image
Login / Sign Up

Viral! Sering Dibully, Bekasi Ternyata Lebih Nyaman dibanding Pinggiran Kota Jakarta Lainnya

Atikah Umiyani

Image

Kota Bekasi | Istimewa

AKURAT.CO, Belakangan, Kota Bekasi menjadi viral di twitter. Hal itu lantaran seorang warganet dengan akun @rizkidwika membeberkan alasan memilih tinggal di Kota Bekasi.

Dalam threadnya itu ia memberikan judul Kenapa Memilih Tinggal di Kota Bekasi Dibanding Pinggiran Jakarta Lainnya?

Pada bagian prolog, akun itu mengungkapkan bahwa sejak 2013 hingga 2015, Kota Bekasi termasuk warganya ramai menjadi bahan bully bahkan sampai sekarang.

baca juga:

Ia juga menyebutkan bahwa di luar becandaan planet, polusi, jalan rusak inilah itulah, Kota Bekasi nyatanya juga memiliki keunggulan dibandingkan pinggiran Jakarta lainnya. Sehingga cocok dijadikan sebagai tempat tinggal. 

1. Punya Stasiun Besar

Stasiun Bekasi. AKURAT.CO/Setiawan

Alasan pertama yang diungkapkannya adalah karena stasiun besar yang berada di Kota tersebut. Stasiun Bekasi, yang dilewati kereta api jarak jauh dan juga commuter line.

Selain itu, melalui setasiun Bekasi, masyarakat juga bisa membeli tiket langsung untuk ke Bandung ataupun Kota lainnya. Jalur pulang pun sama, tidak perlu ke Gambir atau Senen lebih dulu. 

2. Nongkrong 'Mahal' Ga Perlu ke Jakarta

Pusat Perbelanjaan di Jakarta Kembali di Buka. AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

Alasan kedua yaitu apabila ingin nongkrong tidak perlu ke Jakarta. Menurutnya, apabila ingin makan-makan atau belanja daripada jauh-jauh ke Grand Indonesia, masih ada banyak mal di Bekasi yang juga enak dijadikan tempat chill loh seperti Grand Metmall, Summarecon Mal Bekasi, GGP, Ciputra, Cibubur dan masih banyak lagi.

3. Banyak Kendaraan Umum ke Jakarta

Angkutan Umum . Dok Humas Pemkot Jakut

Alasan ketiga yaitu banyak pilihan kendaraan umum ke Jakarta, diantaranya bus, commuter line, Transjakarta dan tenang sebentar lagi ada LRT loh.

4. Lebih Dekat ke 'Jawa'

Puncak Arus Mudik Lebaran di Tol Cikampek. AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

Alasan keempat karena Bekasi lebih dekat ke Jawa  seperti Bandung, Cirebon, Jawa Tengah, Jogja dan Jawa Timur. Dengan begitu, apabila kamu tinggal di Bekasi maka menghemat waktu karena jarak tempuhnya, dibandingkan kamu di Bogor, Depok, atau Tangerang yang harus merasakan macet di Tol Dalam Kota atau JORR lebih dulu.

5. Mau Terbang? Ada Halim Perdanakusuma

Ribuan Pemudik Penuhi Bandara Halim Perdanakusuma. AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

Sedangkan alasan kelima yaitu saat ingin bepergian menggunakan pesawat maka bisa melalui bandara Halim. Ya memang agak PR apabila Soetta, tapi kamu bisa nyari flight dari Halim yang lokasinya lebih dekat dengan Bekasi. Dari terminal Kayuringin juga ada layanan Damri kedua bandara ini, kok.

Selain memberikan 5 alasan tinggal di Bekasi, dalam thread ini juga diberikan saran daerah mana yang paling enak untuk ditinggali di Kota Bekasi, terdapat 10 zona yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Mulai dari zona A yang paling atas, paling utara. Cocok buat yang harus bolak balik ke Jakarta via Cakung-Pulogadung. Bisa pengguna motor, mobil, atau TransJ. Kereta? Jangan dah, kejauhan ke stasiun. Ikonnya: Harapan Indah. Lumayan lah, mau jajan promo-promo Grabfood bisa di marih.

Zona B yang dilewati jalur rel dan tiga stasiun commuter line, diantaranya Kranji, Bekasi, dan Bekasi Timur. Paling cocok buat anak kereta. Ikonnya: Summarecon Bekasi dong. Bisa sepedahan cantik, nongkrong cantik, sambil nonton artis manggung di marih.

Kemudian Zona C, yang merupakan daerah pusat pemerintahan yang diapit rel kereta, kalimalang, JORR, dan Tol Japek. Ada kantor pemerintahan, pusat-pusat perbelanjaan, dll. Ikonnya: Jl. K.H. Noer Ali, tempat CFD kebanggaan warga Kota Bekasi.

