Akurat.co - Cepat Tepat Benar
Login / Sign Up

5 Tips Gaya Hidup Hemat Ala Jepang yang Bisa Diterapkan

Andi Syafriadi

5 Tips Gaya Hidup Hemat Ala Jepang yang Bisa Diterapkan

Ruang Keluarga ala Jepang |

AKURAT.CO Banyak orang yang beranggapan gaya hidup orang modern itu udah pasti konsumtif. Padahal gak gitu juga. Dan Jepang adalah contoh terbaiknya.

Bertolak belakang dengan perilaku orang-orang zaman sekarang yang cenderung hedon, masyarakat Jepang malah membatasi diri buat beli ini itu. Menurut mereka, less is more. Terdengar aneh sih emang. Tapi fenomena ini yang sekarang lagi happening di sana.

Gaya hidup modern orang Jepang yang minimalis seperti itu gak lepas dari pengaruh filosofi Zen. Zen adalah ajaran Buddha yang menekankan pentingnya kesederhanaan biar pikiran jadi lebih tenang. Ajaran ini emang kuat berakar di tradisi masyarakat sana.

baca juga:

Biar lebih paham kayak gimana efeknya ajaran Zen ini, nih lima gaya hidup modern orang-orang Jepang yang kalau kamu terapin dijamin bakal bikin gaji awet dan tahan lama.

1. Tanpa springbed, masih bisa tidur

Kakek Legend.

Tidur paling enak itu ya kalau berbaring di atas springbed. Empuknya itu bikin mata langsung merem. Siapa pun pasti bakalan sulit nolak tidur di atas kasur pegas ini.

Nyatanya, empuknya springbed gagal bikin orang-orang Jepang terpikat. Mereka malah memilih tidur di atas kasur yang disebut futon.

Futon adalah kasur tradisionalnya orang Jepang yang diwariskan turun-temurun. Dibandingkan dengan springbed, futon ini masih kalah empuk.

Namun, orang Jepang tetap enjoy aja pakai ini. Selain karena melestarikan warisan leluhur, futon juga dinilai murah dan efisien. Kasur yang satu ini juga baik buat kesehatan.

Lumayan kan? Hitung-hitung memangkas pengeluaran ke dokter dan beli obat karena jarang banget sakit.

2. Gak pakai banyak alat makan dan minum

Sendok Napoleon. Antara

Pernah mikir kalau alat makan yang kita gunakan sehari-hari itu kebanyakan jumlahnya? Piring selusin, sendok selusin, garpu selusin, gelas selusin, dan ditambah tisu makan. Padahal, alat-alat makan yang dipakai jumlahnya gak lebih dari lima.

Di sini kamu bakal berkata dalam hati, ”lah, iya juga ya.”

Tentu aja banyaknya alat-alat makan yang gak kepake itu adalah kesia-siaan alias buang-buang duit.

Di Jepang, kebiasaan menyimpan banyak alat makan bakal sulit kamu temukan. Mereka yang menjalani hidup minimalis cuma perlu satu piring, satu mangkuk, satu gelas, satu sendok, dan satu garpu. Itu buat satu orang lho ya.

Lagian juga dengan dikitnya alat makan yang digunakan, yang namanya cuci piring itu jadi hal yang gak bikin males lagi. Soalnya piring, sendok, dan garpu yang dipakai ya itu-itu aja.

Pastinya banyak uang yang dihemat, misalnya hemat uang sabun cuci.

3. Ruang keluarga cukup diisi meja dan kursi

Ruang Keluarga ala Jepang.

Ruang yang lega jadi tujuan yang pengin dicapai orang Jepang dari gaya hidup modern yang mereka terapkan. Karena itu, jangan heran kalau masuk ke dalam rumah orang-orang Jepang, kamu cuma melihat meja dan kursi.

Menurut mereka, dengan minimnya barang-barang yang dimiliki, hal tersebut bisa menghemat waktu mereka buat bersih-bersih.

