Akurat.co - Cepat Tepat Benar
Login / Sign Up

Berikut 4 'Dosa Besar' yang Bikin Keuanganmu Amburadul

Andi Syafriadi

Berikut 4 'Dosa Besar' yang Bikin Keuanganmu Amburadul

Meskipun gaji tinggi tetapi tidak bisa melakukan pengeloalaan keuangan, tetap saja akan kelaparan di akir bulan. | Pixabay

AKURAT.CO Mengelola keuangan menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar uangmu gak ludes begitu saja tanpa jejak.

Sayangnya, masih banyak orang tidak dapat mengelola uangnya dengan bijak karena berbagai alasan yang ujung-ujungnya bikin hidup susah hingga tua.

Gimana gak sengsara, toh uangnya udah keburu habis untuk hal-hal yang gak berguna. Jadi, sudah pasti gak punya simpanan uang di tabungan, apalagi investasi.

baca juga:

Sebenarnya sih gak ada salahnya juga kalau kamu pengin membeli barang yang diinginkan, apalagi kalau kamu udah suka banget. Asalkan gak membelinya setiap saat, kalau sesekali sih tentu gak jadi masalah.

Belanja boleh saja, asal kamu juga menyisihkan uang untuk ditabung dan investasi. Kamu bisa banget mengelola keuangan dengan mengikuti teori 50/20/30.

50% penghasilanmu untuk kebutuhan sehari-hari, 20 % buat tabungan dan investasi dan 30%  lagi untuk gaya hidup seperti belanja atau nongkrong di kafe sama para sahabat.

Sayangnya, masih banyak orang yang kerap melakukan dosa finansial dan membuat keuangannya jadi amburadul. Terutama, buat para wanita yang kerap tak tahan godaan.

Berikut, empat dosa finansial yang kerap dilakukan wanita dan bikin keuangan mereka jadi amburadul, nah tanpa basa-basi lagi kuy simak Apa saja menurut lansiran moneysmart :

Tidak tahan godaan diskon dan barang lucu

Illustrasi Great Sale.

Wanita memang identik tidak tahan dengan godaan diskon yang dipajang besar di etalase toko. Karena terpancing tulisan itu, banyak wanita yang membeli barang gak penting. Alasannya, “mumpung lagi diskon”. Padahal mah itu barang juga gak terpakai.

Gak cuma itu aja, para wanita juga kerap membeli barang dengan alasan “lucu”. Bahkan, soal nominal gak jadi masalah, meski tidak tahu kegunaan barang itu. Asalkan udah suka, yaudah langsung beli.

Kalau seperti itu terus, ya siap-siap aja kamu harus kerja keras sampai tua cuma buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Emang mau seperti itu ?

Tidak punya anggaran keuangan

Illustrasi.

Meski tak semua wanita seperti itu, ada sebagian wanita yang malas membuat anggaran keuangan. Jadi, uangnya gak terarah tuh larinya ke mana saja.

Itu dikarenakan dia tidak terlalu peduli dengan kondisi finansialnya di masa depan. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dengan membuat anggaran keuangan.

Gak cuma mengetahui secara detail pengeluaranmu, kamu juga bisa menjaga kestabilan keuangan agar selalu berada di jalur yang aman. Dengan begitu, tentu saja freedom money akan bisa kamu raih.

Kebanyakan utang

Hutang.

Percaya atau tidak, banyak sekali orang yang nyebur ke lubang utang karena tak bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, terutama buat para wanita.

Seperti yang disebutkan di atas, mereka kerap tak tahan dengan godaan diskon dan barang lucu. Jadi, sebentar-sebentar gesek kartu kredit.

Tahu-tahu kaget lihat tagihan kartu kredit yang bahkan nominalnya lebih besar ketimbang gajimu. Ujung-ujungnya, kamu cuma bisa bayar minimum payment dan berakhir dengan tumpukan utang yang bikin hidup sengsara sampai tua.

Karena itu, lebih bijaklah dalam menggunakan kartu kredit karena bisa menjadi sumber malapetaka buat keuanganmu dan usahakan untuk tinggal berutang buat hal yang tidak penting.

Khilaf jajan

Illustrasi.

Hayo, siapa di antara kamu yang suka khilaf kalau jajan? Ada tukang bakso lewat, pengin beli. Jajan ke mini market, mulai dari cokelat hingga biskuit diambil. Ya, memang sih wanita itu identik doyan nyemil.

Saking sukanya jajan, banyak dari mereka yang gak sadar kalau pengeluaran bulanannya jadi meledak drastis.

Itu tentu saja sangat pengaruh terhadap uang bulananmu yang tanpa disadari udah tiris bahkan di tanggal yang masih jauh dari gajian.

Itulah empat dosa finansial yang tanpa sadar kerap dilakukan wanita dan membuat kondisinya jadi amburadul. Biar gak terus-terusan seperti itu dan bikin sengsara saat tua, lebih baik mulai kelola keuanganmu dengan bijak mulai sekarang ya. []

Editor: Denny Iswanto

berita terkait

Image

Ekonomi

Pemerintah Janji Berhati-hati Lakukan Reformasi Basis Pajak di Tengah Pandemi

Image

Ekonomi

Faisal Basri Ingatkan Penyelenggaraan Pilkada 2020 Bisa Lumpuhkan Ekonomi

Image

Ekonomi

BKF: Deflasi 3 Bulan Berturut-turut Tanda Ekonomi RI Belum Pulih

Image

Ekonomi

Faisal Basri soal Revisi UU BI: Bukti Pemerintah Frustrasi Atasi COVID-19

Image

Ekonomi

Penyerapan Penjualan Instrumen ORI018 Ditargetkan Capai Rp5 Triliun

Image

Ekonomi

OJK Dorong Pemulihan Ekonomi Dari Daerah

Image

Ekonomi

PSBB Jadi Biang Kerok Penurunan Indeks Manufaktur RI September 2020

Image

Ekonomi

Kemenkeu Beberkan Alasan Pemerintah Suntik Modal Rp20 T ke Jamkrindo dan Askrindo

Image

Gaya Hidup

Ramalan Keuangan Zodiak Hari Ini, Kamis 1 Oktober 2020, Finansial Libra Akhirnya Membaik!

