Entertainment

Cerita Pahit Sandy Canester Sepi Job Ditengah Pandemi Covid-19

Sandy Canester masih tetap berkarya ditengah pandemi covid-19


Cerita Pahit Sandy Canester Sepi Job Ditengah Pandemi Covid-19
Sandy Canester (Instagram)

AKURAT.CO, Pandemi Covid-19 belum berakhir. Kini semakin menjadi pukulan bagi semua pihak dari latar belakang yang berbeda, salah satunya adalah musisi. Mereka terpukul karena tidak ada lagi Job manggung. Pada akhirnya pendapatan minim. 

Hal itu dirasakan oleh musisi Sandy Canester, yang juga sekaligus Composer dan Produser. Sandy mengaku dirinya tidak memiliki pendapatan dari bermusik.

Sehinga Sandy mengaku pada akhirnya dirinya menggunakan uang tabungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Kalau pengalaman bermusik di panggung, offair, udah otomatis (rasakan imbasnya), karena hampir semua musisi itu tidak bisa manggung seperti sedia kala. Jadi kita sebagai musisi tidak bisa mengharapkan pendapatan dari manggung, walaupun ada sesekali, itu pun virtual," kata Sandy Canester kepada AKURAT.CO dalam program SOROTAN secara live Instagram, Selasa (4/8/2021). 

Selama tidak manggung, Sandy menceritakan dirinya akhirnya menghabiskan waktu di studio untuk garap album terbaru. Sehingga, Sandy mengatakan selama ini untuk hidup, ya menghandalkan uang tabungan saja, yang sebetulnya seiring berjalan akan habis. 

"Gue pribadi menghabiskan waktu di studio, bikin sesuatu yang bermanfaat buat gue. Terus kita bertahan hidup dari tabungan," ucap Sandy. 

Meski demikian, Sandy merasa nyaman-nyaman saja karena pada akhirnya tetap berkarya. Sandy menjelaskan dirinya juga telah menyelesaikan single terbaru berjudul 'Semoga Cepat Berakhir'. 

"Ada beberapa projek yang gue kerjain beberapa waktu lalu. Yang Alhamdulillah cukup membantu. Gue projust lagu, musik. Salah satunya merampungkan album, InsyaAllah tahun ini rilis. Sama rilis semoga cepat berakhir," imbuhnya. 

Terkait bagaimana tentang masih bergantung pada uang tabungan? Sandy pun tidak mau mempusingkan diri dengan hal tersebut. Menurut Sandy, selama masih bisa berusaha dan berdoa, maka rezeki akan selalu ada.   

"Saya sih gak mau mikirin kedepannya gimana. Kalau dari saya sendiri, saya meyakini bahwa selama kita hidup dan berusaha, maka rezeki itu akan datang," tuturnya. 

"Jadi saya personal gak pernah mikirin besok gimana. Karena prinsipnya, selagi kita berusaha, dan berdoa, pasti rezeki akan datang dari mana aja. Karena kalau dipikirin, itu justru menganggu saya sebagai seniman. Malah saya gak bisa bikin karya," tambah dia. 

Ia melanjutkan, sesuatu yang akan terjadi kedepannya adalah misteri dan dirinya tidak ingin menduga-duga. Yang penting, Sandy menyadari bahwa Pandemi Covid-19 harus segera diakhiri.  

"Terus kita juga nggak tahu, kalau mau bikin kedepannya apa dan seperti apa. Tapi kalau saya yakini, kita sama-sama sadar bahwa ini memang harus diakhiri. Gimana cara mengakhirinya, ayok sama-sama ikut satu komando untuk saat ini," bebernya. 

"Darurat itu harus perintah komando yang memberikan kebijakan dalam hal ini pemerintah. Dan ikuti sampai batas, dimana kebijakan ini berlaku. Kita memang harus ikutin," sambungnya. []