Entertainment

Curhat Teman Pinjam BPKB untuk Lunasi Utang, Bikin Warganet Geram

Seorang warganet curhat mengenai temannya yang berniat meminjam BPKB mobil untuk melunasi hutang.


Curhat Teman Pinjam BPKB untuk Lunasi Utang, Bikin Warganet Geram
Pinjam BPKB untuk lunasi utang (Twitter/@tradingforlyf)

AKURAT.CO Setiap orang dituntut mampu mengelola keuangannya. Mulai dari harus menghemat pengeluaran, menabung, mengatur porsi hiburan, dan lainnya. Akan tetapi tidak sedikit yang masih mengandalkan 'pihak luar' untuk menyokong kehidupan, salah satunya dengan cara berutang. 

Hal tersebut merupakan cara yang dilakukan seseorang jika sudah merasa kepepet. Fenomena seperti ini memang sudah biasa terjadi di masyarakat. Bukan hanya uang, namun barang berharga lainnya juga bisa menjadi sasaran pinjaman. Seperti unggahan akun Twitter bernama @tradingforlyf mengenai seorang temannya yang berniat meminjam BPKB. 

Cuitan berupa tangkapan layar sebuah percakapan singkat itu menunjukkan ketika seorang temannya ingin meminjam BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) mobil. Tujuannya adalah untuk membayar utang. Peminjam itu juga berencana untuk membayarkan pajak mobil tersebut selama menanggung cicilan. 

baca juga:

Dalam utasnya tersebut akun @tradingforlyf juga menyatakan jika mereka bukanlah teman dekat. Bahkan ia mengira bahwa ini adalah April Mop. 

Unggahan tersebut lantas ramai dan mendapat berbagai respon dari warganet. 

"Pengen nyoba dapet yang minjem gini, bakal kutantang, tanda tangan hitam di atas putih, suruh dia bawa 2 saksi, 1 ahli waris dia, 1 notaris, serah terima divideokan sebagai arsip. Kalau bener butuh dan amanah, syarat kayak gini gak bakal berat buat dia," tulis akun @cumaburuhketik. 

Rupanya peminjaman BPKB sebagai jaminan juga dialami salah satu warganet. 

"Jangankan temen yang gak deket2 amat. Ipar yang minjem BPKB aja motor gw bablas. Mana gw ga tau krn BPKB disimpen ibu. Tau2 ada DC ke kantor narik motor gw krn nunggak 6 bulan. Bengong, bingung dan kaget deh gw ," ungkap akun @Bararabay. 

Tidak sedikit juga warganet yang turut bercerita mengenai pengalaman utang piutang. 

"Dah kek mantanku dulu. Dia pake KTP dan nomerku untuk pinjol, begonya aku bantu karena memang waktu itu dia abis di-PHK dari kerjaannya, eh pas jatoh tempo WA ku malah diblokir, dianya kabur, tau tau jalan sama cewe lain, dan aku yg tanggung jawab kesusahan bayar. Amazing spiderman~," curhat akun @2ndbbygrl. 

Hingga saat ini cuitan tersebut telah di-retweet sebanyak 15 ribu kali dan mendapat lebih dari 45 ribu like.[]