil di Solo Keroncong Festival (SKF) yang digelar pada 20-21 Juli.

Image
Hiburan

Duh! Model Cantik Ini Ditolak Casting Karena Kulit Hitam

Ternyata diskriminasi ras masih terjadi di Amerika Serikat!

trending topics

terpopuler

  1. JFlow Optimis Shakira akan Kembali Sembuh

  2. Anak Denada Sakit Leukimia, Ririn Ekawati Jadi Flashback

  3. Wow! Bulan Madu, Chikita Meidy Sewa Pulau Pribadi di Maldives

  4. Takut Hilang, Nadine Chandrawinata Tak Pernah Gunakan Perhiasan saat Traveling

  5. Diusung PDIP, Tina Toon Beberkan Alasannya

  6. Sidang Pembacaan Putusan Tio Pakusadewo Ditunda

  7. Duh, Baru Seminggu Pamer Hamil, Sabai Morscheck Keguguran

  8. Saat Pro Kontra Keluarga Hantar Tina Toon ke Panggung Politik

  9. Baru Menikah, Nadine Chandrawinata Merasa Seperti 'Ngekos' Bareng Suami

  10. Berlimpah, Sandra Dewi Sempat Donorkan ASI-nya

fokus

Idul Fitri 2018
Mudik Lebaran 2018
Piala Dunia Rusia 2018

kolom

Image
Herman Syahara

Pentas 'Gemintang' Teater Koma, Bukti Terujinya Manajemen Kesenian Nano dan Ratna

Image
Herman Syahara

Harry Moekti, Rocker yang Tak Menemukan Kebahagiaan di Puncak Popularitas dan Kekayaan

Image
Herman Syahara

Kenangan Lawas Sehari Bersama Harry Moekti di Kawasan Blok M

Image
Erizky Bagus Zuhair

Mengkritik Hingga Dilarang ke Rusia, Apa Alasan Robbie Williams Jadi Pembuka Piala Dunia 2018?

Wawancara

Image
Hiburan

Putu Wijaya: Kesenian di Negeri Kita Masih Menjadi Pengemis

Image
Hiburan

Apa Kabar Mereka?

Sayuti OB Akui Banyak Tayangan Alay Tak Mendidik Anak

Image
Hiburan

Apa Kabar Mereka?

Soal Popularitas Instan, Sayuti OB: Sudah Zamannya

Sosok

Image
Hiburan

Begini Kisah Menegangkan Kartunis GM Sudarta di Masa Orde Baru

Image
Hiburan

Piala Dunia Rusia 2018

Misi Utama Model Victoria Lopyreva Sebagai Duta Piala Dunia 2018

Image
Hiburan

Capres Sam Aliano Kirim Pesan Cinta untuk Lionel Messi, Ada Apa?