breaking news: Trio Ikan Asin Jalani Sidang dengan Agenda Putusan Sela

image
Login / Sign Up

6 Kebiasaan Buruk yang Buat Masa Depan Kalian Suram

Andi Syafriadi

Image

Illustrasi dompet kosong |

AKURAT.CO Kebiasaan buruk mengatur uang saat muda rupanya dapat memengaruhi hidupmu saat tua lho. Gak sedikit orang yang saat tua malah hidup susah karena salah urus diri waktu muda.

Karena itu, penting buat kamu menghindari kebiasaan buruk yang bisa bikin masa tuamu menjadi susah alias pusing mikirin duit.

Lalu, apa aja kebiasaan buruk yang harus dihindari? Berikut enam di antaranya:

baca juga:

1. Bergaya bak sosialita

Illustrasi.

Kebiasaan buruk pertama yang sering dilakukan saat muda dan bikin kamu kere di masa tua adalah hidup mewah bak sosialita.

Gak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam buat membeli barang-barang cuma biar status sosialnya diakui. Bahkan banyak dari mereka yang menghabiskan seluruh gajinya buat membeli tas merek desainer ternama.

Ujung-ujungnya kamu yang jadi kerepotan sendiri karena jadi berhutang sana-sini buat menutupi biaya hidup sehari-hari. Soalnya, besar pasak daripada tiang. Pendapatan kamu gak sebesar pengeluaranmu.

Kalau terus seperti itu, yang ada masa tuamu bakal meringis dan pusing memikirkan tumpukan hutang cuma karena pengin terlihat gaya. Duh, jangan sampai ya.

2. Gak menabung

Illustrasi.

Gak sedikit anak muda yang belum paham betul pentingnya menabung buat masa depan. Banyak dari mereka yang beranggapan saat ini ya saat ini, nanti ya nanti.

Duh, coba deh hilangkan mindset itu dari pikiran kamu. Pasalnya hal tersebut malah dapat berdampak buruk buat masa tuamu lho.

Kamu gak pengin kan saat tua nanti bukannya berleha-leha menikmati hidup tapi malah pusing mikirin besok pengin makan apa karena gak ada uang.

Karena itu, mumpung masih muda mulai deh buat menyisihkan uang sedikit demi sedikit setiap bulan. Gak masalah kecil yang penting ada.

3. Gak investasi

Illustrasi Investasi. Liputan 6

Kini banyak jenis investasi yang ditawarkan oleh lembaga keuangan dengan investasi minimal yang gak gitu besar.

Contohnya reksadana. Kamu bisa investasi di sana cuma dengan modal Rp 100 ribu. Atau dengan mengeluarkan uang Rp 7.000 kamu udah bisa investasi emas batangan dengan membuka tabungan emas.

Meskipun jumlah investasinya terbilang kecil, sayangnya masih banyak anak muda yang enggan mengalokasikan sedikit penghasilannya buat investasi.

Kebiasaan buruk yang dianggap enteng itu malah dapat bikin mereka jadi susah saat tua. Pasalnya, investasi itu jangka panjang.

Jadi kalau dari muda kamu udah memiliki investasi, dijamin masa tuamu batal tentram dan damai, gak perlu pusing lagi mikirin duit lagi.

Karena itu, yuk mulai peduli pada diri sendiri biar masa tua hidup enak dengan cara investasi sejak masih muda.

4. Gak bijak menggunakan kartu kredit

Illustrasi. Wikipedia

Gak sedikit anak muda yang stres memikirkan utang kartu kredit karena gak bijak menggunakanya. Padahal jika digunakan dengan bijak, kartu sakti ini bermanfaat banget lho, misalnya dimanfaatkan buat program cicilan nol persen.

Sayangnya, banyak anak muda yang kalap saat memiliki kartu kredit karena beranggapan kalau kartu kredit itu adalah uang tambahannya. Padahal itu salah banget.