Jelas waktu yang mereka punya menjadi lebih banyak. Mereka bisa kumpul sama teman-teman atau mengisi waktu dengan kerja sampingan. Lumayan kan buat nambah penghasilan.

4. Punya pakaian cukup buat kerja dan sehari-hari

Illustrasi

Di lemari adanya cuma beberapa pakaian yang cukup buat kerja dan sehari-hari (thequint)

Di sini sih kalau punya pakaian yang itu itu aja pasti udah jadi bahan omongan. Pandangan di sini jelas beda banget sama pandangan orang Jepang.

Mereka cukup punya pakaian yang dipakai buat kerja dan aktivitas sehari-hari. Kamu tahu apa? Pakaiannya yang dipakai ya itu-itu aja.

Tapi jangan dipikir gak ganti-ganti lho ya. Mereka beli pakaian yang sama, tapi dengan jumlah yang secukupnya. Hmmm… Punya gaya hidup modern yang satu ini sih bisa bikin kita menghemat banyak uang.

5. Peralatan mandi sekadarnya

Illustrasi

Buat urusan kebersihan diri, orang-orang Jepang memilih pakai peralatan mandi sekadarnya. Mereka merasa gak butuh tempat sikat gigi selama masih bisa ditaruh di pinggiran tembok atau wastafel.

Intinya, apakah barang ini perlu atau apakah butuh barang itu? Pertanyaan-pertanyaan kayak gitu yang bikin orang-orang Jepang punya sedikit barang.

Dipikir-pikir, apa yang mereka pertimbangkan ada benarnya juga sih. Coba aja mereka cuek dan main beli aja karena alasannya lagi pengin. Kayaknya sih baru tengah bulan udah ngeluh karena bokek berat.

Gimana, setelah tahu gaya hidup modern orang-orang Jepang, kamu tertarik gak menerapkannya?  []

Editor: Denny Iswanto

berita terkait

Image

News

Langgar Prokes, Sejumlah Tempat Usaha di Jambi Disegel Satpol PP

Image

News

Atasi Trauma untuk Anak-anak Pasca Bencana, Disdik Mamuju Turunkan Tim Khusus

Image

Hiburan

5 Fakta Stand by Me Doraemon 2 yang Segera Rilis Bulan Februari 2021

Image

rahmah

Hikmah

Menakjubkan! Begini Keutamaan Membantu Korban Bencana Menurut Imam Al-Ghazali

Image

News

Pimpinan MPR Minta Seluruh Pihak Atasi Dampak Bencana Alam di Sejumlah Daerah

Image

Hiburan

Nadin Amizah Beri Klarifikasi Usai Dituding Rendahkan Orang Miskin

Image

Ekonomi

Pemerintah Blokir 1.191 Situs Entitas Tak Berizin Sebagai Pialang Berjangka

Image

Ekonomi

Kemenkop Dukung Daya Saing UMKM Melalui Kemitraan dengan Usaha Besar

Image

News

Cegah COVID-19 di Lingkungan Sekolah, Satgas Yonif MR 413 Bagikan Alkes Kepada Siswa Perbatasan

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Ekonomi

RPP UU Cipta Kerja Harus Mampu Jadi Jawaban Permasalahan Industri

Ada beberapa pemasalahan yang harus dijawab RPP UU Cipta Kerja agar dapat mendorong industri semakin meningkat pasca pandemi.

Image
Ekonomi

Cetak Sejarah, BRI Jadi BUMN Pertama dengan Kapitalisasi Pasar Tembus Rp600 Triliun

Kinerja saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali mencatatkan milestone di pasar modal Indonesia

Image
Ekonomi

Mata Uang Asia Ramai-ramai Menguat, Imbas Stimulus Tekan Dolar

Mata uang regional menguat karena dolar AS mundur dari level tertinggi satu bulan

Image
Ekonomi

BNI Syariah: Industri Halal Dunia Janjikan Pangsa Pasar Rp30 Ribu Triliun

Industri halal menjanjikan pangsa pasar yang besar di seluruh dunia. Adapun nilai total secara global mencapai Rp30 triliun.

