Entertainment

Curhatan Wanita Ini Bikin Warganet Iba, Gaji Rp2,5 Juta Harus Tanggung Orang Tua dan 2 Adik

Curhatan Wanita Ini Bikin Warganet Iba, Gaji Rp2,5 Juta Harus Tanggung Orang Tua dan 2 Adik
Gaji Rp2,5 juta harus tanggung keluarga (Twitter/@worksfess)

AKURAT.CO Menjadi tulang punggung keluarga bagi siapa pun tentunya bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika gaji yang didapatkan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan menjadi generasi sandwich atau generasi yang harus menanggung hidup 3 generasi yakni orang tuanya, dirinya sendiri, dan adik-adiknya. Seperti curahan hati seorang pengguna Twitter baru-baru ini. 

Ia membagikan kisah hidupnya menjadi tulang punggung yang harus menanggung biaya hidup keluarganya. Dalam unggahannya melalui akun @workfess itu ia menceritakan betapa beratnya menjadi pekerja pabrik dengan gaji yang pas-pasan. 

Dalam tangkapan layar itu tertulis jika ia adalah seorang wanita berusia 22 tahun yang saat ini bekerja di pabrik. 

"Gue cewe 22 tahun, kerja di pabrik cuma dapat 2,5 juta kalau lembur bisa 3 juta lah, kerja baru 3 tahun gak ada tabungan sama sekali," tulisnya. 

Ia menuliskan gajinya tersebut diserahkan untuk orang tuanya sebesar Rp1,5 juta, sedangkan sisanya harus ia hemat. Sementara itu ia juga harus ikut menanggung utang dari bank keliling dan juga rentenir. Selain itu ada tanggungan lain yakni dua adiknya yang masih sekolah masing-masing di jenjang SMA dan TK. 

"Tanggungan ortu juga banyak banget, adek gue 2 SMA sama TK, sekarang ibu gue hamil lagi udah 7 bulan pas di-USG calon bayi kembar. Stress banget, bapak juga serabutan sering judi, ibu sering utang sana-sini. Gali lobang tutup lobang," lanjutnya. 

Tak sampai di situ, sang adik yang masih duduk di bangku SMA juga terpaksa tak masuk sekolah karena tidak memiliki teman serta belum membayar uang bangunan dan seragam. 

Wanita tersebut juga mengatakan jika dirinya sudah lelah bekerja karena lingkungan kerjanya dia anggap kurang baik. Namun bagaimanapun ia harus tetap bekerja agar mendapat penghasilan untuk mencukupi kebutuhannya. Malangnya, sang ibu justru sering memakai namanya untuk mengajukan pinjaman kepada teman kerja si anak. Ia pun mengaku sangat bingung dan membutuhkan banyak dukungan. 

Sontak saja curhatan itu pun langsung menyita perhatian warganet. Bahkan tak sedikit yang memberikan saran agar dia merantau saja. 

"Kalau lagi sulit ngapain banyak anak ya? Malah anak yang kehilangan masa depan. Saran gua lu tinggalin rumah lu ngekos. Kasih ke ortu batasin saja dari sekarang. Kalau perlu jangan kasih dulu biar mereka paham," tulis akun @tisy****. 

Salah satu pengguna Twitter lainnya mengatakan agar wanita tersebut untuk bisa bertahan. 

"Mbaa, jangan lupa makan ya, minumnya juga yang cukup, tidur yang cukup, jangan sering begadang ya, pake selimut biar nyaman, kalo gak bisa tidur, coba bayangin Allah lagi elus-elus kepala kamu bilang kalo sayang kamu, gak papa ya cape, pusing, abis ini kelar kok Insya Allah, bertahan ya?," ujar akun @hang*****. 

Ada juga yang menyarankan untuk mengikuti kelas-kelas online agar bisa mengasah kemampuan. 

"Nder aku ada saran: habis kerja coba belajar kelas-kelas online, belajar rumus-rumus excel, nonton video leadership atau belajar software baru, pas udah punya skill langsung lamar-lamar lagi nder," imbuh akun @mi****. 

Ia pun mendapatkan banyak sekali dukungan dari warganet. Hingga saat ini cuitan tersebut telah di-retweet 603 kali dan mendapat lebih dari 7,2 ribu like.[]