Nah, buat mengantisipasi biar kamu gak kere apalagi sampai hidup gak tenang karena dikejar-kejar debt collector, sebaiknya pergunakan kartu kreditmu dengan bijak ya.

5. Kebiasaan berutang

Hutang.

“Pengin beli sepatu branded, ngajuin pinjaman dulu ke pinjaman online. Nyicil aja setiap bulan biar gak berasa.”

Siapa yang sering seperti itu? Nyicil buat beli barang yang gak penting dan gak dibutuhin. Nah, kebiasaan berutang saat muda ini yang bisa menjerumuskanmu jadi kere saat tua nanti.

Karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan yang satu ini ya. Boleh aja beli barang mahal, tapi alangkah baiknya kalau kamu menabung, setelah duitnya udah terkumpul baru deh bawa pulang barang incaran kamu itu dengan membelinya secara tunai.

6. Konsumtif

Illustrasi Orang kaya. Shutterstock

Gaya hidup konsumtif itu bisa berbahaya banget lho buat masa tuamu. Ya, gimana gak miskin kalau uangmu habis buat foya-foya doang. Parahnya lagi cuma buat gaya-gayaan.

Kamu harus bisa membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Atau jika kamu pengin membeli gadget terbaru, sebaiknya ditabung dari beberapa bulan sebelumnya.

Jangan memaksakan diri, menghabiskan seluruh gajimu cuma buat memiliki gadget model terbaru. Balik lagi sih, kamu pengin hidup susah saat tua nanti dengan foya-foya saat muda, atau pas tua bahagia dengan menghemat bujet saat muda.

Itu dia enam kebiasaan buruk saat muda yang bisa bikin kamu miskin di masa tua nanti. Karena itu, biar kamu gak pusing mikirin uang lebih baik kelola keuanganmu sejak muda dengan menghindari enam kebiasaan buruk di atas ya. []

Editor: Denny Iswanto

berita terkait

Image

Ekonomi

Penyelesaian Jiwasraya Harus Utamakan Transformasi Bisnis

Image

Ekonomi

Tanaman Pengusir Nyamuk hingga Pelapis Sepatu, Ini 5 Ide Bisnis Paling Menguntungkan ketika Musim Hujan

Image

Gaya Hidup

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dengan Kukumu

Image

Gaya Hidup

Kreatif! 4 Shio ini Paling Bisa Dapatkan Ide Bisnis dalam Segala Kondisi

Image

Gaya Hidup

5 Kesalahan yang Kamu Lakukan Saat Mandi

Image

Hiburan

Setelah Hong Kong, Ruben Buka Cabang Geprek Bensu di Malaysia

Image

Gaya Hidup

Ketahui Kesalahan yang Sering Dilakukan tentang Makeup

Image

Gaya Hidup

Ingin Jadi Pengusaha dengan Modal Sedikit? Gelar Mapan 2020 Kembali Hadir

Image

Iptek

Niagahoster Ajak Pebisnis dan Developers Prioritaskan Keamanan Website

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Ekonomi

Harga Emas Melonjak, Investor Ingin Aman di Tengah Gejolak Global

Ini karena pembeli melakukan lindung nilai terhadap ketegangan di Timur Tengah dan upaya pemakzulan Trump

Image
Ekonomi

Dolar AS Menguat Tipis Berkat Membaiknya Data Ekonomi

Ekonomi AS bertahan dengan baik, sementara yuan China secara singkat mencapai tertinggi baru dalam enam bulan.

Image
Ekonomi

Waspada IHSG Akan Kembali Lesu! Pilihlah Saham-saham Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan kembali melemah.

Image
Ekonomi

Dihadapan DPR, Menkes Putus Asa Soal Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

pada akhirnya peserta kelas III mandiri BPJS Kesehatan tetap dikenakan kenaikan iuran.

