image
Login / Sign Up

5 Sorotan Anji Terkait COVID-19 yang Menuai Beragam Reaksi, Terbaru Unggah Konten Obat Corona

Dwana Muhfaqdilla

Image

Kontroversi yang dilakukan Anji terkait COVID-19 | Instagram/duniamanji

AKURAT.CO, Beberapa hari terakhir, nama penyanyi Anji ramai jadi bahan perbincangan terkait COVID-19. Sejumlah pernyataannya menuai kontroversi terkait pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Pernyataan yang disuarakannya menimbulkan kontroversi dan memicu perdebatan banyak pihak. musisi 41 tahun itu pun memberikan klarifikasi dengan membuat utas di akun Twitter dan channel YouTube miliknya.

Dihimpun AKURAT.CO berikut rentetan pernyataan yang disuarakan Anji terkait COVID-19.

baca juga:

1. Jangan memakai masker saat berolahraga

Pemilik nama lengkap Erdian Anji Prihartanto ini membuat utasan tentang pro-kontra penggunaan masker saat bersepeda atau berolahraga. Dalam cuitannya pada Sabtu (18/7) lalu ia menyarankan untuk tidak menggunakan masker saat olahraga.

"Pro kontra penyebab meninggalnya seorang yang sedang bersepeda. Karena masker atau jantung. Apapun penyebabnya, tetap JANGAN MEMAKAI MASKER saat kamu olahraga. Cari artikel yang membahas bahaya memakai masker terlalu lama atau untuk olahraga," demikian tulis Anji.

Setelah menuai berbagai komentar, Anji pun menjelaskan yang ditulisnya. Sambil membagikan screenshot cuitan sebelumnya, Anji mengaku salah menempatkan pemakaian huruf kapital yang seharusnya 'SAAT KAMU OLAHRAGA' menjadi ke 'JANGAN MEMAKAI MASKER'.

2. Fotografer memotret jenazah pasien terinfeksi COVID-19

Anji sempat melontarkan pertanyaan saat melihat foto Joshua Irwandi yang dapat mengambil gambar dari pasien terinfeksi COVID-19. Ia menanyakan mengapa pihak keluarga korban dilarang melakuan hal serupa.

Lewat Instagram miliknya, Anji mengkritik foto jenazah berbalut plastik yang terbaring di atas kasur ruang rawat. Anji curiga ada key opinion leader (KOL) yang mengarahkan viralnya opini ini mengenai hal tersebut.

Kemudian Anji mendapatkan penjelasan mengenai etika jurnalistik serta aturan-aturan yang memungkinkan fotografer untuk mengabadikan gambar tersebut. Setelah mendapat penjelasan Anji pun meminta maaf dan menghapus unggahannya.

"Saya tidak (pernah) mendiskreditkan profesi Fotografer, juga foto Joshua. Dalam caption di IG, saya menyuarakan hal-hal yang menurut saya janggal. Jika terjadi kesalahan asumsi dalam memahami kalimat saya, saya minta maaf," tulis Anji.

3. Mendapat Kecaman dari PFI

Setelah disorot terkait unggahan foto jenazah pasien yang terpapar COVID-19, Anji mendapat kecaman dari pihak PFI. Akun Instagram bernama @pewartafotoindonesia mengecam Anji karena membuat opini dan penghakiman secara sepihak. Seolah-olah foto tersebut merupakan hasil dari settingan dan karya dari seorang buzzer, bukan dari jurnalis.

Menanggapi teguran serta kecaman dari PFI tersebut, Anji mengunggah klarifikasi di Instagram pribadinya pada Senin (20/7).

View this post on Instagram

• Menanggapi @pewartafotoindonesia atas karya foto @joshirwandi .

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

4. Empati untuk keluarga pasien dan tenaga kesehatan

Saat disinggung mengenai empatinya terhadap kasus virus corona, Anji membahas apa yang selama ini telah dilakukannya. Mulai dari konser donasi, hingga memberikan sumbangan APD untuk para tenaga kesehatan.

"Kegiatan-kegiatan itu adalah bentuk empati saya. Semoga beberapa hal ini bisa menjawab. Tipiskan ketakutan, selalu jaga kesehatan," tambahnya.

Ia mengaku bahwa sebenarnya percaya akan adanya COVID-19 namun merasa tidak semengerikan apa yang diberitakan oleh media.

5. Unggah konten soal obat COVID-19

musisi kelahiran 5 Oktober 1978 itu mengunggah sebuah video wawancara bersama seseorang yang diketahui bernama Hadi Pranoto. Dalam video itu, Anji mengonfirmasi terkait antibodi yang ditemukan oleh Hadi Pranoto.

Video yang diunggah di akun YouTube Dunia Manji pada Sabtu (1/8) itu menyebutkan antibodi buatan Hadi Pranoto diklaim bisa menyembuhkan dan mencegah COVID-19. Antibodi ini berupa cairan yang bisa diminum bukan disuntikkan seperti vaksin, dan sudah terbukti menyembuhkan banyak orang di beberapa daerah termasuk Wisma Atlet Jakarta.