Image
Ekonomi

Parlemen Setujui 3 Nama Dewas LPI, Sri Mulyani Menggaransi

Sri Mulyani menegaskan ketiga nama tersebut independen dan sudah sesuai dengan kriteria

Image
Ekonomi

Dukung Kemajuan Industri Oil & Gas, BRI Fasilitasi Layanan Keuangan Pertamina Lubricants

Melalui kerjasama ini, akan ada banyak manfaat yang diperoleh BRI dan Pertamina Lubricants untuk menunjang bisnis masing-masing perusahaan

Image
Ekonomi

Kandidat Menkeu AS Harapan Baru Eksportir Indonesia

Janet Yellen akan menyerahkan mekanisme dolar AS ke pasar, berbeda dari era Trump dimana dolar ingin dilemahkan.

Image
Ekonomi

Pupuk Indonesia Gandeng KPK Sosialisasikan Aturan Baru LHKPN

Pupuk Indonesia menggandeng KPK melaksanakan kegiatan internalisasi LHKPN.

Image
Ekonomi

Pemkot Aceh Berencana Wujudkan Destinasi Wisata Unggulan

Menata kembali destinasi wisata unggulan di kawasan Ulee Lheue

Image
Ekonomi

Dugaan Korupsi BPJS Ketenagakerjaan, Buruh: Triliunan Rupiah Uang Kami Telah Dirampok!

KSPI: Dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan berkategori pelanggaran berat dan patut diduga sebagai mega korupsi.

terpopuler

  1. WhatsApp Mulai Ditinggalkan, Jutaan Orang Beralih ke Aplikasi Chat Lain

  2. Ini Bacaan Shalawat Idfa’, Shalawat Penangkal Virus Corona dari Habib Syech

  3. 7 Potret Memesona Ady Sky, Aktor dan Pengusaha Muda yang Dijodohkan dengan Fatin Shidqia

  4. Gempa 6,8 Magnitudo Guncang Argentina, Gedung dan Jalan Retak

  5. Unggahan Viral Potret Tokoh Publik Ala Disney, Warganet: Cak Lontong Jadi Ganteng Banget!

  6. Tiga Tunggal Indonesia Amankan Tiket Babak Kedua

  7. Bocoran Fotonya Beredar, Desain ASUS ROG Phone Terbaru Bakal Dirombak Besar-besaran?

  8. Humor Gus Dur, Dijamin Ngakak: Ketika Terlambat Dicabut

  9. Dzikir dan Doa setelah Salat Fardhu, Lengkap, Praktis, dan Mudah Dihafalkan

  10. POCO M3 Cuma Rp2 Jutaan, Intip Spesifikasinya Sebelum Meluncur 21 Januari

fokus

Kaleidoskop 2020
Akurat Solusi: Kenaikan Cukai Tembakau
Lawan Covid-19

kolom

Image
UJANG KOMARUDIN

Menanti Gebrakan Kapolri Baru Pilihan Jokowi

Image
Kementrian Luar Negeri Republik Azerbaijan

Tragedi Black January

Image
UJANG KOMARUDIN

Kapolri Baru

Image
Muhammad Husen Db, M.Pd

Transformasi Episode Dalam Dimensi Merdeka Belajar

Wawancara

Image
Video

Akurat Talk

VIDEO Dokter Vivi Ajak Kenali Mental Sehat di Dalam Diri | Akurat Talk (1/3)

Image
News

Covid-19 Tembus 3.500 Kasus Per Hari, DKI Gagal Terapkan Program 3T?

Image
News

Vaksinasi Bisa Putus Mata Rantai Penularan Covid-19 di DKI Jakarta?

Sosok

Image
News

5 Fakta Penting Habib Muhammad bin Ahmad Al-Attas, Tunaikan Haji Lebih dari 29 Kali

Image
News

4 Fakta Penting Deva Rachman, Istri Kedua Syekh Ali Jaber yang Jarang Tersorot

Image
News

Wafat di Hari Jumat, Ini 5 Fakta Penting Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf