Ekonomi

5 Aturan Dasar Kekayaan Harus Kamu Patuhi, Kalau Mau Jadi Sultan Kaya Raya!

Menjadi orang tajir bak sultan kaya raya tentu diidamkan oleh setiap insan


5 Aturan Dasar Kekayaan Harus Kamu Patuhi, Kalau Mau Jadi Sultan Kaya Raya!
Ilustrasi orang kaya bak sultan kaya raya (satuterpenting.com)

AKURAT.CO Menjadi orang tajir bak sultan kaya raya tentu diidamkan oleh setiap insan. Tentu untuk menjadi bak sultan kaya raya itu bukan perkara mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil juga kok asalkan kamu punya tekad kuat dan disiplin dalam mengatur keuanganmu sendiri.

Sejatinya kalau mau jadi orang cepat kaya layaknya sultan kaya raya ya harus berusaha keras untuk mencapai finansial yang aman. Salah satunya yakni mengatur keuangan secara ciamik. Enggak jarang untuk menggapai keuangan yang sukses maka harus melakukan terapi keuangan.

Kamu harus selalu mau untuk menjaga kesehatan keuanganmu, jangan sampai ketika keadaan sedang genting kamu tidak memiliki biaya untuk menutupinya. Ketersediaan dana darurat begitu penting untuk tetap menjaga keuangan stabil dan dapat menenangkan hidup.

Apalagi untuk menghadapi hingga menjamin keuangan di masa depan. Perlu banget tuh untuk tetap kamu pikirkan, meski usiamu masih remaja sekalipun.

Buat insan yang biasa boros, mengatur keuangan dan menjaganya secara ketat memang menjadi sebuah tantangan. Tapi kebiasaan itu semua bisa diubah kok, asalkan kamu mau bertekad kuat untuk komitmen menjaga keuanganmu dengan seksama.

Selain ada aturan yang dibuat supaya orang bisa taat dan teratur dalam menjalani hidup. Termasuk aturan yang berlaku terhadap keuanganmu.

Ketika dalam perihal keuangan enggak ada aturan yang bisa membimbing kamu, maka hasilnya juga akan lebih banyak kemungkinan buruknya.

Berbeda kalau kamu menjalani aturan yang ada dengan konsisten, maka hasilnya juga akan membayar usahamu kok!

Melansir dari laman Instagram @bankbahtera, ada sejumlah aturan dasar kekayaan untuk menjadi sultan kaya raya. Penasaran, apa saja sih aturan? Yuk mari kita simak!

Peraturan Pertama

Kamu harus membuat uang yang bekerja untuk kamu. Jangan kamu terus yang bekerja untuk uang. Investasikan uang kamu sejak dini di banyak aset.

Orang-orang seperti Bill Gates dan Warren Buffett, selain aktif dalam dunia filantropis juga rajin investasi dalam membeli dan membaca buku. Uang bukanlah hal utama untuk diwariskan, karena harganya tergantung dari bagaimana kamu meraihnya.

Karena orang kaya itu pasti tidak cuma punya satu keran penghasilan. Mereka punya yang namanya penghasilan pasif.

Kamu bisa tiru hal ini, jadi tidak perlu melakukan banyak pekerjaan yang lainnya. Tapi ada uang yang mengalir ke rekening kamu.

Misalnya, lewat investasi, deposito, sewa kos-kosan, sewa kamera dan yang lainnya. Kamu bisa memanfaatkan hobi kamu juga lho untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar mampu melipat gandakan pendapatanmu.

Contohnya juga buat kamu yang hobi fotografi kamu bisa buka jasa fotografer, hobi bikin kue bisa buka bisnis kue kecil-kecilan, atau bahkan hobi desain bisa buka jasa desain konten. Menyenangkan bukan, selain menyalurkan hobi kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari hobimu.

Peraturan Kedua

Hindari utang. Orang bermental miskin biasanya akan terjebak dengan bunga dari pinjaman. Seharusnya bunga itu memberikan keuntungan untuk kamu!

Kalau bisa sebelum punya utang, kamu harus memikirkan secara matang banget untuk apa utang yang akan kamu ajukan. Ngutang haruslah untuk kebutuhan penting yang memang mendesak.

Ingatlah selalu tujuanmu, dengan begitu kamu akan lebih disiplin dan bijak dalam menggunakan uangmu. Jangan sampai deh kamu ngutang demi untuk memaksakan diri mengikuti gaya hidup orang lain agar dipandang.

Buang gengsimu deh, kamu harus bisa bijak mengeluarkan uangmu untuk gaya hidupmu. Sesuaikanlah gaya hidupmu dengan penghasilanmu.

Peraturan Ketiga

Jangan berekspektasi bisa langsung cepat kaya dari investasi. Investasi itu perlu, tapi ada prosesnya dan itu tidak pernah tetap.

Kamu harus punya pendapatan pasti juga seperti gaji atau dari berbisnis. Jadi jangan sampai deh kamu menghamburkan uang karena pede gajimu udah tinggi maupun bisnismu masih laris manis.

Karena disadari atau enggak hati-hati itu malah akan menjadi kebiasaan loh. Nantinya malah bisa bikin ambyar keuanganmu di masa depan.

Peraturan Keempat

Investasikan diri kamu. Kamu harus terus meningkatkan pengetahuan dan skil yang berguna untuk dirimu sendiri di masa depan.

Kamu bisa ikut pelatihan atau sharing dengan orang sukses. Selain itu, kamu bisa ikut seminar atau membaca buku.

Tanpa pengetahuan, kamu bisa saja terjebak dalam fase stagnan atau mentok tanpa adanya solusi yang bisa kamu pikirkan. Karena mendongkrak kemampuan diri, tentu untuk masa depan kamu juga kan.

Semakin kamu mengupdate kemampuan yang kamu miliki, maka akan semakin hebat juga kamu di masa depan. Bukan enggak mungkin kan kamu bisa jadi sultan kaya raya dan sukses nantinya.

Peraturan Kelima

Lindungi diri kamu dari risiko kehilangan uang yang besar dengan asuransi. Jangan menganggap sepele asuransi, karena kejadian buruk di masa depan tidak ada yang akan tau.

BPJS memang bisa melindungi saat sakit dan butuh mengeluarkan biaya besar. Tapi, yang benar adalah bahwa kamu harus bisa melindungi semua hal yang kamu rasa penting, seperti asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan lain-lain.

Jadi biar hatimu tenang, mulai sekarang pikirkan deh untuk mengalokasikan penghasilanmu untuk asuransi lain. Biar nanti enggak kelabakan kalau terjadi sesuatu yang tak terduga. 

Kalau cita-cita jadi sultan kaya raya terwujud, jangan pernah langgar peraturan ini ya dan lihat hasilnya!.[]