Akurat.co - Cepat Tepat Benar
Login / Sign Up

Psikolog Novita Tandry Bicara Soal Cyber Bullyng yang Merundung Naura

Bonifasius Sedu Beribe

Psikolog Novita Tandry Bicara Soal Cyber Bullyng yang Merundung Naura

Naura | Instagram/aku_naura

AKURAT.CO, Adyla Rada Naura Ayu, penyanyi cilik dengan panggilan Naura, menjadi korban cyber bullying baru-baru ini.

Anak perempuan penyanyi senior Nola B3 dan Baldy Mulya Putra itu mendapat perlakukuan tak nyaman karena dihujat di grup WhatsApp. Beberapa orang yang tak menyukai dia sengaja membuat grup dan membicarakan hal-hal tak pantas soal Naura.

Mengetahui hal itu, kedua orangtuanya mengambil tindakan cepat dan tegas untuk membela sang anak dengan menyajikan faktanya di unggahan akun Instagram keluarga, @Thebaldys.

baca juga:

Nola mengancam akan meneruskan kasus ini ke meja hijau jika tak ada itikad baik dari para pelaku.

Keluarga telah mengantongi alat bukti berupa tangkapan layar pesan-pesan grup WA itu, dan mengancam melaporkan remaja-remaja itu ke polisi.

Tapi hari ini, Baldy Mulya Putra telah menyatakan bahwa para pelaku telah meminta maaf secara langsung, dan ia sebagai ayah Naura telah memberi wejangan pada mereka, sebagaimana yang telah diberitakan Akurat.co hari ini.

Apapun ujung kasus ini nanti, cyber bullyng adalah tindakan yang sangat membahayakan anak dan remaja, kata Psikolog Novita Tandry.

Saat diwawancarai Akurat.co melalui sambungan telpon, Novita menjelaskan bahwa cyber bullyng memang sulit dihindari saat ini, ketika nyaris semua kebutuhan sudah ada dalam genggaman berupa ponsel pintar.

Karena segalanya diakses dengan mudah, maka disini orangtua harus pintar-pintar, karena bully tak akan bisa hilang.

"Bullyng ini memang bukan sesuatu yang baik. Bullyng mampu mempengaruhi manusia secara psikologis. Tapi ketahanan diri juga bisa dibentuk dari sini," buka dia.

Korelasi bullyng terhadap anak dan sikap orangtua dalam meresponnya adalah dua hal yang begitu saling terkait. Jika pada kasus Naura ini, keluarga bahkan berencana membawanya ke polisi, itu sebenarnya bisa berefek buruk, menurut Novita.

"Yang paling penting adalah saat tutun itu dia bisa naik lagi. Itu menunjukkan siklus hidup yang baik. Berikut adalah kita memperkuat anak agar tak menjadi pelaku dan menjadi korban," ujar dia.

Soal kasus cyber bullyng yang sampai diseret ke polisi, Novita menganggap itu bukan sikap yang baik. Anak akan terus merasa dibela, karena orangtua selalu ada dan hadir dalam semua perkara hidupnya, termasuk ketika ia mengalami masalah perundungan ini.

"Anak gimana punya keterampilan dalam menghadapi bullyng jika apa-apa ada mama ada papa? Buat saya, bukan cara yang baik jika laporin ke polisi," katanya.

Kecuali dalam kasus berat dalam urusan yang membahayakan nyawa, ancaman pembunuhan, dilakukan secara berulang dan dalam waktu lama, bahkan berefek depresi pada korban, perkara itu menutut Novita mamang layak untuk diadukan.

Pada kasus Naura dimana orang yang berkumpul dalam grup WA itu tak dikenalnya, Novita menganggap masalah ini kebih mudah diatasi dengan cara yang lebih santai. Cukup tak perlu menggubris dan kepo dengan apa yang terjadi dalam grup itu, sudah cukup bagi Naura untuk mempertahankan dirinya menjadi lebih kuat.

"Kalau di posisi saya, sekelompok orang omongin saya di WA yang saya nggak ada disana, bodoh amat!," katanya.

Korban bully sebaiknya membentengi diri dengan melakukan pekerjaan dan tugasnya sebaik mungkin, fokus pada diri dan orang terdekat dan mengejar prestasi, adalah tamparan sepadan untuk para pelaku bully.

"Nanti si pembully itu, yang bukan siapa-siapa, akan diam dengan prestasi yang kamu bikin. Sesederhana itu," sambung Novita.

Novita Tandry, Psikolog Anak dan Keluarga. @instagram Novita Tandry

Jika melaporkan ke polisi, urusan ini akan membengkak dan bercabang kemana-mana. Karena para pelaku bully adalah mereka yang insecure, mereka yang tidak aman dengan dirinya sendiri. Maka, masalah baru tetap saja akan datang.

"Mereka itu orang-orang yang terancam atau tidak mendapatkan kasih sayang yang cukup. Sehingga ia merasa keberadaan orang lain itu membuat mereka terancam," jelasnya.

Jika berdiri pada posisi orangtua, Novita lebih memilih untuk tidak membahas screensoot itu lebih jauh. Putuskan, dan meminta para pelapor itu untuk berhenti mengirimnya atau menginformasikan apapun soal pembicaraan mereka.

"Stop. Lu gak usah ngirim lagi, karena itu gak baik untuk kesehatan mental gue. Makasih lu udah konsen sama gue," gambarnya.

Pada akhirnya, peran orangtua memproteksi anak dengan bekal ketahanan diri yang kuat, adalah tembok tebal pemisah anak dengan pelaku bully ini. Bangkitkan keyakinan dirinya, dan yakinkan ke dia bahwa ia tak layak dibully dan membully adalah cara paling tepat.

"Mami gak mungkin ke sekolah ketemu guru kamu dan belain kamu. Bully ada dimana-mana dan akan terus ada. Dimanapun kamu berada, kamu harus kuat," tutup Novita Tandry.[]

Editor: Irma Fauzia

berita terkait

Image

Hiburan

AMI Awards 2018

Berani Bermimpi Antarkan Naura Jadi Pemenang di AMI Awards 2018

Image

Gaya Hidup

Launching Koin Baru Tini Wini Biti Versi Naura dan Neona

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Gaya Hidup

Ramalan Asmara Zodiak Jumat, 25 September 2020, Gebetan Menunggumu Gemini!

Asmara Virgo sedang membara nih

Image
Gaya Hidup

Anggaran Naik, Kemenparekraf Hadapi Tugas Berat Usai Pandemi

Wishnutama: Pengeluaran untuk berwisata akan menjadi hal yang sekunder bagi kebanyakan orang

Image
Gaya Hidup
Wawancara Seksolog dr. Haekal Anshari

Fantasi Seksual Lebih Baik Ketimbang Nonton Film Porno

Fantasi seksual bisa menghindari dan mengatasi kejenuhan seksual

Image
Gaya Hidup

Hati-hati! Cuci dan Gunakan Kembali Kondom Bekas Picu Infeksi

Risiko mengerikan lainnya dari menggunakan kondom berulang ialah terciptanya sarang bakteri dan virus

Image
Gaya Hidup

Jumlah Pesanan Kamar Teraskita Hotel Naik Saat PSBB

Teraskita Hotel Jakarta tetap menerima pemesanan kamar seperti biasa

Image
Gaya Hidup
Wawancara Seksolog dr. Haekal Anshari

Bolehkah Suami Istri Menonton Film Porno?

Kecanduan film porno akan menyebabkan gangguan pada fungsi otak

Image
Gaya Hidup

Gokil! Lelaki Jepang Bisa Six Pack karena Main Game

Kamu juga pengen six pack?

Image
Gaya Hidup

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Ikan hingga Kacang-kacangan

Ikan mengandung banyak sekali omega-3 yang sangat bagus bagi kesehatan mata.

Image
Gaya Hidup

COTTON DAY 2020 Kembali, Dorong Transformasi Industri Tekstil Pascapandemi

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, agenda COTTON DAY 2020 kali ini menggunakan konsep virtual.

Image
Gaya Hidup

Kalani, Mood Boster dan Relaksasi Premium Untukmu yang Ingin Dimanja

Kalani mengangkat suasana cozy yang mementingkan pada relaksasi dan mood yang nyaman

terpopuler

  1. JK: Indonesia Bakal Hadapi Puncak Hujan Sekaligus Puncak Pandemi Pada Masa Pencoblosan Pilkada

  2. 5 Potret Harmonis Tantowi Yahya dan Istri, Tetap Kompak di Usia Pernikahan Ke-31 Tahun

  3. Amalan dan Doa Ketika Memasak, Agar Makanan Menjadi Lezat

  4. Ogah Cabut Laporan untuk Angel Lelga, Vicky Prasetyo: Ini Kehormatan Keluarga

  5. Azyumardi Azra Ogah Nyoblos di Pilkada, Politisi PDIP: Tak Semua Tokoh Patut Dicontoh

  6. Kondisi Pasar Cempaka Putih Memprihatinkan, Ketua Koperasi: Anies Baswedan Mana Ngerti

  7. Takut TikTok dan WeChat Diblokir, Warga AS Ramai-ramai Gunakan VPN

  8. Cerita Pasien Covid-19 Soal Fasilitas di Wisma Atlet: Kamarnya Nyaman, Ber AC  

  9. Mini di Layar Kaca, Ukuran Teletubbies Sebenarnya Bikin Warganet Kaget

  10. 7 Potret Memesona Susanti Arifin Ibunda Irish Bella, Nenek Muda Fashionable

fokus

Akurat Solusi : Roadmap IHT
Webinar Akurat: Resesi Ekonomi
Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM dan Inklusi Keuangan

kolom

Image
Arif Hidayat

3 Cara untuk Anda Bisa Menjadi Karyawan Terbaik

Image
Muhtar S. Syihabuddin

Jalan Berliku Politik Gus Ami

Image
Achsanul Qosasi

Kerjasama Tim, Inkonsistensi Kebijakan dan Covid-19

Image
Khalifah Al Kays Yusuf dan Tim Riset ALSA

Dampak Kebijakan PSBB Terhadap Hak Pekerja

Wawancara

Image
Iptek

Saat Dominasi Kontraktor Besar Masih Kejam

Image
Video

Akurat Talk

VIDEO Fahri Hamzah: Saya Dari Kecil Jualan Kopi | Akurat Talk (2/2)

Image
Video

Akurat Talk

VIDEO Ngomongin Hobi Sampai Harga Outfit Fahri Hamzah | Akurat Talk (1/2)

Sosok

Image
News

5 Fakta Penting Inggit Garnasih, Mantan Istri Presiden Soekarno yang Setia Temani Masa Perjuangan

Image
News

5 Gaya Kasual Najwa Shihab saat Jadi Host, Kece Abis!

Image
News

5 Potret Harmonis Tantowi Yahya dan Istri, Tetap Kompak di Usia Pernikahan Ke-31 Tahun