Entertainment

Bikin Haru! Kisah Kebaikan Warga Penuhi Kebutuhan Pasien Isoman, Sediakan Makan hingga Oksigen

Kondisi ini telah jauh berbeda dibanding masa awal pandemi


Bikin Haru! Kisah Kebaikan Warga Penuhi Kebutuhan Pasien Isoman, Sediakan Makan hingga Oksigen
Kisah kebaikan tetangga penuhi kebutuhan pasien isoman. (Twitter @SeputarTetangga)

AKURAT.CO, Kisah kebaikan warga membantu sesamanya yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terkonfirmasi positif COVID-19 belakangan ini kerap terdengar. Bentuk perhatian dan kepedulian yang umumnya diberikan para tetangga adalah mengirimkan makanan pada pasien isoman.

Kondisi ini telah jauh berbeda dibanding masa awal pandemi, di mana positif COVID-19 dianggap sebagai aib dan ada pula kelompok warga yang mengusir para tenaga kesehatan garda depan penanganan COVID-19 dari lingkungan tempat tinggalnya.  

Nah, kisah kebaikan warga berikut ini yang diungkap lewat akun Twitter @SeputarTetangga juga tak kalah bikin haru. Diceritakan, pasien positif tersebut adalah seorang nenek yang juga memiliki penyakit bawaan berupa katarak. Sedangkan, sang tante yang kerap mengurusi si nenek juga ikut terpapar COVID-19. Sang nenek terpaksa dirawat di rumah karena rumah sakit penuh, sedangkan sang tante isoman sendiri di tempat terpisah.

Warga yang mengetahui kabar ini pun mengulurkan bantuan, mulai dari menyediakan makan pagi sampai malam, buah-buahan, vitamin, bahkan kebutuhan oksigen. Semuanya diberikan secara cuma-cuma dengan menggunakan kas RT. Dengan melapor ke pengurus RT saat terkonfirmasi positif COVID-19, pasien isoman akan diurus oleh warga sampai sembuh.

"Yak siap-siap abis ini harga rumah di situ naik. Hari gini nyari rumah bukan urusan fasilitas di kompleknya, tapi kualitas attitude tetangganya," komentar @serojargv.

"Terharu banget bacanya, panjang umur dan sehat selalu ya orang-orang baik. Punya tetangga baik dan support kaya gini juga rezeki. Keren banget rt kamu nder tanggung jawab uang kas warga gak di tilep atau dipake yg macem2 sehat2 pak RT dan warga sekitar," balas @itsmeism.

"Gw jugaa gitu, dikasih 50rbu sehari utk belanjaa. Kasihnya ke tukang sayur lgs ntr mama tnggal wa aja mau dibeliin apaa, digantung dah sayurannya di pagar.

Gak RT gak tetangga, gak gereja gak punguan semua ngasih bantuan. 2 bulan baru habis tuh sembako. Waktu itu isolasi dirumah singgah, ada tetangga muter2 nyari kelap ijo buat dikriim ke rumah singgah.

Yg drop buah2an sama makanan ada temen adek yg nganterin. Temen kantor kirim logistik. Terharu sihh. Top dah tetangga sini. Jadi gak stress mikirin kebutuhan," papar @mataharisenja03 mengisahkan pengalaman serupa.

"Ehh aku semarang juga wkwk dan waktu adekku postif juga bener2 dibantu sama tetangga. Dikirim sembako banyak bgtt, gula kiloan sampe 3 pcs, beras, telur, dll banyak bgttt. I'm so grateful for my neighbours jangan2 kita se RT WKWKWKWK," curhat @moonieandawn.

Di akhir ceritanya, tak lupa sender mengucapkan terima kasih pada para warga. []