breaking news: Trio Ikan Asin Jalani Sidang dengan Agenda Putusan Sela

image
Login / Sign Up

5 Tips Gaya Hidup Hemat Ala Jepang yang Bisa Diterapkan

Andi Syafriadi

Image

Ruang Keluarga ala Jepang |

AKURAT.CO Banyak orang yang beranggapan gaya hidup orang modern itu udah pasti konsumtif. Padahal gak gitu juga. Dan Jepang adalah contoh terbaiknya.

Bertolak belakang dengan perilaku orang-orang zaman sekarang yang cenderung hedon, masyarakat Jepang malah membatasi diri buat beli ini itu. Menurut mereka, less is more. Terdengar aneh sih emang. Tapi fenomena ini yang sekarang lagi happening di sana.

Gaya hidup modern orang Jepang yang minimalis seperti itu gak lepas dari pengaruh filosofi Zen. Zen adalah ajaran Buddha yang menekankan pentingnya kesederhanaan biar pikiran jadi lebih tenang. Ajaran ini emang kuat berakar di tradisi masyarakat sana.

baca juga:

Biar lebih paham kayak gimana efeknya ajaran Zen ini, nih lima gaya hidup modern orang-orang Jepang yang kalau kamu terapin dijamin bakal bikin gaji awet dan tahan lama.

1. Tanpa springbed, masih bisa tidur

Kakek Legend.

Tidur paling enak itu ya kalau berbaring di atas springbed. Empuknya itu bikin mata langsung merem. Siapa pun pasti bakalan sulit nolak tidur di atas kasur pegas ini.

Nyatanya, empuknya springbed gagal bikin orang-orang Jepang terpikat. Mereka malah memilih tidur di atas kasur yang disebut futon.

Futon adalah kasur tradisionalnya orang Jepang yang diwariskan turun-temurun. Dibandingkan dengan springbed, futon ini masih kalah empuk.

Namun, orang Jepang tetap enjoy aja pakai ini. Selain karena melestarikan warisan leluhur, futon juga dinilai murah dan efisien. Kasur yang satu ini juga baik buat kesehatan.

Lumayan kan? Hitung-hitung memangkas pengeluaran ke dokter dan beli obat karena jarang banget sakit.

2. Gak pakai banyak alat makan dan minum

Sendok Napoleon. Antara

Pernah mikir kalau alat makan yang kita gunakan sehari-hari itu kebanyakan jumlahnya? Piring selusin, sendok selusin, garpu selusin, gelas selusin, dan ditambah tisu makan. Padahal, alat-alat makan yang dipakai jumlahnya gak lebih dari lima.

Di sini kamu bakal berkata dalam hati, ”lah, iya juga ya.”

Tentu aja banyaknya alat-alat makan yang gak kepake itu adalah kesia-siaan alias buang-buang duit.

Di Jepang, kebiasaan menyimpan banyak alat makan bakal sulit kamu temukan. Mereka yang menjalani hidup minimalis cuma perlu satu piring, satu mangkuk, satu gelas, satu sendok, dan satu garpu. Itu buat satu orang lho ya.

Lagian juga dengan dikitnya alat makan yang digunakan, yang namanya cuci piring itu jadi hal yang gak bikin males lagi. Soalnya piring, sendok, dan garpu yang dipakai ya itu-itu aja.

Pastinya banyak uang yang dihemat, misalnya hemat uang sabun cuci.

3. Ruang keluarga cukup diisi meja dan kursi

Ruang Keluarga ala Jepang.

Ruang yang lega jadi tujuan yang pengin dicapai orang Jepang dari gaya hidup modern yang mereka terapkan. Karena itu, jangan heran kalau masuk ke dalam rumah orang-orang Jepang, kamu cuma melihat meja dan kursi.

Menurut mereka, dengan minimnya barang-barang yang dimiliki, hal tersebut bisa menghemat waktu mereka buat bersih-bersih.

