image
Login / Sign Up

Berikut 4 'Dosa Besar' yang Bikin Keuanganmu Amburadul

Andi Syafriadi

Image

Meskipun gaji tinggi tetapi tidak bisa melakukan pengeloalaan keuangan, tetap saja akan kelaparan di akir bulan. | Pixabay

AKURAT.CO Mengelola keuangan menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar uangmu gak ludes begitu saja tanpa jejak.

Sayangnya, masih banyak orang tidak dapat mengelola uangnya dengan bijak karena berbagai alasan yang ujung-ujungnya bikin hidup susah hingga tua.

Gimana gak sengsara, toh uangnya udah keburu habis untuk hal-hal yang gak berguna. Jadi, sudah pasti gak punya simpanan uang di tabungan, apalagi investasi.

baca juga:

Sebenarnya sih gak ada salahnya juga kalau kamu pengin membeli barang yang diinginkan, apalagi kalau kamu udah suka banget. Asalkan gak membelinya setiap saat, kalau sesekali sih tentu gak jadi masalah.

Belanja boleh saja, asal kamu juga menyisihkan uang untuk ditabung dan investasi. Kamu bisa banget mengelola keuangan dengan mengikuti teori 50/20/30.

50% penghasilanmu untuk kebutuhan sehari-hari, 20 % buat tabungan dan investasi dan 30%  lagi untuk gaya hidup seperti belanja atau nongkrong di kafe sama para sahabat.

Sayangnya, masih banyak orang yang kerap melakukan dosa finansial dan membuat keuangannya jadi amburadul. Terutama, buat para wanita yang kerap tak tahan godaan.

Berikut, empat dosa finansial yang kerap dilakukan wanita dan bikin keuangan mereka jadi amburadul, nah tanpa basa-basi lagi kuy simak Apa saja menurut lansiran moneysmart :

Tidak tahan godaan diskon dan barang lucu

Illustrasi Great Sale.

Wanita memang identik tidak tahan dengan godaan diskon yang dipajang besar di etalase toko. Karena terpancing tulisan itu, banyak wanita yang membeli barang gak penting. Alasannya, “mumpung lagi diskon”. Padahal mah itu barang juga gak terpakai.

Gak cuma itu aja, para wanita juga kerap membeli barang dengan alasan “lucu”. Bahkan, soal nominal gak jadi masalah, meski tidak tahu kegunaan barang itu. Asalkan udah suka, yaudah langsung beli.

Kalau seperti itu terus, ya siap-siap aja kamu harus kerja keras sampai tua cuma buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Emang mau seperti itu ?

Tidak punya anggaran keuangan

Illustrasi.

Meski tak semua wanita seperti itu, ada sebagian wanita yang malas membuat anggaran keuangan. Jadi, uangnya gak terarah tuh larinya ke mana saja.

Itu dikarenakan dia tidak terlalu peduli dengan kondisi finansialnya di masa depan. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dengan membuat anggaran keuangan.

Gak cuma mengetahui secara detail pengeluaranmu, kamu juga bisa menjaga kestabilan keuangan agar selalu berada di jalur yang aman. Dengan begitu, tentu saja freedom money akan bisa kamu raih.

Kebanyakan utang

Hutang.

Percaya atau tidak, banyak sekali orang yang nyebur ke lubang utang karena tak bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, terutama buat para wanita.

Seperti yang disebutkan di atas, mereka kerap tak tahan dengan godaan diskon dan barang lucu. Jadi, sebentar-sebentar gesek kartu kredit.

Tahu-tahu kaget lihat tagihan kartu kredit yang bahkan nominalnya lebih besar ketimbang gajimu. Ujung-ujungnya, kamu cuma bisa bayar minimum payment dan berakhir dengan tumpukan utang yang bikin hidup sengsara sampai tua.

Karena itu, lebih bijaklah dalam menggunakan kartu kredit karena bisa menjadi sumber malapetaka buat keuanganmu dan usahakan untuk tinggal berutang buat hal yang tidak penting.

Khilaf jajan

Illustrasi.

Hayo, siapa di antara kamu yang suka khilaf kalau jajan? Ada tukang bakso lewat, pengin beli. Jajan ke mini market, mulai dari cokelat hingga biskuit diambil. Ya, memang sih wanita itu identik doyan nyemil.

Saking sukanya jajan, banyak dari mereka yang gak sadar kalau pengeluaran bulanannya jadi meledak drastis.

Itu tentu saja sangat pengaruh terhadap uang bulananmu yang tanpa disadari udah tiris bahkan di tanggal yang masih jauh dari gajian.

Itulah empat dosa finansial yang tanpa sadar kerap dilakukan wanita dan membuat kondisinya jadi amburadul. Biar gak terus-terusan seperti itu dan bikin sengsara saat tua, lebih baik mulai kelola keuanganmu dengan bijak mulai sekarang ya. []

Editor: Denny Iswanto

berita terkait

Image

Ekonomi

Sektor Sawit Selama Ini Selalu Berupaya Cegah Karhutla

Image

Ekonomi

Berdampak Besar, BPDPKS Tegaskan Perusahaan yang Sebabkan Karhutla Adalah Kejahatan

Image

Ekonomi

Eksportir Akui Kawasan Berikat Mandiri Dongkrak Efisiensi 35-60 Persen

Image

Ekonomi

Wajib Tahu! 3 Cara Investasi Ini Bantu Dapatkan Rp1 Miliar Pertamamu

Image

Ekonomi

Rini Dorong BUMN Jadi Mitra Strategis Benua Afrika

Image

Ekonomi

Indepth

Indonesia Lebih Sehat dengan Kenaikan Cukai Rokok?

