image
Login / Sign Up

Ingatkan Bahaya COVID-19, Reisa Broto Asmoro: Maskerku Melindungimu dan Maskermu Melindungiku

Silvia Nur Fajri

Wabah Corona

Image

dr Reisa Broto Asmoro | AKURAT.CO/Winnie Fatmawati

AKURAT.CO, Selain menjaga jarak, menggunakan masker juga sangat penting saat berinteraksi di tengah pandemi virus corona atau COVID-19. Hal ini dikarenakan masker dapat mencegah penyebaran COVID-19 melalui droplet yang dikeluarkan lewat mulut dan saluran pernapasan.

Imbauan pentingnya mengenakan masker juga turut disampaikan oleh dr. Reisa Broto Asmoro. Melalui akun Instagram pribadinya, dokter yang kini tergabung dalam tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pusat tersebut mencoba menyosialisasikan penggunaan masker.

"Belom bosen kan diingetin terus untuk pake masker setiap kali keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain? Hehehe. Yaaa paling ga buat yang jomblo, nggak ada yang ngingetin, saya ingetin deh hihihi just kidding," katanya dengan sedikit kalimat candaan.

baca juga:

Menurutnya, masker sangat berguna untuk mencegah diri dari penularan virus corona. Droplet-droplet yang keluar oleh seseorang akan tersaring oleh masker. Sehingga, virus yang ada pada droplet dapat tertahan di masker dan tidak masuk ke saluran pernapasan.

"Jadi kalo pake masker kita bisa mencegah biar 'siraman2' dari mulut & hidung kita itu nggak menyebar ke mana2. Dan hasil 'percikan2' yang mengandung virus dari orang lain juga bisa kesaring di masker dan gak masuk ke saluran pernapasan kita," jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Reisa juga mengimbau masyarakat agar menggunakan masker yang nyaman sehingga tidak mengganggu proses pernapasan.

"Makanya cari masker yang nyaman dipakenya dan bikin napas tetep nyaman, kuping nggak sakit karena talinya, trus bahannya bagus, nggak bikin kita susah ngomong sampe harus teriak2," lanjutnya.

View this post on Instagram

Belom bosen kan diingetin terus utk pake masker setiap kali keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain? Hehehe Yaaa paling ga buat yg jomblo, nggak ada yg ngingetin, saya ingetin deh hihihi just kidding ???? . Lovely people, udah tau kan pake masker sebenernya buat apa? Inget, si virus sars-cov-2 penyebab covid19 ini menularnya lewat cairan2 yg berasal dari saluran pernapasan & mulut kita. Jadi kalo pake masker kita bisa mencegah biar “siraman2” dari mulut & hidung kita itu nggak menyebar kemana2. Dan hasil “percikkan2” yang mengandung virus dari orang lain juga bisa kesaring di masker dan gak masuk ke saluran pernapasan kita. Makanya cari masker yg nyaman dipakenya dan bikin napas tetep nyaman, kuping nggak sakit karena talinya, trus bahannya bagus, nggak bikin kita susah ngomong sampe harus teriak2 ???? Dan inget, meskipun kita kenal sama orang2 yg berinteraksi sama kita, jangan anggep semua orang itu bebas virus, jadi saling melindungi ya. Kayak yg udah sering diomongin, maskerku melindungimu dan maskermu melindungiku ???? Nah tuh buat yg pasangan / gebetannya nggak mau pake masker, ihhh berarti dia ga sayang kamu tu. Melindungi dirinya aja nggak bisa, gimana mau melindungi kamu....... *eh Hihihi PS: thank you designer kece @dianamputri lavvv bgt ????#supportlocalproduct ????

A post shared by Reisa Broto Asmoro (@reisabrotoasmoro) on

Meski berinteraksi dengan orang terdekat dan dikenal, dr. Reisa tetap mengimbau masyarakat agar selalu memakai masker.

"Dan inget, meskipun kita kenal sama orang2 yang berinteraksi sama kita, jangan anggep semua orang itu bebas virus, jadi saling melindungi ya. Kayak yang udah sering diomongin, maskerku melindungimu dan maskermu melindungiku," kata dr Reisa.

Di akhir kampanye penggunaan maskernya, ibu dua anak tersebut juga turut menuliskan kalimat candaan.

"Nah tuh buat yang pasangan/gebetannya nggak mau pake masker, ihhh berarti dia ga sayang kamu tu. Melindungi dirinya aja nggak bisa, gimana mau melindungi kamu....... *eh Hihihi," katanya.

Yuk, selalu menjaga jarak dan pakai masker saat berinteraksi di luar rumah![]

Editor: Ahada Ramadhana

berita terkait

Image

News

Menristek Bambang Brodjonegoro Buka Bukaan Siapkan 250 Juta Vaksin, Bisa Digunakan Pertengahan 2021

Image

Ekonomi

Gelorakan Semangat Pelaku UMKM Minangkabau, Sandi: Kita Harus Bangkit Walau Terjepit COVID-19!