Image
Ekonomi

Pemerintah Belum Tetapkan BUMN Penerima PMN Rp1 Triliun

Pemerintah belum memutuskan BUMN penerima dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1 triliun pada APBN 2020.

Image
Ekonomi

Meningkatkan Kualitas Investasi Jadi Tantangan Besar RI

Ekonom Faisal Basri menyebut tantangan terbesar Indonesia adalah bagaimana meningkatkan kualitas investasi.

Image
Ekonomi

Total Investasi Induk BUMN Tambang Capai Rp24 Triliun di 2020

Proyek strategis 2020 dari MIND ID di antaranya dalam membangun proyek PLTU Sumatera Selatan

Image
Ekonomi

Legislator Singgung Insentif Direksi BPJS Kesehatan Capai Rp4,11 Miliar

Insentif yang diterima Dewas per bulannya sebesar Rp211,14 juta per bulan.

Image
Ekonomi

Pemerintah Janji Cari Titik Keseimbangan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

Menurut Moeldoko, omnibus law diajukan ke DPR RI dengan tujuan menciptakan lapangan kerja dan penataan pajak.

Image
Ekonomi

Bank Commonwealth Jelaskan Pembobolan Uang Ratusan Juta Milik Ilham Bintang, Faktanya Mengejutkan!

memberikan klarifikasi mengenai kasus pencurian dana di rekening milik nasabahnya.

terpopuler

  1. Gagal Bersinar, 5 Artis Bollywood ini Justru Terjerumus Dunia Prostitusi

  2. 5 Fakta Menarik Fany Kurniawaty, Pramugari yang Disebut Calon Istri Sule

  3. Pelajar Bunuh Begal, Ferdinand Ingatkan Kejaksaan "Jangan Konyol Ah!"

  4. Tengku Marah: Manusia Ini Telah Memfitnah Isteri Saya yang Masih Sehat Dikatakan Sudah Mati

  5. 10 Potret Manis Nadia, Anak Ekki Soekarno yang Eksis jadi Reporter

  6. Istri Terima Beasiswa di Australia, Para Suami Asal Indonesia Rela Jadi Loper Koran

  7. Ada yang Bergelar Raden Ajeng, 5 Artis Tanah Air Ini Ternyata Masih Keluarga Keraton

  8. Pelajar Bunuh Begal, Hotman: Si Laki-laki Muda Itu Membunuh karena Membela Kehormatan Pacar yang Hendak Diperkosa

  9. Warga Binaan Masuk Islam: Setiap Lihat Rekan-rekan Sesama Usai Salat, Mereka Terlihat Tenang

  10. Ditanya Keberadaan Harun Masiku, Puan Maharani: Tanya ke Partai, Bukan ke Ketua DPR

fokus

Toleransi vs intoleransi
Problematika Kota
Masa Depan Buruh

kolom

Image
Ujang Komarudin

Dicari Pimpinan KPK Bernyali Tinggi

Image
Pangi Syarwi Chaniago

Politik Dinasti Jokowi dalam Pilkada 2020

Image
Harmaini Sitorus

Menimbang Tes DNA dalam Penetapan Hak Waris

Image
Abdul Aziz SR

Kerusakan Moral dalam Politik

Wawancara

Image
Video

VIDEO Jejak Sepotong Roti Jakarta

Image
Sea Games

Milos Sakovic

"Polo Air Indonesia Butuh Liga dan Banyak Turnamen"

Image
Gaya Hidup

Pertama Kali Akting Bareng, Giorgino Abraham Langsung Nyaman dengan Sophia Latjuba

Sosok

Image
News

5 Watak Sejati Manusia menurut Meng Zi, Filsuf Aliran Konfusianisme

Image
News

Tutup Usia, 5 Fakta Penting Pendiri MER-C Dokter Joserizal Jurnalis

Image
News

Liburan hingga Nongkrong Bareng, 10 Potret Hangat Helmy Yahya bersama Keluarga