Zona D yang menjadi perbatasan antara Jakarta dan Bekasi. Sehingga mereka yang tinggal disini sangat dilematis. Daerah minggir Jakarta yang disekat-sekat sama JORR, Becakayu, Tol Japek. Ada yang masuk Bintara, Kalimalang, enggak tau deh. Ikonnya: Mekdi Grand Kota Bintang dan XMalang.

Zona E merupakan kawasan perumahan elite, zona F merupakan daerah ketempelan Jakarta yang dibatasi ruas tol dan dibelah Jl Hankam-Jatiwaringin.

Sehingga cocok untuk yang bekerja di Jaktim sekitar Kramatjati, Taman Mini, atau Simatupang.

Sedangkan zona G berdekatan dengan TPST bantar Gebang dan paling jauh dari Jakarta.

Kemudian ada Zona H yang dekat dengan Kabupaten Bekasi dan yang terakhir adalah zona I.

Zona I disebut daerah Independen Karena menjadi pertemuan antara Jaktim, Kota Depok, dan Kabupaten Bogor.

Mau kamu ke daerah pusatnya Kota Bekasi jauh, Jakpus jauh, mau ke Margonda apalagi. Udah semacem daerah sendiri, Republik Cibubur.

Ikonnya: Jl. Alternatif Cibubur dengan segala iklan perumahannya.,

Terakhir akun ini juga memberikan rangkuman, diantaranya :

1. Kalo lo bergantung sama Jakpus, Jakut, Jaktim (utara), pilih rumah di Zona A, B, C. 2. Kalo lo bergantung sama Jaktim (selatan), di D, F, dan I. 3. Kalo bergantung sama daerah industri Kab Bekasi, tinggal di G dan H. 4. Mau masuk Republik Cibubur? Tinggal di I.

Kalo duit lo berlebih, biasa naik mobil, dan pengen enak ke mana-mananya, tinggal di Zona E. Paling tengah-tengah, bisa ke sana ke mari tapi pake kendaraan pribadi.

Kalo pertimbangan lo anak transportasi umum banget? Tinggal-lah di area B dan C. transportasi umum ke Jakartanya banyak pilihan, dilewatin LRT pula kalo nanti udah jadi.

Zona Pemukiman Kota Bekasi. Istimewa

"Kata Mbak @FeniRose_ dalam memilih rumah/properti, hal yang paling penting adalah 5 L: LOKASI, LOKASI, LOKASI, LOKASI, dan LOKASI. Meski kerap dibilang hareudang, hareudang, panas-panas-panas, Kota Bekasi punya lokasi yang paling strategis ketimbang pinggiran Jakarta lainnya," terang akun tersebut yang dipantau Akurat.co, Senin (20/7/2020).

Akun ini juga memberikan epilog dan menegaskan bahwa panduan itu untuk Kota Bekasi bukan Kabupaten.

"SATU LAGI, Bekasi punya objek-objek wisata internasional," pungkas akun tersebut.

Hingga artikel ini dipublikasikan, unggahan tersebut pun telah di retweet oleh 11.200 akun, dan disukai 32.400 akun.[]

Editor: Prabawati Sriningrum

berita terkait

Image

News

Ganjil Genap Gagal Dongkrak Penumpang MRT

Image

News

Terlilit Masalah Finansial, Seorang IRT di Yogyakarta Bikin Laporan Palsu Ngaku Motornya Dirampas

Image

News

FOTO Diskusi MPR Bahas Reshuffle Kabinet dan Pemindahan Ibu Kota

Image

News

Pemkot Surabaya Dituding Hambat Pencairan Sisa Anggaran Pilkada 2020

Image

News

FOTO Warisan Dunia UNESCO Rusak Akibat Guyuran Hujan di Yaman

Image

News

DPR RI

31 Daerah Diprediksi Bakal Lawan Kotak Kosong, Komisi II: Ini Preseden Buruk!

Image

News

Wabah Corona

4 Fakta Penting Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani, Meninggal Usai Terinfeksi COVID-19

Image

News

Gerbang Tol Cikunir 4 Bakal Mulai Dioperasikan Selasa Besok

Image

News

Gibran Jokowi Kalah dari Kotak Kosong di Pilwalkot Solo Versi Survei Iwan Fals

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Ekonomi

5 Tips Atasi Rasa Takut Untuk Memulai Bisnis!

Jangan biarkan rasa takut menghalangi langkah Anda dalam membangun bisnis.

Image
Ekonomi

Berlindung dari Utang Selama Pandemi, Terapkan 5 Jurus Ini!

Utang sendiri bukanlah sesuatu yang buruk asal kemampuan Anda membayar utang tercatat lancar.

Image
Ekonomi

Anak Usaha Pelindo III Buka Lowongan Kerja Agustus 2020 di 5 Posisi, Tertarik?

PT Pelindo Daya Sejahtera yang merupakan anak usaha PT Pelindo III membuka lowongan kerja.

Image
Ekonomi

Katanya 7 Daftar Pekerjaan Ini Aman Saat Resesi!

Indonesia katanya tak luput juga dari ancaman resesi.

Image
Ekonomi

Progres Tol Semarang-Demak Seksi II Capai 10,56 Persen

Perkembangan pembangunan fisik proyek Tol Semarang-Demak Seksi II kini sudah mencapai 10,56 persen.

Image
Ekonomi
Wabah Corona

3 Fase Untuk Rangsang Pemulihan Ekonomi Bagi UMKM

Pentingnya gotong royong dan kolaborasi untuk memulihkan bisnis para pelaku UMKM dari pandemi COVID-19.

Image
Ekonomi

Presiden: Strategi Penanganan COVID-19 Cakup Wilayah Kecil Agar Ekonomi Tidak Terganggu Banyak

Presiden Joko Widodo mengatakan perlunya strategi penanganan dalam cakupan wilayah yang kecil.

Image
Ekonomi

Kuy Santuy Sembari Belajar Keuangan, Pantengin 5 Rekomendasi Serial Netflix Ini!

Imbauan untuk beraktivitas di dalam rumah mulai dari bekerja sampai belajar membuat orang tidak banyak memiliki cara untuk menghibur diri.

Image
Ekonomi
Wabah Corona

Perusahaan Pembiayaan Ini Pilih Beri Promo Bunga Rendah Hingga 0% di Tengah COVID-19

Program promosi dengan bunga rendah hingga 0% ini berlaku selama Agustus 2020.

Image
Ekonomi
Wabah Corona

Unilever Indonesia Gairahkan 150 Ribu UMKM Rentan Terdampak COVID-19

Semangat gotong royong dan kolaborasi antara pihak pemerintah dengan sektor swasta untuk membangkitkan UMKM.

terpopuler

  1. RSUP Fatmawati Diminta Tes Usap Tenaga Medisnya

  2. Seorang Dokter dan 19 Perawat di RSUP Fatmawati Diduga Positif Covid-19

  3. Isu Afgan Penyuka Sesama Jenis Mencuat Lagi, Kok Bisa?

  4. Tegang saat Akan Tes Swab, Ibu Ini Remas Bagian Intim Petugas Kesehatan

  5. 5 Fakta Unik Ultah ke-33 Arema, ASN Wajib Beratribut Arema

  6. BPJS Ketenagakerjaan Masih Kumpulkan Rekening Calon Penerima Subsidi Upah

  7. Temuan Bayi di Jati Pulo, Dina Berhasil Bohongi Warga Satu RW

  8. Ngarep Bantuan Rp600 Ribu dari Pemerintah, Begini Caranya!

  9. Mahasiswanya Berniat 'Membayar' karena Dapat Nilai E, Jawaban Dosen ini Menohok

  10. PM Lebanon Resmi Mundur, Akui Ledakan Disebabkan 'Hasil Korupsi'

fokus

Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM dan Inklusi Keuangan
UMKM Pahlawan Ekonomi
Strategi UMKM Berjaya di New Normal

kolom

Image
Dr. Made Saihu

Dakwah sebagai Jalan Hidup

Image
DR. ABDUL MUID N., MA

Menimbang Qiraa’ah Mubadalah untuk Kesetaraan Gender

Image
Achsanul Qosasi

Gerakan ABCD untuk Pemulihan Ekonomi

Image
UJANG KOMARUDIN

Demokrasi dalam Genggaman Oligarki

Wawancara

Image
Video

VIDEO Menristek Bambang Brodjonegoro Buka Bukaan | Siapkan 250 Juta Vaksin Covid-19 Dalam Setahun

Image
News

Menristek Bambang Brodjonegoro Buka Bukaan Siapkan 250 Juta Vaksin, Bisa Digunakan Pertengahan 2021

Image
Ekonomi

Eksklusif Memulihkan Perekonomian Desa dengan Digitalisasi dan Menggerakkan Anak Muda

Sosok

Image
Iptek

Lebih Dekat dengan Addison Rae Easterling, Dancer TikTok Paling Tajir Sejagad

Image
News

Usaha tak Khianati Hasil, Kisah Fredy Napitupulu, Pengusaha Muda Sukses Pemilik Stanbrain

Image
Ekonomi

6 Fakta Menarik Sumber Kekayaan Jerinx SID, Bisnis Clothing hingga Brand Ambassador Berbagai Produk