Jelas waktu yang mereka punya menjadi lebih banyak. Mereka bisa kumpul sama teman-teman atau mengisi waktu dengan kerja sampingan. Lumayan kan buat nambah penghasilan.

4. Punya pakaian cukup buat kerja dan sehari-hari

Illustrasi

Di lemari adanya cuma beberapa pakaian yang cukup buat kerja dan sehari-hari (thequint)

Di sini sih kalau punya pakaian yang itu itu aja pasti udah jadi bahan omongan. Pandangan di sini jelas beda banget sama pandangan orang Jepang.

Mereka cukup punya pakaian yang dipakai buat kerja dan aktivitas sehari-hari. Kamu tahu apa? Pakaiannya yang dipakai ya itu-itu aja.

Tapi jangan dipikir gak ganti-ganti lho ya. Mereka beli pakaian yang sama, tapi dengan jumlah yang secukupnya. Hmmm… Punya gaya hidup modern yang satu ini sih bisa bikin kita menghemat banyak uang.

5. Peralatan mandi sekadarnya

Illustrasi

Buat urusan kebersihan diri, orang-orang Jepang memilih pakai peralatan mandi sekadarnya. Mereka merasa gak butuh tempat sikat gigi selama masih bisa ditaruh di pinggiran tembok atau wastafel.

Intinya, apakah barang ini perlu atau apakah butuh barang itu? Pertanyaan-pertanyaan kayak gitu yang bikin orang-orang Jepang punya sedikit barang.

Dipikir-pikir, apa yang mereka pertimbangkan ada benarnya juga sih. Coba aja mereka cuek dan main beli aja karena alasannya lagi pengin. Kayaknya sih baru tengah bulan udah ngeluh karena bokek berat.

Gimana, setelah tahu gaya hidup modern orang-orang Jepang, kamu tertarik gak menerapkannya?  []

Editor: Denny Iswanto

berita terkait

Image

Gaya Hidup

Si Kecil Bermain dengan Alat Kelaminnya, Wajar atau Tidak?

Image

Gaya Hidup

Cara Hentikan Anak yang Mulai Berani Berkata Kasar

Image

News

Kejagung Periksa Komisaris PT Strategic Management Service terkait Dugaan Korupsi Jiwasraya

Image

News

Bikin Bangga, Kisah Wisatawan Jepang Puji Kinerja Petugas Kebersihan Bandara Soekarno-Hatta

Image

News

Bolaang Mongondow Selatan Diguncang Gempa Berkekuatan 6,6 SR

Image

Ekonomi

Indonesia Ekspor Produk Ikan Jelajah Tiga Negara 

Image

News

Ombudsman Sebut OJK Sebagai Pihak yang Bertanggungjawab Atas Dugaan Korupsi di Jiwasraya

Image

News

Terancam Pembangunan PLTPB, Leppami HMI Berjuang Pertahankan Kelestarian Gunung Lawu

Image

Ekonomi

Ombudsman Siap Panggil OJK dan BUMN Soal Jiwasraya

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Ekonomi

Harga Emas Melonjak, Investor Ingin Aman di Tengah Gejolak Global

Ini karena pembeli melakukan lindung nilai terhadap ketegangan di Timur Tengah dan upaya pemakzulan Trump

Image
Ekonomi

Dolar AS Menguat Tipis Berkat Membaiknya Data Ekonomi

Ekonomi AS bertahan dengan baik, sementara yuan China secara singkat mencapai tertinggi baru dalam enam bulan.

Image
Ekonomi

Waspada IHSG Akan Kembali Lesu! Pilihlah Saham-saham Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan kembali melemah.

Image
Ekonomi

Dihadapan DPR, Menkes Putus Asa Soal Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

pada akhirnya peserta kelas III mandiri BPJS Kesehatan tetap dikenakan kenaikan iuran.