View this post on Instagram

• [edited] SUDAH ADA BERITA SEBELUMNYA. Tapi tidak diangkat besar oleh media. Padahal isu ini adalah tentang obat COVID-19. Saya merasa media lebih sering memberitakan yang jelek-jelek dibanding yang baik hingga orang jadi ketakutan dan paranoid. Tidak banyak diberitakan orang-orang yang sembuh. Atau isu Antivodi COVID-19 ini, yang merupakan karya anak bangsa, yang sudah menyembuhkn ribuan orang. Kenapa? Sudah banyak banget yang menghubungi saya melalui DM maupun tim, meminta obat ini. Sabar ya, dalam waktu seminggu ini saya akan berikan info di mana bisa mendapatkannya. Di video ini saya tidak mau mengeluarkan pernyataan, karena isunya sensitif sekali tentang obat. Saya menjadi interviewer. Saya juga nanti akan mencoba membuktikan obatnya. Untuk beberapa pertanyaan lain tentangnya, saya akan segera tanyakan. Dalam waktu dekat saya akan ngobrol lagi dengan Prof. Hadi Pranoto. .

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

"Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali di cari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid 19 ini. Dan dari apa yang dia katakan, Antibodi Covid 19 ini sudah terbukti menyembuhkan banyak orang. Menurut berita yang saya baca, Wisma Atlet pun mendapat pasokan obat ini dan pasien terbukti sembuh" tulis Anji di deskripsi video.

Dengan antibodi ini hanya memerlukan waktu tiga hari untuk menghalau keganasan COVID-19 dan memulihkan kekebalan tubuh. Pernyataan ini juga mematahkan argumen Anji sebelumnya yang menyatakan bahwa COVID-19 tidak terlalu mengerikan.

Menanggapi hal itu, dr. Tirta mengaku telah menelepon Anji untuk mengonfirmasi hal itu. Tirta juga akan mengajak seorang teman yang paham di bidang penelitian untuk bertemu dengan Anji dan Hadi Pranoto untuk bertukar pikiran.

View this post on Instagram

Barusan @duniamanji telah berdiskusi dengan telepon • Saya akan ngopi ngopi dengan mas Anji dan pak Hadi Pranoto untuk, tuker pikiran. Saya juga akan mengajak kawan saya yg paham di bidang penelitian. Semacam forum grup diskusi kita buat . Pak hadi pranoto insyAllah juga di ajak @duniamanji dateng, jadi postingan saya archive, dan saya tanyakan langsung ke mereka. Jadi di clearkan issue yg diketik mas Anji. Lebih enak ngobrol langsung, kalo sama2 demi kebaikan, yo kita luruskan, dan kita gas • Intinya obat herbal, vaksin itu semua proses, dan ya saling melengkapi, ada uji klinis semua, ga bisa instan, sejak 3 juni sebenernya berita obat herbal yg diteliti ini sudah viral kok • Diskusi tertutup, dan semua demi 1, kebaikan dan melawan covid. Dari pendidikan, pariwisata, yg terdampak. Perkembangan vaksin, dan juga soal obat herbal • InsyaAllah ngopi2 nya mingdep antara senin / selasa • Kalo bisa berdiskusi, bahu membahu demi mengatasi covid, kenapa harus tercipta narasi perdebatan vs vs an? • Saya ucapkan terimakasih kepada netizen yg udah mention • Kenapa kami ga mau live? Ntar dituduh drama settingan. Dan ngopi asik berjam2 itu lebih wangun. Biar yg burem jadi cerah. Yg slek jadi silahturahmi

A post shared by Cipeng | TIRTA (@dr.tirta) on

Influencer sekaligus relawan COVID-19 tersebut juga menjelaskan bahwa baik obat herbal maupun vaksin membutuhkan proses uji klinis agar bisa digunakan. Ia meminta warganet untuk tidak merespons negatif setiap pemberitaan tentang vaksin COVID-19.

Itulah sederet rentetan kontroversi yang pernah dilakukan Anji terkait COVID-19.[]

Editor: Anugrah Harist Rachmadi

berita terkait

Image

News

Pilkada 2020

Pilkada 2020, Momentum Tunjukkan Komitmen Calon Kepala Daerah Terhadap COVID-19

Image

News

Wabah Corona

BREAKING NEWS: Wali Kota Banjar Baru Nadjmi Adhani Meninggal Dunia Akibat COVID-19

Image

News

Menristek Bambang Brodjonegoro Buka Bukaan Siapkan 250 Juta Vaksin, Bisa Digunakan Pertengahan 2021

Image

News

Kapolri Maksimalkan Peran Babinkamtibmas Terapkan Inpres 6/2020

Image

News

Wabah Corona

FOTO Ratusan Balon dan Salib Tandai Kematian Akibat Virus Corona

Image

Ekonomi

Telkom Indonesia Kantongi Laba Rp10,99 Triliun di Tengah Pandemi

Image

Gaya Hidup

Wabah Corona

Inggris Latih Anjing Tuk Deteksi Orang Terjangkit Virus Corona Lewat Bau

Image

News

Cegah Covid-19, Ratusan TKA Asal China Jalani Swab Test

Image

News

Wabah Corona

Selain Membatasi Tamu, Pesta Pernikahan Juga Diimbau Tak Sajikan Makanan Prasmanan

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Hiburan

Kepergok Bawa Wanita ke Rumah, Raffi Ahmad Minta Maaf ke Nagita Slavina

Sebelum menikah Raffi memang dikenal playboy.

Image
Hiburan

Nikita Willy Sampai Sekarang Tidak Tahu Besaran Honornya di Sinetron

Jordi dibikin bingung Nikita Willy.

Image
Hiburan

4 Pelesetan Nama Justin Bieber oleh Desta dan Lukman NOAH Ini Kocak Abis

Ada-ada saja nih kelakuan dua bapak-bapak ini.

Image
Hiburan

5 Fakta Menarik Jennifer Coppen, Pernah Jadi Korban Bully saat SD

Ada sisi menarik dari dara berusia 19 tahun yang tak banyak orang tahu.

Image
Hiburan

Adly Fairuz Dipercaya Jadi Brand Ambassador Produk Suplemen Kesehatan

Adly terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi suplemen.

Image
Hiburan

Balas Sindiran, The Connell Twins Ancam Buka Aib Jennifer Coppen

Jennifer Coppen sempat akui malu lihat ulah The Connel Twins, Christy - Carly.

Image
Hiburan

Kondisi Terkini Mina Eks AOA, Agensi Woori Actors: Kesehatannya Tidak Menghawatirkan

Mina kerap dibully pemimpin Girl Group AOA, Shin Jimin?

Image
Hiburan

Sindir Pedas The Connell Twins Jual Diri, Jennifer Coppen: Najis Banget

Jennifer Coppen: sekere-kerenya gue nggak akan pernah begitu.

Image
Hiburan

Ayu Ting Ting Jawab Soal Kedekatan dengan Didi Riyadi

Kehadiran Didi Riyadi ke Depok, merupakan surprise untuk ultah Ayu.

Image
Hiburan

Jordi Onsu Bongkar Ulah Nikita Willy Dibelakang Layar, Hebat Bisa Bikin Pemain Dipecat?

Nikita Willy selalu istimewa di setiap sinetron yang dibintanginya.

terpopuler

  1. Menimbang Qiraa’ah Mubadalah untuk Kesetaraan Gender

  2. Tampil Buruk, Performa Hazard Tuai Kecaman

  3. Setelah Karantina Sejak Maret, Pebulutangkis India Kembali Berlatih

  4. Hasil NBA: Lakers Dikalahkan Pacers, Bucks Tumbang dari Mavericks

  5. Hindari Penumpukan di Yogyakarta, LIB Tambahkan Venue di Magelang

  6. Cetak Sejarah, Pembalap Afrika Selatan Rebut Gelar MotoGP Pertama

  7. Klasemen MotoGP: Menangi GP Ceko, Peringkat Binder Melonjak

  8. Singkirkan Napoli, Barcelona Bertemu Muenchen di Perempat Final

  9. Ronaldo Sampaikan Sebuah Pesan Melegakan untuk Penggemar Juventus

  10. Gibran Jokowi Kalah dari Kotak Kosong di Pilwalkot Solo Versi Survei Iwan Fals

fokus

Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM dan Inklusi Keuangan
UMKM Pahlawan Ekonomi
Strategi UMKM Berjaya di New Normal

kolom

Image
DR. ABDUL MUID N., MA

Menimbang Qiraa’ah Mubadalah untuk Kesetaraan Gender

Image
Achsanul Qosasi

Gerakan ABCD untuk Pemulihan Ekonomi

Image
UJANG KOMARUDIN

Demokrasi dalam Genggaman Oligarki

Image
Dr. Abd. Muid N., MA

Islam Yang Mewarna-Warni

Wawancara

Image
News

Menristek Bambang Brodjonegoro Buka Bukaan Siapkan 250 Juta Vaksin, Bisa Digunakan Pertengahan 2021

Image
Ekonomi

Eksklusif Memulihkan Perekonomian Desa dengan Digitalisasi dan Menggerakkan Anak Muda

Image
Video

VIDEO Akurat Talk Bersama Abdul Hakim Bafagih (2/2)

Sosok

Image
Ekonomi

6 Fakta Menarik Sumber Kekayaan Jerinx SID, Bisnis Clothing hingga Brand Ambassador Berbagai Produk

Image
Ekonomi

Foto Lawas Cita-cita Masa SD Desainer Asal Medan ini Viral, Bikin Bangga!

Image
Hiburan

5 Potret Memesona Dian Syahfitri, Guru SMK di Deli Serdang yang Jadi Idola Para Murid