Image

Ekonomi

Pesan Menkeu Untuk Wisudawan PKN STAN

Image

Ekonomi

Seleksi Anggota BPK RI

Pengamat: DPD Tak Miliki Alat Penilaian Andal Dalam Memilih Calon Anggota BPK

Image

Ekonomi

Seleksi Anggota BPK RI

Ada Pelanggaran Hukum pada Seleksi Anggota BPK?

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Ekonomi

BPJAMSOSTEK Kembali Sabet Penghargaan Revolusi Mental Berkat Inovasi-inovasi Ini

Komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam menjalankan nilai-nilai revolusi mental berhasil menghantarkan institusi ini menyabet penghargaan.

Image
Ekonomi

Sektor Sawit Selama Ini Selalu Berupaya Cegah Karhutla

Sektor sawit selama ini juga telah ikut berupaya melakukan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Image
Ekonomi

Berdampak Besar, BPDPKS Tegaskan Perusahaan yang Sebabkan Karhutla Adalah Kejahatan

Pembakaran hutan untuk membuka lahan baru tersebut bertentangan dengan komitmen pemerintah untuk pengelolaan sawit yang berkelanjutan.

Image
Ekonomi

RI-Singapura Lanjutkan Kerja Sama Pengembangan Pendidikan Vokasi

Indonesia dan Singapura sepakat untuk terus melanjutkan kerja sama dalam bidang pengembangan pendidikan vokasi.

Image
Ekonomi

Pengusaha Tekstil Masih Berharap Segera Diberikan Diskon Listrik

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) berharap pemerintah bisa segera memberikan diskon listrik kepada industri.

Image
Ekonomi

KPPI Mulai Penyelidikan Safeguard Atas Lonjakan Volume Impor Kain

KPPI telah memulai penyelidikan tindakan pengamanan perdagangan (safeguards) atas kenaikan impor kain.

Image
Ekonomi

5 Sumber Kekayaan 'Crazy Rich Medan' Sukanto Tanoto, Minyak hingga Serat Tekstil

PaperOne adalah produk unggulan dari salah satu anak perusahaan Sukanto Tanoto, yaitu Asia Pacific Resources International Limited (APRIL).

Image
Ekonomi

Ibu Kota Pindah, 2.000-6.000 Hektar Zona Inti Akan Jadi Pusat Pemerintahan

Pemerintah menargetkan ground breaking pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur mulai tahun 2021.

Image
Ekonomi

Dear Pak Jokowi, Dengarkanlah 13 Curhatan Pengusaha Tekstil Ini

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, industri tekstil nasional menghadapi tantangan berat.

Image
Ekonomi
Seleksi Anggota BPK RI

Sebelum Pemilihan BPK, Golkar Justru Rombak Anggotanya di Komisi XI

Tidak dijelaskan secara gamblang latar belakang perpindahan anggota komisi.

Available

trending topics

terpopuler

  1. Imam Nahrawi Jadi Tersangka, Rocky Gerung: Bong, Hidung Kalian Pasti Makin Panjang

  2. Tsamara: Pengen Marah dan Nangis Rasanya Baca Kayak Gini

  3. 5 Pekerjaan dari Ajang Pencarian Bakat Ini Kian Hilang dari Dunia Hiburan Tanah Air

  4. Syamsuddin: Pengesahan Revisi UU MD3 dan KPK Benar-benar Bikin Negeri Ini Mundur 20 Tahun

  5. Pangdam XVIII/Kasuari: Saya Tidak Butuh Rekomendasi

  6. Imam Nahrawi TSK, Musni: Publik Apresiasi, Tapi Amat Prihatin Revisi UU Diduga Keras Buat Lemahkan KPK

  7. Soal Menteri Kabinet Kerja Periode Kedua, Tanri Abeng Yakin Jokowi Pilih Orang Terbaik

  8. Biasanya Sering Membela, Kenapa Sekarang Yunarto Kerap Mengkritik Jokowi?

  9. Preview: Usaha AS Roma Menjaga Catatan Positif Saat Hadapi Basaksehir

  10. DPD Serahkan 15 Calon BPK, Tak Ada Tito Sulistio dan Masih Dominan Politisi

Available

fokus

Abortus
BJ Habibie Tutup Usia
Lindungi Perempuan
Available

kolom

Image
Ujang Komarudin

Gigitan Terakhir KPK

Image
Damai Mendrofa

Menangani Penyu, Sampai Tak Ada yang Ganggu

Image
Achmad Fachrudin

Dinamika Politik Jakarta Paska Pemindahan Ibukota

Image
Abdul Aziz SR

Perempuan dan Jabatan Publik

Available

Wawancara

Image
Hiburan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jadikan JILF Sebagai Pemantik Imajinasi

Image
Ekonomi

Eksklusif Mochamad Soebakir: Sebagai 'Jembatan' Konsultan Pajak Fungsinya Vital

Image
Olahraga

Bianca Andreescu

"Memenangi AS Terbuka Sebenarnya Terasa Aneh"

Sosok

Image
Ekonomi

5 Sumber Kekayaan 'Crazy Rich Medan' Sukanto Tanoto, Minyak hingga Serat Tekstil

Image
News

Dari Presiden hingga Ulama, 5 Tokoh Tanah Air yang Masuk Daftar Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Image
News

Tanahnya Dipakai Jadi Ibu Kota Baru Indonesia, Ini 5 Rekam Jejak Sukanto Tanoto