Akurat.co - Cepat Tepat Benar
Login / Sign Up

Kena PHK! Ini Cara Produktif Untuk Tetap Kantongi Penghasilan

Anggi Dwifiani

Kena PHK! Ini Cara Produktif Untuk Tetap Kantongi Penghasilan

Petugas jasa penukaran uang asing PT Ayu Masagung menghitung pecahan uang Rp100.000 di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (1/3). Nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS melemah dan menyentuh Rp13.800 per Dolar AS | AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

AKURAT.CO Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, tidak jarang perusahaan kalah bersaing. Bahkan, hal ini terjadi tanpa diduga- duga oleh pemiliknya yang telah merekrut banyak pekerja.

Hal inilah yang membuat adanya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang paling tidak disukai karyawan.

Intinya, enggak ada orang yang mau kena PHK. Meratapi nasib tentu bukan opsi. Dapur harus tetep ngebul. Roda ekonomi keluarga tetap harus jalan. 

baca juga:

Masalahnya, masih banyak dari kita yang enggak punya dana darurat. Alhasil, saat tulang punggung keluarga kehilangan penghasilan, mereka mengandalkan utang untuk menutup kebutuhan hidup.

Namun jika masih beruntung, PHK biasanya mendapatkan dana pesangonnya cukup gede buat buka usaha.

Dana pesangon bukan duit yang jatuh dari langit. Manfaatkan seoptimal mungkin biar hidup enggak keteteran 

Apa aja yang bisa dilakukan selama belum ada pekerjaan baru? Ada beberapa tips setelah kena PHK yang bisa berguna untuk survive.

1. Manfaatkan Dana Pesangon Seoptimal Mungkin

Jika dana darurat atau tabungan nggak mencukupi kebutuhan selama masa menganggur, mau nggak mau dana pesangon harus dimanfaatkan sebijak mungkin. Tahu dong kalau masalah pesangon sudah diatur di Undang-Undang Ketenagakerjaan no.13 tahun 2003 pasal 156 ayat 1:

“Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha diwajibkan membayar pesangon dan atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima.”

Besaran pesangon tentu bervariasi dan disesuaikan dengan gaji pokok dan masa kerja. Enggak cuma dana pesangon doang yang bisa kamu terima, perusahaan juga wajib memberikan uang penghargaan masa kerja yang juga bergantung pada masa kerja.

Mencatat semua pengeluaran rutin adalah langkah awal mengatur keuangan. Penting biar keuangan keluarga enggak kacau

Kalau sudah menghadapi masa darurat abis PHK dana pesangon, tentu enggak boleh diumbar sembarangan. Pasalnya, kebutuhan hidup keluarga tetep harus dipenuhi selama masa mencari kerja baru.

Makanya menyusun prioritas pengeluaran sangat penting agar alokasi dana kebutuhan keluarga bisa tepat guna. Sebelum menyusun prioritas pengeluaran, ada baiknya memerhatikan poin-poin ini:

Berapa total dana pesangon yang diterima

Berapa dana darurat yang dimiliki?

Total pengeluaran keluarga setiap bulan

Berapa sisa utang yang harus dilunasi

Nah, setelah poin-poin tersebut dijabarkan, maka prioritas pengeluaran bisa disusun dan dijadikan patokan.

2. Atur Lagi Pengeluaran Rutin

Kalo prioritas udah disusun, sekarang saatnya mengatur pengeluaran rutin buat kebutuhan pokok termasuk pangan, papan, pendidikan dan utang/cicilan.

Jangan lupa pasang target berapa bulan dana pesangon itu bisa mencukupi pengeluaran rutin. Target ini juga berkaitan dengan keinginan untuk mulai kerja baru. Misalkan dana pesangon kamu cuma cukup buat memenuhi kebutuhan selama enam bulan, maka dalam jangka waktu itu kamu harus udah dapat kerjaan baru.