Image
Ekonomi

Pemerintah Belum Tetapkan BUMN Penerima PMN Rp1 Triliun

Pemerintah belum memutuskan BUMN penerima dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1 triliun pada APBN 2020.

Image
Ekonomi

Meningkatkan Kualitas Investasi Jadi Tantangan Besar RI

Ekonom Faisal Basri menyebut tantangan terbesar Indonesia adalah bagaimana meningkatkan kualitas investasi.

Image
Ekonomi

Total Investasi Induk BUMN Tambang Capai Rp24 Triliun di 2020

Proyek strategis 2020 dari MIND ID di antaranya dalam membangun proyek PLTU Sumatera Selatan

Image
Ekonomi

Legislator Singgung Insentif Direksi BPJS Kesehatan Capai Rp4,11 Miliar

Insentif yang diterima Dewas per bulannya sebesar Rp211,14 juta per bulan.

Image
Ekonomi

Pemerintah Janji Cari Titik Keseimbangan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

Menurut Moeldoko, omnibus law diajukan ke DPR RI dengan tujuan menciptakan lapangan kerja dan penataan pajak.

Image
Ekonomi

Bank Commonwealth Jelaskan Pembobolan Uang Ratusan Juta Milik Ilham Bintang, Faktanya Mengejutkan!

memberikan klarifikasi mengenai kasus pencurian dana di rekening milik nasabahnya.

terpopuler

  1. Gagal Bersinar, 5 Artis Bollywood ini Justru Terjerumus Dunia Prostitusi

  2. 5 Fakta Menarik Fany Kurniawaty, Pramugari yang Disebut Calon Istri Sule

  3. 10 Potret Manis Nadia, Anak Ekki Soekarno yang Eksis jadi Reporter

  4. Tengku Marah: Manusia Ini Telah Memfitnah Isteri Saya yang Masih Sehat Dikatakan Sudah Mati

  5. Pelajar Bunuh Begal, Ferdinand Ingatkan Kejaksaan "Jangan Konyol Ah!"

  6. Istri Terima Beasiswa di Australia, Para Suami Asal Indonesia Rela Jadi Loper Koran

  7. Ada yang Bergelar Raden Ajeng, 5 Artis Tanah Air Ini Ternyata Masih Keluarga Keraton

  8. Pelajar Bunuh Begal, Hotman: Si Laki-laki Muda Itu Membunuh karena Membela Kehormatan Pacar yang Hendak Diperkosa

  9. Warga Binaan Masuk Islam: Setiap Lihat Rekan-rekan Sesama Usai Salat, Mereka Terlihat Tenang

  10. Ditanya Keberadaan Harun Masiku, Puan Maharani: Tanya ke Partai, Bukan ke Ketua DPR

fokus

Toleransi vs intoleransi
Problematika Kota
Masa Depan Buruh

kolom

Image
Ujang Komarudin

Dicari Pimpinan KPK Bernyali Tinggi

Image
Pangi Syarwi Chaniago

Politik Dinasti Jokowi dalam Pilkada 2020

Image
Harmaini Sitorus

Menimbang Tes DNA dalam Penetapan Hak Waris

Image
Abdul Aziz SR

Kerusakan Moral dalam Politik

Wawancara

Image
Video

VIDEO Jejak Sepotong Roti Jakarta

Image
Sea Games

Milos Sakovic

"Polo Air Indonesia Butuh Liga dan Banyak Turnamen"

Image
Gaya Hidup

Pertama Kali Akting Bareng, Giorgino Abraham Langsung Nyaman dengan Sophia Latjuba

Sosok

Image
News

5 Watak Sejati Manusia menurut Meng Zi, Filsuf Aliran Konfusianisme

Image
News

Tutup Usia, 5 Fakta Penting Pendiri MER-C Dokter Joserizal Jurnalis

Image
News

Liburan hingga Nongkrong Bareng, 10 Potret Hangat Helmy Yahya bersama Keluarga