Image

News

Wabah Corona

Kematian COVID-19 Brasil Tembus 100 Ribu, Ahli Akui Warga Hidup dalam Keputusasaan

Image

News

Kapolri Maksimalkan Peran Babinkamtibmas Terapkan Inpres 6/2020

Image

Ekonomi

Telkom Indonesia Kantongi Laba Rp10,99 Triliun di Tengah Pandemi

Image

Gaya Hidup

Wabah Corona

Inggris Latih Anjing Tuk Deteksi Orang Terjangkit Virus Corona Lewat Bau

Image

News

Cegah Covid-19, Ratusan TKA Asal China Jalani Swab Test

Image

News

Wabah Corona

Selain Membatasi Tamu, Pesta Pernikahan Juga Diimbau Tak Sajikan Makanan Prasmanan

Image

News

Update 9 Agustus: Kasus Konfirmasi COVID-19 Bertambah 1.893 Total 125.396

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Gaya Hidup

Terinspirasi Seniman Feminis, Dior Luncurkan Koleksi Musim Gugur Terbaru

Bertajuk “The Invention of Femininity”, foto-foto tersebut merujuk pada seri fotografi Campagnano dari Seventies.

Image
Gaya Hidup

Olahraga Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Tidur

Ketika Kamu tak bisa melakukan olahraga apa pun di awal hari, rutinitas olahraga sebelum tidur mungkin bisa menjadi solusi.

Image
Gaya Hidup

Berlatar Pemandangan Gunung Salak, Bogor Segera Miliki Apartemen di Pusat Kota

Apartemen Grand Central Bogor mengambil lokasi dekat Stasiun Bogor dan Kebun Raya Bogor.

Image
Gaya Hidup

Tak Hanya Lezat, Rendang Juga Sehat Lho

Rendang, makanan khas Sumater Barat, tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga internasional.

Image
Gaya Hidup

Tetap Fresh dan Memukau, Intip Riasan Kate Middleton Saat Kenakan Masker

“Kate membuat riasan di balik maskernya dengan menjaga riasan kulitnya lembut dan halus," ungkap pakar penata rias Inggris.

Image
Gaya Hidup
Wabah Corona

Inggris Latih Anjing Tuk Deteksi Orang Terjangkit Virus Corona Lewat Bau

Pelatihan tersebut melibatkan 3 ekor anjing cocker spaniel, seekor Labrador, seekor Labradoodle dan seekor Labrador golden retriever cross.

Image
Gaya Hidup

Jangan Manjakan Rasa Sedihmu, Lakukan Ini Tuk Tingkatkan Mood

Jika kesedihan berlangsung dalam waktu yang lama dan terus meningkat, itu bisa menjadi tanda depresi.

Image
Gaya Hidup

Begini Cara Akali Foundation yang Terlalu Gelap Untukmu

Tak sedikit yang salah mendapatkan warna foundation yang tepat, dan mendapatkan warna alas bedak yang lebih gelap daripada warna kulit.

Image
Gaya Hidup
Wabah Corona

Duh, COVID-19 Juga Bisa Sebabkan Rambut Rontok

“Setelah mengalami stress fisiologis, ada kondisi yang berdampak pada siklus pertumbuhan folikel rambut," ujar Adalja.

Image
Gaya Hidup
Wabah Corona

Setelah Dibuka Kembali, Walt Disney World Kurangi Waktu Operasional

Perubahan jam ini akan dimulai pada 8 September hingga Oktober.

terpopuler

  1. Masyarakat Antusias Ikuti Lomba Foto dan Video yang Digelar DPD Golkar DKI, 3.000 Materi Telah Masuk

  2. Hasil NBA: Lakers Dikalahkan Pacers, Bucks Tumbang dari Mavericks

  3. Singkirkan Napoli, Barcelona Bertemu Muenchen di Perempat Final

  4. Juventus Resmi Tunjuk Andrea Pirlo Jadi Pelatih Baru

  5. Muenchen ke Perempat Final setelah Gilas Chelsea

  6. Andrea Pirlo Masuk Kandidat Pengganti Maurizio Sarri di Juventus

  7. Ternyata Kamu Bisa Kendalikan Kebahagiaan Lebih dari yang Dipikirkan Lho

  8. Sebanyak 12 Nama Baru Ikuti TC Timnas U-16 selama Agustus

  9. Quartararo Terjatuh, Johann Zarco Rebut Pole Position

  10. Kemenpora Dukung 2 Juta Atlet Esports Bertanding di Turnamen Free Fire Fall Season 2020

fokus

Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM dan Inklusi Keuangan
UMKM Pahlawan Ekonomi
Strategi UMKM Berjaya di New Normal

kolom

Image
DR. ABDUL MUID N., MA

Menimbang Qiraa’ah Mubadalah untuk Kesetaraan Gender

Image
Achsanul Qosasi

Gerakan ABCD untuk Pemulihan Ekonomi

Image
UJANG KOMARUDIN

Demokrasi dalam Genggaman Oligarki

Image
Dr. Abd. Muid N., MA

Islam Yang Mewarna-Warni

Wawancara

Image
News

Menristek Bambang Brodjonegoro Buka Bukaan Siapkan 250 Juta Vaksin, Bisa Digunakan Pertengahan 2021

Image
Ekonomi

Eksklusif Memulihkan Perekonomian Desa dengan Digitalisasi dan Menggerakkan Anak Muda

Image
Video

VIDEO Akurat Talk Bersama Abdul Hakim Bafagih (2/2)

Sosok

Image
Ekonomi

6 Fakta Menarik Sumber Kekayaan Jerinx SID, Bisnis Clothing hingga Brand Ambassador Berbagai Produk

Image
Ekonomi

Foto Lawas Cita-cita Masa SD Desainer Asal Medan ini Viral, Bikin Bangga!

Image
Hiburan

5 Potret Memesona Dian Syahfitri, Guru SMK di Deli Serdang yang Jadi Idola Para Murid