3. Prioritaskan Bayar Utang/Cicilan

Setelah menyisihkan dana untuk pengeluaran rutin, saatnya fokus dalam melunasi utang/cicilan. Jika dana pesangon yang diterima lumayan besar dan masih ada sisa setelah dikurangi dana pengeluaran rutin, usahakan untuk melunasi cicilan yang sedang berjalan. Yang jelas, pembayaran cicilan jangan sampai terganggu atau menunggak.

Kalo masih punya cicilan berjalan, prioritaskan dana buat melunasi, biar enggak ada denda atau penalti

Tapi bisa juga dana pesangon enggak mencukupi buat bayar utang-utang. Kalau mentok begini, kamu bisa coba konsultasikan dulu ke pihak kreditur untuk minta keringanan, misalnya mengubah tenor pinjaman. Tapi kalau masih enggak bisa juga, ya terpaksa jual aset. Mungkin punya perhiasan emas? 

4. Mengubah Gaya Hidup

Susah emang mengubah gaya hidup. Tapi di tengah kondisi keluarga pasca-PHK, mau nggak mau ini wajib. Dilarang keras hidup konsumtif. Komunikasikan hal ini baik-baik dengan anggota keluarga lain, agar enggak shock.

Jajanan restoran emang menggiurkan, tapi  kalau dalam masa prihatin masih maksa juga makan di restoran mahal,  itu sama aja bunuh diri.

Jika biasanya kamu merokok satu bungkus per hari, mungkin bisa dikurangin jadi satu bungkus per dua hari. Atau jika menu makanan sehari-hari biasanya pakai daging sapi atau ayam, mungkin bisa diganti jadi ikan plus telur. Standar beras pun bisa diturunin selama masa survival ini.[]

Editor: Prabawati Sriningrum

berita terkait

Image

Ekonomi

UU Cipta Kerja Ampuh Gairahkan Industri E-commerce Tanah Air, Benarkah?

Image

Ekonomi

UU Ciptaker Beri Ruang UMKM Terus Berkembang

Image

Ekonomi

Lampaui Target, PNBP Perikanan Tangkap Sentuh Rp551,12 Miliar per 24 November 2020

Image

Ekonomi

Bank Tanah Bisa Jamin Ketersediaan Lahan Perumahan

Image

Ekonomi

KKP Sebut UU Ciptaker Permudah Usaha Pengolahan Perikanan Daerah

Image

Ekonomi

UU Cipta Kerja Mudahkan Munculnya Banyak Usaha Baru

Image

Ekonomi

Berburu Modal Kerja Proyek Konstruksi, Waskita Karya Bakal Terbitkan Obligasi

Image

Ekonomi

Webinar Akurat: Investasi Saham

Hadirnya UU Ciptaker Malah Memperkuat Berbagai Sektor Ekonomi

Image

Ekonomi

Alamak! 91 Persen Karyawan Terkena PHK Ternyata Tak Ikut Program Prakerja

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Ekonomi

Kawasan TOD, Menhub Budi Tinjau Proyek LRT di Dukuh Atas

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau proyek LRT Jabodebek di Dukuh Atas, Jakarta

Image
Ekonomi

Pertamina Beri Sanksi Tegas Satu Unit SPBU Nakal di Batanghari

Pertamina memberikan sanksi kepada satu unit SPBU di Jalan Jambi-Bungo Sungai Paur Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari

Image
Ekonomi

Pemerintah Alih Tugas dan Fungsi KEIN ke Kemenko Perekonomian

Pemerintah mengalihkan tugas dan fungsi KEIN kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian setelah Presiden Jokowi membubarkan

Image
Ekonomi

Pakar Kesehatan Sebut Vaksinasi Upaya Serius Negara Lindungi Masyarakat

Pakar kesehatan mengungkapkan vaksinasi dan imunisasi upaya serius pemerintah melindungi masyarakat

Image
Ekonomi

Menteri PUPR Lelang Dini 4.060 Paket Infrastruktur 2021 Senilai Rp46,64 Triliun

Kementerian PUPR lelang dini 4.060 paket senilai Rp46,64 T dalam rangka percepatan realisasi kegiatan infrastruktur Tahun Anggaran 2021

