image
Login / Sign Up

5 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kehidupan Sehari-hari

Anugrah Harist Rachmadi

Image

HL Manfaat Mendengarkan Musik | MEDIUM

AKURAT.CO, Ketika mendengarkan musik secara otomatis tubuh kita reflek menikmati alunan serta pikiran kita jadi terhibur, bukan? Terlebih jika yang kita dengarkan adalah musik dari musisi favorit kita, wah semakin tambah relaks pastinya.

Namun, tahukah kamu jika musik yang sering kita dengarkan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari? Bahkan mendengarkan musik dapat membantu kita mengurangi stress bahkan depresi berlebih. Tak jarang, banyak ahli-ahli kesehatan yang menjadikan musik sebagai metode untuk membuat pasien lebih relaks.

Nah, penasaran kan apa saja manfaat dari mendengarkan musik? AKURAT.CO menghimpun dari berbagai sumber, Senin (24/9) berikut manfaat musik bagi kehidupan sehari-hari.

baca juga:

1. Membuat pikiran rileks

VIDEO BLOCKS

 

Alunan musik dan nada dari lagu-lagu yang kita dengar membantu kita lebih tenang. Hal ini membuat banyak orang yang memanfaatkan musik sebagai metode terapi. Selain itu, musik juga dapat mengurangi despresi atau tingkat stres seseorang , lho.

2. Membangkitkan mood

VIDEO HIVE

 

Ketika mendengarkan musik yang kita sukai, maka otomatis akan membuat mood meningkat. Alunan lagu yang dikeluarkan musik akan mengalihkan energi kamu dari yang negatif menjadi positif. Selain itu genre musik yang kita perdengarkan juga membantu kita untuk membuat suasan hati lebih ceria.

3. Mengobati gangguan neurologis

ISTOCK

 

Dokter saraf dari Indian Medical Association, Dr. JS Kathpal mengatakan jika musik sangat berperan membantu kondisi neurologis seperti insomnia, depresi hingga cemas. Selain itu, musik juga dapat membantu meningkatkan konektivitas otak serta melepaskan endorfin (hormon bahagia) pada otak. Oleh sebab itu mendengarkan musik akan menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Menurunkan nafsu makan

OVERBLOWN

 

Mendengarkan musik juga sangat efektif bagi kamu yang ingin diet, lho. Karena suasana rileks yang tercipta dari musik melow membuat kamu makan lebih lambat, sehingga hal ini akan membuat kamu lebih cepat kenyang.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

123RF

 

Banyak para ahli yang mengungkapkan, musik dapat menjadi metode untuk mengatasi insomnia serta membantu tidur lebih nyenyak. Terlbih jika yang kamu dengarkan adalah musik klasik. Tak heran bahwa metode mendengarkan musik sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin tidur lebih nyenyak.

Nah, itu dia 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mendengarkan musik. Menurut kamu, selain sederet manfaat di atas, hal apa saja nih yang bisa diperoleh dari mendengarkan musik? Tulis di komen ya.[]

Editor: Sugeng Wahyudi

berita terkait

Image

Hiburan

Tampil Perdana di Indonesia, Ini Permintaan Khalid

Image

Hiburan

Bulan Depan, HiVi! Siap Luncurkan Album Ketiganya

Image

News

FOTO Sambut Sumpah Pemuda, PDIP Akan Gelar Lomba dan Konser

Image

Hiburan

Afgan Syahreza Ungkap Metamorfosisnya Selama 10 Tahun Berkarya

Image

Hiburan

Afgan Pilih Malaysia untuk Konser Satu Dekadenya, Kenapa?

Image

Hiburan

Harry Styles Unfollow Sang Keyboardist, Ada Apa?

Image

Ekonomi

Menteri Puspayoga ajak Masyarakat Belanja Alat Musik Lokal

Image

Iptek

Lebih Sederhana, Aplikasi Spotify Didesain Ulang

Image

Ekonomi

FOTO Alat Musik Lokal Rasa Mancanegara

komentar

Image

6 komentar

Image
ica juniyanti

yang paling kersa itumembangkitkan mood bener banget

Image
Raflypuhi 23

Mantap emg kalau dengerin musik, biar lebih tenang aja, relaxx bos

Image
Juno Arifin

paling enak tuh dengerin musik pas lagi hujan disore hari

Image
Andika Eka Wardana

bener bgt tuh ane juga klo lagi stress malah dengerin musik biar stressnya ilang

Image
Hera Wati

wahhh ini sih ane banget.. tiap hari juga dngerin musik. wkwk

Image
Hera Wati

wahhh ini sih ane banget.. tiap hari juga dngerin musik. wkwk

terkini

Image
Gaya Hidup

Merah, Kuning, Hijau, Yuk Kenali Penyakit di Balik Warna Keputihan

Normalnya, cairan berlendir ini berwarna putih agak bening

Image
Gaya Hidup

Untuk Membersihkan Kulit Wajah, Pilih Kapas atau Kain Kasa?

