image
Login / Sign Up

Berikut 4 'Dosa Besar' yang Bikin Keuanganmu Amburadul

Andi Syafriadi

Image

Meskipun gaji tinggi tetapi tidak bisa melakukan pengeloalaan keuangan, tetap saja akan kelaparan di akir bulan. | Pixabay

AKURAT.CO Mengelola keuangan menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar uangmu gak ludes begitu saja tanpa jejak.

Sayangnya, masih banyak orang tidak dapat mengelola uangnya dengan bijak karena berbagai alasan yang ujung-ujungnya bikin hidup susah hingga tua.

Gimana gak sengsara, toh uangnya udah keburu habis untuk hal-hal yang gak berguna. Jadi, sudah pasti gak punya simpanan uang di tabungan, apalagi investasi.

baca juga:

Sebenarnya sih gak ada salahnya juga kalau kamu pengin membeli barang yang diinginkan, apalagi kalau kamu udah suka banget. Asalkan gak membelinya setiap saat, kalau sesekali sih tentu gak jadi masalah.

Belanja boleh saja, asal kamu juga menyisihkan uang untuk ditabung dan investasi. Kamu bisa banget mengelola keuangan dengan mengikuti teori 50/20/30.

50% penghasilanmu untuk kebutuhan sehari-hari, 20 % buat tabungan dan investasi dan 30%  lagi untuk gaya hidup seperti belanja atau nongkrong di kafe sama para sahabat.

Sayangnya, masih banyak orang yang kerap melakukan dosa finansial dan membuat keuangannya jadi amburadul. Terutama, buat para wanita yang kerap tak tahan godaan.

Berikut, empat dosa finansial yang kerap dilakukan wanita dan bikin keuangan mereka jadi amburadul, nah tanpa basa-basi lagi kuy simak Apa saja menurut lansiran moneysmart :

Tidak tahan godaan diskon dan barang lucu

Illustrasi Great Sale.

Wanita memang identik tidak tahan dengan godaan diskon yang dipajang besar di etalase toko. Karena terpancing tulisan itu, banyak wanita yang membeli barang gak penting. Alasannya, “mumpung lagi diskon”. Padahal mah itu barang juga gak terpakai.

Gak cuma itu aja, para wanita juga kerap membeli barang dengan alasan “lucu”. Bahkan, soal nominal gak jadi masalah, meski tidak tahu kegunaan barang itu. Asalkan udah suka, yaudah langsung beli.

Kalau seperti itu terus, ya siap-siap aja kamu harus kerja keras sampai tua cuma buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Emang mau seperti itu ?

Tidak punya anggaran keuangan

Illustrasi.

Meski tak semua wanita seperti itu, ada sebagian wanita yang malas membuat anggaran keuangan. Jadi, uangnya gak terarah tuh larinya ke mana saja.

Itu dikarenakan dia tidak terlalu peduli dengan kondisi finansialnya di masa depan. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dengan membuat anggaran keuangan.

Gak cuma mengetahui secara detail pengeluaranmu, kamu juga bisa menjaga kestabilan keuangan agar selalu berada di jalur yang aman. Dengan begitu, tentu saja freedom money akan bisa kamu raih.

Kebanyakan utang

Hutang.

Percaya atau tidak, banyak sekali orang yang nyebur ke lubang utang karena tak bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, terutama buat para wanita.

Seperti yang disebutkan di atas, mereka kerap tak tahan dengan godaan diskon dan barang lucu. Jadi, sebentar-sebentar gesek kartu kredit.

Tahu-tahu kaget lihat tagihan kartu kredit yang bahkan nominalnya lebih besar ketimbang gajimu. Ujung-ujungnya, kamu cuma bisa bayar minimum payment dan berakhir dengan tumpukan utang yang bikin hidup sengsara sampai tua.

Karena itu, lebih bijaklah dalam menggunakan kartu kredit karena bisa menjadi sumber malapetaka buat keuanganmu dan usahakan untuk tinggal berutang buat hal yang tidak penting.

Khilaf jajan

Illustrasi.

Hayo, siapa di antara kamu yang suka khilaf kalau jajan? Ada tukang bakso lewat, pengin beli. Jajan ke mini market, mulai dari cokelat hingga biskuit diambil. Ya, memang sih wanita itu identik doyan nyemil.

Saking sukanya jajan, banyak dari mereka yang gak sadar kalau pengeluaran bulanannya jadi meledak drastis.

Itu tentu saja sangat pengaruh terhadap uang bulananmu yang tanpa disadari udah tiris bahkan di tanggal yang masih jauh dari gajian.

Itulah empat dosa finansial yang tanpa sadar kerap dilakukan wanita dan membuat kondisinya jadi amburadul. Biar gak terus-terusan seperti itu dan bikin sengsara saat tua, lebih baik mulai kelola keuanganmu dengan bijak mulai sekarang ya. []

Editor: Denny Iswanto

berita terkait

Image

Ekonomi

Suka Traveling Tapi Gaji Pas-pasan? Ikuti Tips Ini

Image

Ekonomi

4 Kerja Sampingan Ringan Untuk Berburu Sumber Pendapatan Baru

Image

Ekonomi

Alasan Kenapa Rumah Enggak Laku-laku! Salah Satunya Karena Berhantu?