Image
Ekonomi

PPAN Dinilai Mampu Perkuat Diplomasi Ekonomi RI di Luar Negeri

PPAN diharapkan dapat sejalan dengan prioritas diplomasi khususnya terkait agenda penguatan diplomasi ekonomi RI di luar negeri

Image
Ekonomi

Legislator Ingin Perum Peruri Ajak Startup yang Mampu Majukan Industri

Legislator meminta agar Perum Peruri mengumpulkan perusahaan rintisan (startup) yang bisa menjadikan Indonesia terdepan di sektor industri

Image
Ekonomi

Gara-gara Ini, Kepercayaan Investor Asing Terhadap Prospek Ekonomi Indonesia Meningkat

Kepercayaan investor asing terhadap prospek ekonomi Indonesia meningkat, seiring perkembangan vaksin Covid-19 dan terpilihnya Joe Biden

Image
Ekonomi

Pasca Edhy Prabowo Terciduk, KKP Justru Sabet Penghargaan Skala Nasional

KKP meraih dua penghargaan skala nasional terkait bidang layanan informasi

Image
Ekonomi
Lawan Covid-19

Vaksinolog Ungkap Vaksin Efektif Cegah Penyakit Menular, Termasuk COVID-19!

Vaksinolog menegaskan pentingnya vaksin dalam mencegah penyakit menular, seperti COVID-19

terpopuler

  1. Sosok 'Pak Haji' Kebingungan Cari Sandal di Masjid ini Malah Bikin Ngakak Warganet

  2. Sempat Dimasukan ke Ruang NICU, Ini Kondisi Terbaru Anak Keempat Oki Setiana Dewi

  3. Lagi, Politikus Senior PDIP Membelot Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

  4. Beli Rumah, Sepasang Suami Istri Temukan Puluhan Koin Harta Karun Senilai Rp350 Juta

  5. Saat Timbang Badan, Tyson Ancam Jones Jr

  6. Rohimah Angkat Bicara Soal Pernikahan Kiwil dengan Pengusaha Asal Kalimantan

  7. Tak Malu Tunjukkan Stretch Mark, Marshanda Tuai Pujian Warganet

  8. Usai Terpapar Covid-19, RS Polri Kabarkan Kondisi Terkini Kesehatan Jumhur Hidayat Cs

  9. Diancam Dibunuh, Petugas Pemakaman yang Berfoto dekat Jenazah Maradona Minta Maaf

  10. Ketua KPK Bantah Operasi Penangkapan Edhy Prabowo Ada Kepentingan Politik

fokus

Lawan Covid-19
Webinar Akurat: Peran Strategis IJK
Akurat Solusi : Roadmap IHT

kolom

Image
Achsanul Qosasi

Utang Pemerintah dan Kehati-hatian

Image
UJANG KOMARUDIN

Fenomena HRS

Image
Achsanul Qosasi

Pelajaran Demokrasi dari Biden dan Trump

Image
Faizuddin Ahmad

Mendongeng Berperan Meningkatkan Kecerdasan Anak

Wawancara

Image
Video

Lawan Covid

VIDEO Bkleen Hadirkan Solusi Fogging Ramah Lingkungan | Akurat Talk (2/2)

Image
Video

Lawan Covid

VIDEO Perangi Pandemi Bersama Bkleen, Antimicrobial Solution Yang Praktis dan Mudah | Akurat Talk (1/2)

Image
Gaya Hidup

Missies.id dan Strategi Survive Berbisnis untuk Cewek Milenial

Sosok

Image
News

5 Fakta Penting KH Miftachul Akhyar, Ketum MUI Baru Gantikan Ma'ruf Amin

Image
News

Mengenal Kapolsek Sawah Besar Kompol Eliantoro Jalmaf

Image
News

3 Kali Gantikan Posisi Menteri yang Kosong, Ini Kiprah Politik Luhut Binsar Panjaitan