Kapas memiliki sifat menyerap sementara kain kasa tidak. Alhasil, untuk membersihan sisa make-up, kain kasa terbukti lebih baik dari kapas.

Image
Gaya Hidup

Saat Menteri Susi Melenggak Lenggok di Catwalk Jakarta Fashion Week 2019

Ia dapat 10 kapal nelayan yang disumbangkan ke Palu dan Donggala

Image
Gaya Hidup

Ngeri! 5 Efek Samping Mengonsumsi Obat Kuat

Kerap kali para pria mengesampingkan efek negatif yang timbul akibat sering mengonsumsi obat kuat

Image
Gaya Hidup

Di Padang, Pasien Takut Berobat di Rumah Sakit “Akademik”

Hapuslah stigma, takut berobat di rumah sakit pendidikan!

Image
Gaya Hidup

Joyday Ice Cream, si Manis dengan 11 Varian Rasa

Murah, cocok untuk anak-anak dan remaja

Image
Gaya Hidup
Festival

Digelar Besok, Ini Rangkaian Acara Ubud Writers and Readers Festival 2018

Dipenuhi sesi pemutaran film

Image
Gaya Hidup

Malu Suka Garuk-garuk? Ini Tips Hilangkan Rasa Gatal di Kulit Kepala

Catat! Ini hal penting yang harus dilakukan, bila kulit kepalamu tidak sampai gatal

Image
Gaya Hidup

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mencukur Rambut Miss V

Jangan asal mencukur bulu miss V.

Image
Gaya Hidup

Nuansa Laut Dihadirkan JFW 2019 di Hari Ke Empat

Potensi keindahan laut, ditampilkan pada ragam busana di JFW

trending topics

terpopuler

  1. Jansen Ingatkan Ma'ruf Amin Hingga Warga Bantargebang Akui Dana Hibah Lancar

  2. Hacker Unggah "Foto Pembunuhan" Jamal Khashoggi

  3. Tengku Zulkarnain Minta Tokoh NU Tak Bela Banser yang Bakar Bendera Tauhid

  4. Asam Lambung Kambuh, Narji Jalani Pemeriksaan Elektrokardiogram

  5. Hanafi Rais: Jika Prabowo Jadi Presiden, Pencak Silat Dapat Perhatian Luar Biasa

  6. Alasan PSK Kramat Tunggak Saat Ditangkap Polisi, Sedang Nunggu Suami Pak

  7. Pertama Kali Dalam Sejarah, Neraca Dagang Perikanan Nomor 1 se-Asia Tenggara

  8. Harga Jam Tangan Ronaldo Bikin Tepok Jidat

  9. Pensiunan Karyawan Klaim Kasus Mantan Dirut Pertamina Terkesan Dipaksakan

  10. Dua Terdakwa Pengeroyok Haringga Sirila Dituntut Hukuman Masing-Masing 4 dan 3,5 Tahun Penjara

fokus

4 Tahun Jokowi-JK
Dedikasi Santri untuk Indonesia Mandiri
Satu Tahun Anies Pimpin Ibu Kota

kolom

Image
Pangi Syarwi Chaniago

Berebut Ceruk Segmen Suara Santri

Image

Mengapa Milla Dicintai dan Layakkah Bima Sakti Menggantikannya?

Image
Bayu Primanda Putra

Meikarta, Lippo Group dan James Riady

Image
Ujang Komarudin

Magnet Politik Pesantren

Wawancara

Image
Olahraga

Philippe Coutinho

"Kami Bermain Sepakbola dengan Tutup Botol"

Image
Ekonomi

Blak-blakan Strategi UUS Sinarmas dalam Tabungan Haji Hingga Rencana Spin Off

Image
Olahraga

Antoine Griezmann

"Saya Bertahan di Atletico Tidak karena Uang"

Sosok

Image
Ekonomi

Cerita Ibu Nengah, Si Penjaga Tiket yang Terampil Membuat Canang

Image
Ekonomi

Kisah Ketut Suarjana Memupuk Semangat Guyub

Image
Gaya Hidup

Inspirasi

Mimpi Munsiah yang Buta untuk Pendidikan Anaknya