Entertainment

5 Fakta Luna Maya Kena Penipuan Online, Merasa Dihipnotis hingga Rugi Rp2 Juta

Luna Maya baru saja menjadi korban penipuan online, yang membuatnya kehilangan uang hingga jutaan rupiah.


5 Fakta Luna Maya Kena Penipuan Online, Merasa Dihipnotis hingga Rugi Rp2 Juta
Fakta Luna Maya menjadi korban penipuan (YouTube/Luna Maya)

AKURAT.CO Model sekaligus aktris Luna Maya baru saja menjadi korban penipuan online, yang membuatnya kehilangan uang hingga jutaan rupiah.

Hal tersebut diungkapkan mantan kekasih Ariel Noah ini, dalam unggahan video di kanal YouTube-nya, dengan judul 'Kena Tipu! Pengen Untung Malah Buntung', yang diunggah pada Selasa (1/2) kemarin.

Dalam pengakuannya, Luna menyebut jika pelaku penipuan melakukan aksinya dengan cukup rapi. Berikut beberapa fakta mengenai Luna Maya yang jadi korban penipuan.

baca juga:

1. Modus hadiah dari provider operator seluler

Menurut Luna, ia menjadi korban penipuan setelah mendapatkan telepon dari seseorang yang mengaku sebagai perwakilan provider operator seluler.

"Ternyata aku baru kena tipu guys. Wah gila gua baru dapat notifikasi, gua barusan ditelepon nih," ujar Luna Maya, dikutip AKURAT.CO dari kanal YouTube Luna Maya, Rabu (2/2).

"Jadi gua ditelepon terus dia bilang, orang dari Telkomsel, Telkomsel poin. Gua tahu Telkomsel poin gua emang banyak dan jarang gua pakai," lanjut Luna.

2. Luna sudah curiga itu penipuan

Sebelumnya, Luna juga mengaku sudah menaruh curiga dengan nomor yang dipakai penipu untuk menghubunginya. Pasalnya, angka depan nomor tersebut ialah +1, yang bukan merupakan nomor identitas pengguna Indonesia.

"Sebenarnya gua udah curiga, nomor teleponnya tuh kosong plus satu," ujar Luna Maya.

3. Diiming-imingi gratis telepon 3 bulan dan uang Rp800 ribu

Menurut Luna, dalam melancarkan aksinya si penipu memberikan iming-iming gratis telepon selama 3 bulan, dan uang Rp800 ribu.

"Gua diarahin, dia bilang tiga bulan gratis biaya telepon. Terus ada sisa 800 poin itu bisa diuangkan," cerita Luna Maya.

Mendapat penjelasan tersebut, Luna pun setuju dan kemudian diarahkan untuk melakukan transaksi di e-banking.

4. Merasa seperti dihipnotis

Luna menyebut, tanpa disadari ia kemudian diminta memberikan kode OTP yang telah dikirimkan ke ponselnya. Menurut Luna, saat itu dirinya merasa dihipnotis sehingga menurut begitu saja dengan perintah si penipu.

"Bener sih, kalau orang bilang itu ada dihipnotisnya. Gua yakin kayaknya iya. Kayak kita dibikin sibuk terus, disuruh ngikutin terus," ungkap Luna Maya.

5. Rugi hampir Rp2 juta

Menurut Luna, ia sempat diminta memasukkan angka dimulai dari 1 kemudian 9, dan deretan angka cukup banyak. Beruntung, Luna membatasi angka tersebut hingga hanya tertipu sebesar Rp1.989.268, atau hampir Rp2 juta.

Menurut Luna, jika ia terus mengikuti memasukkan angka yang diminta, tidak menutup kemungkinan angkanya bisa mencapai belasan hingga ratusan juta.

"Gua disuruh (memasukkan nominal) 1,9. Itu kalau misalkan gua nolnya banyak, itu Rp19 juta atau Rp190 juta," ungkap Luna.

Luna pun mengaku, pengalamannya menjadi korban penipuan menjadikannya kini lebih berati-hati ketika mendapatkan kabar hadiah atau semacamnya.[]