Lifestyle

Cara Zaskia Mecca Bikin 3 Anaknya Mandiri Hindari Kekambuhan Asma


Cara Zaskia Mecca Bikin 3 Anaknya Mandiri Hindari Kekambuhan Asma
Zaskia Adya Mecca bersama keluarga (INSTAGRAM/zaskiadyamecca)

AKURAT.CO, Bagi penderita asma, pengobatannya tidak hanya berfokus pada minum obat saja, melaikan mengontrol pemicunya.

Nah, para penderita asma dewasa akan mengerti dan paham dengan lebih mudah akan hal tersebut. Namun bagaimana dengan anak-anak?

Bukan hal mudah pastinya untuk membuat sang buah hati pengidap asma memahami konsep mengontrol pemicu ini.

Kesulitan tersebut juga sempat dirasakan aktris cantik Zaskia Adya Mecca yang memiliki tiga anak dengan asma sejak kecil.

"Tadinya susah banget aku kasih tahu untuk hindari pemicunya. Apalagi kalau pemicunya yang mereka suka, tetap ngeyel," katanya kepada AkuratHealth, di Oriental Mandari Hotel, Jakarta Pusat, Senin, (14/10).

Tapi berbekal keyakinan yang kuat bahwa sebenarnya anak-anak bisa paham dan bisa diajak bicara secara dewasa, ia tetap memberi informasi sedetail-detailnya tentang apa saja yang akan membuat asma mereka akan kambuh. Hal itu ia lakukannya berulang kali.

"Setiap anak kan pemicunya beda-beda. Di anak aku, ketika ada yang lagi pengen banget misalnya makan sesuatu, padahal tahu itu pemicunya, kadang aku kasih sedikit aja," ujarnya.

"Habis itu tiba-tiba kumat. Ketika udah kumat, aku kasih penjelasan lagi, 'Itu efek karena kamu tetap pengan makan apa yang gak bisa kamu makan' Dan aku minta agar anak mengingat rasa gak enaknya itu," lanjutnya.

Menurutnya, memang terkadang memberi penjelasan kepada anak harus dibarengi dengan praktek. Ketika anak sudah menemukan momen tak mengenakan saat kambuh, mereka nanti akan menghindari itu dengan sendirinya.

"Usianya Kaba baru 3 tahun lho. Di dua tahun, udah aku kasih pengertian 'Biar gak kumat, gak boleh makan ini ini ini. Kamu nggak boleh pegang binatang ini, jadi dia sudah tahu. Daripada dia harus minum obat pahit, harus uap, sesak nafas, dia lebih baik menghindari," tutupnya.[]