Image

Ekonomi

Tips Hemat Uang Ala Anak Kos-Kosan

Image

Ekonomi

Dapat Duit Tanpa Harus Bekerja Ternyata Bisa! Coba Hal Ini

Image

Ekonomi

Berikut Tips Jitu Mulai Bisnis Laundry Kiloan, Kuy Coba!

Image

News

Mendagri Klaim Anggaran Pilkada Serentak 2020 Akan Terpenuhi Sesuai Kebutuhan

Image

Ekonomi

BPK Sindir Kenaikan Cukai Rokok: Cukai Miras Mestinya Dinaikkan Juga 100 Persen

Image

Ekonomi

China dan Filipina Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Proyek BRI

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Ekonomi

Menteri Susi Ingin Pemberantasan Illegal Fishing Jadi Prioritas di Pemerintahan Mendatang

Rakornas ini menjadi wadah untuk meninjau kembali perjalanan Satgas 115 dalam memberantas IUU Fishing.

Image
Ekonomi

Ralali.com Klaim Bantu Pelaku Bisnis Dengan Sistem Lebih Efisien

Teknologi dan digital eloknya bukan mendisrupsi, melainkan memperluas pasar bisnis.

Image
Ekonomi

Polri Gandeng Mandiri Terbitkan SIM Pintar Multi Fungsi

Bank Mandiri mendukung Kepolisian RI menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) pintar multi fungsi (Smart SIM).

Image
Ekonomi

KKP Kampanye Gemarikan di Empat Desa Stunting Sumba Barat

Image
Ekonomi

INKA Gandeng Stadler Rail Bangun Pabrik Kereta Api di Banyuwangi

Kerja sama ini akan membantu pemerintah dalam pengembangan sistem transportasi kereta api di tanah air.

Image
Ekonomi

Suka Traveling Tapi Gaji Pas-pasan? Ikuti Tips Ini

Namun untuk sebagian orang, melakukan kegiatan traveling harus merogoh kantong yang cukup dalam.

Image
Ekonomi

Jelang Senin, Film Nyata Orang Sukses Ini Bisa Pecut Semangat!

Film dapat dijadikan untuk motivasi agar tidak mudah menyerah jika ingin sukses.

Image
Ekonomi

Kemenperin Fokuskan Investasi Industri Semikonduktor

Kemenperin berupaya mencari investor yang mendukung sektor hilir di industri elektronik dalam negeri, salah satunya industri semikonduktor.

Image
Ekonomi

7 Cara Tetap Produktif Tanpa Minum Kopi

Ada loh cara agar tidak usah meminum kopi tetapi tetap bisa melek.

Image
Ekonomi

Poligami Ayam Bangkok, Mampu Datangkan Rupiah Melimpah

Apalagi kalau mampu mengawinkan ayam bangkok, maka jumlah ekornya akan terus bertambah hingga mampu menambah pula pundi-pundi rupiah anda.

Available

trending topics

terpopuler

  1. Penelitian Terbaru: Anak yang Dijaga Orangtua Tak Bekerja Rentan Alami Kekacauan

  2. Ramai Xena Xenita Disebut Perusak Rumah Tangga Orang, 5 Artis ini Juga Pernah Dicap jadi Pelakor

  3. Luis Milla: Selamat Bertanding Bima, Semoga Sukses untuk Timnas Kita

  4. Akhirnya, Bebby Fey Ungkap Identitas Sang YouTuber

  5. IU Bakal Gelar Konser di Jakarta Desember Mendatang

  6. iOS 13, Senjata Baru Apple yang Dilengkapi Mode Gelap

  7. Lolos Ke Senayan, Mulan Jameela Dapat Mobil, Rumah Dinas Dan Tunjangan Hingga Rp40 Juta

  8. Ajib! Realme X akan Segera Mendapatkan Custom ROM

  9. Terungkap, Segini Harga Operasi Payudara dan Kelamin Gebby Vesta

  10. Liburan ke Jepang, Siapkan Rp1 Juta Per Hari

Available

fokus

Abortus
BJ Habibie Tutup Usia
Lindungi Perempuan
Available

kolom

Image
Alfarisi Thalib

Era Airlangga, Golkar Cenderung Feodal dan Oligarkis

Image
Ujang Komarudin

Gigitan Terakhir KPK

Image
Damai Mendrofa

Menangani Penyu, Sampai Tak Ada yang Ganggu

Image
Achmad Fachrudin

Dinamika Politik Jakarta Paska Pemindahan Ibukota

Available

Wawancara

Image
Hiburan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jadikan JILF Sebagai Pemantik Imajinasi

Image
Ekonomi

Eksklusif Mochamad Soebakir: Sebagai 'Jembatan' Konsultan Pajak Fungsinya Vital

Image
Olahraga

Bianca Andreescu

"Memenangi AS Terbuka Sebenarnya Terasa Aneh"

Sosok

Image
News

8 Potret Hangat Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri bersama Keluarga, Ayah Idaman!

Image
News

Jadi Plt Menpora Gantikan Imam Nahrawi, Ini 5 Fakta Sepak Terjang Karier Hanif Dhakiri

Image
News

Siap Uji Materi UU KPK yang Baru, Ini 5 Fakta Sepak Terjang Karier Ketua MK Anwar Usman