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Ekonomi

Faisal Basri Ingatkan Penyelenggaraan Pilkada 2020 Bisa Lumpuhkan Ekonomi

Faisal Basri: Jika Pilkada 2020 tetap dipaksa dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, maka akan berisiko terhadap perekonomian negara.

Image
Ekonomi

BKF: Deflasi 3 Bulan Berturut-turut Tanda Ekonomi RI Belum Pulih

Deflasi yang terjadi selama tiga bulan berturut-turut merupakan sinyal bahwa ekonomi Indonesia belum pulih karena permintaan masih rendah.

Image
Ekonomi

CPP Gundih Kembali Beroperasi, Pertamina EP Asset 4 Siap Penuhi Target Produksi

Pertamina EP Asset 4 Cepu Field, CPP Gundih kembali beroperasi normal pada 29 September 2020. Ini sebagai bagian memenuhi target produksi.

Image
Ekonomi

Capai Rp100 Juta! Ini Deretan Kain Batik Termahal di Dunia

Batik adalah salah satu warisan budaya yang telah dikenal di berbagai penjuru dunia

Image
Ekonomi

Faisal Basri soal Revisi UU BI: Bukti Pemerintah Frustrasi Atasi COVID-19

Faisal Basri menilai saat ini kondisi sektor keuangan masih cukup stabil. Maka dari itu, pemerintah tak perlu melakukan reformasi.

Image
Ekonomi

7 Negara dengan Tarif Listrik Terendah di Dunia, Lebih Murah 20 Kali Lipat dari Indonesia

Tarif listrik di Indonesia sebesar USD 0,099 atau sekitar Rp1.470 per kWh sudah termasuk pajak, menurut Global Petrol Prices.

Image
Ekonomi

Pemerintah Tambah Alokasi Rp3,1 Triliun Atasi Kelangkaan Pupuk Subsidi

Pupuk Indonesia dapat tambahan alokasi Rp3,1 triliun guna atasi kelangkaan pupuk subsidi.

Image
Ekonomi

Ada Pertashop, Warga Desa Jatitujuh Bisa Nikmati BBM Harga Setara di SPBU

Pertamina MOR III meresmikan Pertashop di Desa Jatitujuh, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka.

Image
Ekonomi

Penyerapan Penjualan Instrumen ORI018 Ditargetkan Capai Rp5 Triliun

DJPPR menargetkan penyerapan penjualan instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI018 mencapai Rp5 triliun.

Image
Ekonomi

Deretan Durian Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp700 Juta!

Durian adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin B dan vitamin C

terpopuler

  1. Saat Joe Biden dan Istri Pelukan Usai Debat, Donald Trump Justru Lakukan ini

  2. Duh! Wanita Berbibir Terbesar Dunia Melawan Dokter

  3. Kalah Saing dengan YouTube, Denny Siregar: Banyak Acara TV Cuma Cari Sensasi!

  4. Putri Delina Punya Permintaan Khusus ke Nathalie Holscher, Calon Istri Sule

  5. 7 Potret Kenangan Pahlawan Revolusi yang Gugur dalam Peristiwa G30S/PKI

  6. Di Acara Mata Najwa, Gibran Tidak Mewajibkan Masyarakat Solo untuk Memilih Dirinya

  7. Kisah Cinta Tragis Pierre Tendean dan Rukmini, Bikin Mewek

  8. Said Didu: Smelter China Gunakan Sistem Penalti Biar Harga Beli Turun dan Rugikan Negara

  9. 5 Fakta Menarik DN Aidit, Jadi Loper Koran hingga Dikenal Dekat dengan Presiden Soekarno

  10. Soal Uang 10 Juta USD untuk Pejabat Kejagung dan Hakim MA, Ini Jawaban Pinangki

tokopedia

fokus

Webinar Akurat: Peran Strategis IJK
Akurat Solusi : Roadmap IHT
Webinar Akurat: Resesi Ekonomi

kolom

Image
Achsanul Qosasi

Komunisme dan Kearifan

Image
Dr. Abd. Muid N., MA.

Pandemi dan Pohon Khuldi

Image
UJANG KOMARUDIN

Pilkada yang Tak Ditunda

Image
Arif Hidayat

3 Cara untuk Anda Bisa Menjadi Karyawan Terbaik

Wawancara

Image
Iptek

Saat Dominasi Kontraktor Besar Masih Kejam

Image
Video

Akurat Talk

VIDEO Fahri Hamzah: Saya Dari Kecil Jualan Kopi | Akurat Talk (2/2)

Image
Video

Akurat Talk

VIDEO Ngomongin Hobi Sampai Harga Outfit Fahri Hamzah | Akurat Talk (1/2)

Sosok

Image
News

5 Potret Iriana Tatap Mesra Presiden Jokowi Ini Bikin Melting Parah

Image
News

5 Fakta Penting Sarwo Edhie Wibowo, Kakek AHY yang Ikut Tumpas G30S PKI

Image
News

5 Momen Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Tangkap Hasil Laut, Seru Banget!