Ekonomi

Enggak Mau Miskin, Depak Jauh Kebiasaan Keuangan Ini!

Punya kebiasaan keuangan yang baik entah dari menabung hingga enggak suka berfoya-foya boros tentu membuat gampang berpeluang menjadi orang kaya


Enggak Mau Miskin, Depak Jauh Kebiasaan Keuangan Ini!
Ilustrasi kebiasaan keuangan bikin miskin (banksinarmas.com)

AKURAT.CO Punya kebiasaan keuangan yang baik entah dari menabung hingga enggak suka berfoya-foya boros tentu membuat gampang berpeluang menjadi orang kaya. Sehingga setiap insan memang harus punya kebiasaan keuangan yang canggih biar enggak gampang miskin.

Sadar tidak, kalau terkadang ketika kita merasa bahwa kita punya uang banyak maka kita akan jadi lebih mudah untuk menghabiskannya tanpa berpikir kembali bahwa uang-uang itu didapatkan dengan susah payah?

Enggak bisa dipungkiri nih, menjadi kaya raya tentu diidamkan oleh setiap insan. Tentu untuk menjadi orang cepat kaya itu bukan perkara mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil juga kok asalkan kamu punya tekad kuat dan disiplin dalam mengatur keuanganmu sendiri.

Sejatinya kalau mau jadi orang cepat kaya ya harus berusaha keras untuk mencapai finansial yang aman. Salah satunya yakni mengatur keuangan secara ciamik. Enggak jarang untuk menggapai keuangan yang sukses maka harus melakukan terapi keuangan.

Kamu harus selalu mau untuk menjaga kesehatan keuanganmu, jangan sampai ketika keadaan sedang genting kamu tidak memiliki biaya untuk menutupinya. Ketersediaan dana darurat begitu penting untuk tetap menjaga keuangan stabil dan dapat menenangkan hidup.

Apalagi untuk menghadapi hingga menjamin keuangan di masa depan. Perlu banget tuh untuk tetap kamu pikirkan, meski usiamu masih remaja sekalipun.

Buat insan yang biasa boros, mengatur keuangan dan menjaganya secara ketat memang menjadi sebuah tantangan. Tapi kebiasaan itu semua bisa diubah kok, asalkan kamu mau bertekad kuat untuk komitmen menjaga keuanganmu dengan seksama.

Kadang kita enggak sadar, tapi kadang sadar juga tetap dilakuin. Melansir laman Instagram @lifepal, biar kebiasaan keuangan berubah jauh lebih baik, coba hindari hal-hal ini yuk !

1. Ngebelanjain uang yang kamu enggak punya

Mau liburan, mau belanja, mau fashion, gadget atau barang-barang lain ada juga fasilitas kredit. Berutang semakin dipermudah, padahal nyari duitnya enggak gampang akhirnya cuma jadi tutup lobang gali lobang. Bikin keuangan kamu enggak maju karena terjebak oleh kebiasaan ini.

2. Enggak tau berapa banyak uang yang udah kamu belanjain

Mau besar ataupun kecilnya penghasilan dan pengeluaran kamu tetap perlu dicatat. Dengan tahu berapa pengeluaran, kamu jadi tahu sumber kebocoran yang bikin kamu miskin atau bokek mulu setiap akhir bulan. Hal ini jika disiplin kamu lakukan bakal bisa improve banget keuangan kamu.

3. Cuma Punya Satu Sumber Penghasilan

Orang kaya rata-rata punya lebih dari satu sumber pemasukan atau bisnis. Maka dari itu, yuk mulai tambah sumber pemasukan kamu. Ini juga dilakukan untuk langkah antisipasi kalau satu sumber pemasukan kamu berhenti masih punya cadangan dari sumber yang lain.

Karena tidak bisa dipungkiri, penghasilan yang mapan memang mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari apalagi di tengah situasi ketidakpastian pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Pendapatan secara umum seringkali berhubungan dengan sejumlah uang yang diterima seseorang sebagai hasil atas suatu hal yang dilakukan, dikerjakan atau diinvestasikan. Sehingga penting banget untuk mengelola keuangan awal bulan secara cerdik.

4. Tidak Berpikir Jangka Panjang

Liburan, belanja keinginan dan senang-senang lainnya tentu boleh aja tapi harus bisa ngukur kemampuan keuangan dulu bagaimanapun juga kamu enggak hidup cuma untuk hari ini doang. Miliki tabungan, dana darurat, mulai berinvestasi dan punya proteksi diri seperti asuransi jadi penting banget sebagai langkah jangka panjang keuangan kamu.

5. Tidak Belajar Investasi dan Takut Sama Perubahan

Banyak orang terjebak di zona nyaman dan akhirnya ya gitu-gitu aja. Enggak berani coba investasi gara-gara enggak ada modal, padahal investasi banyak macamnya enggak cuma duit aja. Kamu juga bisa investasikan waktu kamu dengan menambah ilmu agar kualitas diri kamu ikut meningkat.

Skill adalah pendidikan yang udah kamu tuangkan jadi hal yang bermanfaat langsung. Misal, skill berdagang bikin kamu dapat uang dari berbisnis. Skill menulis bisa kamu jual dan mendapat uang dari sana.

Uang itu datang dan pergi kawan. Sebuah bisnis atau usaha pasti punya peluang sukses dan gagal. Jangan terlalu terpukul jika hari ini kamu gagal, karena at least kamu dapat pengalaman berharga darinya.

Langit adalah batasannya. Jangan pernah berhenti belajar dan mendorong diri untuk selalu bisa lebih baik, bukan karena enggak puas. Tapi karena sayang untuk dilewatkan.

Kebayang enggak, kalau kamu bisa aktivasi mindset kaya lalu bekerja dengan menikmatinya setiap hari. Kira-kira bakal sampai di titik mana ya? Excited kan, iyalah masa enggak?

6. Gaya Hidup Enggak Sehat

Sekarang ada sebagian generasi muda yang menjalani gaya hidup enggak sehat. Jarang olahraga, sering begadang, dan makan tidak teratur.

Senangnya cuma sesaat, tetapi nimbun penyakit di usia tua yang membutuhkan biaya enggak sedikit.Coba koreksi diri kira-kira gaya hidup kamu udah sehat apa belum?

Menjadi tetap miskin ternyata juga pilihan, kalau enggak mau tetap miskin maka yuk coba hindari hal-hal yang tadi.[]