image
Login / Sign Up

Sisi Lain di Balik Wajah Seram Egi Fedly

Rahma Maulidia

Image

Aktor Egy Fedly berpose untuk difoto saat dijumpai di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Sabtu (12/1/2019). Kendati lebih terkenal sebagai aktor, Egy Fedly ternyata menempuh jurusan seni rupa semasa kuliah. Aktor yang terkenal dengan peran antagonis itu juga memiliki ketertarikan dengan musik beraliran 'country'. Bahkan ia telah menciptakan lebih dari 30 lagu. | AKURAT.CO/Endra Prakoso

AKURAT.CO Ketika mendengar nama Egi Fedly, mungkin sebagian orang akan muncul pertanyaan siapa sosok tersebut. Namun, ketika sudah melihat wajahnya, tentu banyak orang mengenalinya.

Ya, Egi merupakan aktor yang dikenal sering memainkan peran antagonis dalam beberapa film. Namun, siapa sangka jika pria kelahiran Bandung itu sudah berkecimpung di dunia seni peran sejak tahun 1995.

Sebelum terjun ke dunia seni peran, Egi sama sekali tidak memiliki ilmu dasar mengenai seni peran. Diketahui, pria 62 tahun itu justru sekolah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan mengambil jurusan Seni Rupa.

baca juga:

Egi mulai masuk di IKJ pada tahun 1978, saat itu namanya bukan IKJ melainkan LPKJ (Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta). Satu-satunya kampus seni di Indonesia yang memiliki lima jurusan berbeda. Sayangnya, Egi memilih untuk tidak menyelesaikan sekolahnya yang diakhiri pada tahun 1983.

Satu tahun menjalani masa perkuliahan, Egi mulai mengenal dunia seni peran. Hal ini berawal ketika teman sejawatnya menawarkan untuk ikut berperan dalam teater yang diadakan oleh dosennya, di kampus. Meski hanya menjadi seorang figuran dan tanpa bertutur kata, namun rupanya Egi begitu menikmatinya.

Sejak saat itulah, seorang Egi Fedly mulai jatuh cinta dengan seni peran. Baginya saat ini, seni rupa adalah hobi sementara seni peran adalah profesi. Dua hal yang berbeda, yang tidak akan dipersatukannya, menurut idealismenya.

Hingga saat ini, sudah banyak sekali sinetron dan film layar lebar yang dibintanginya. Beberapa tahun belakangan, film yang dibintanginya yang berhasil meraih banyak penghargaan yakni film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dan Pengabdi Setan.

Meski selalu berperan sebagai sosok yang berbau mistis serta karakternya yang antagonis, namun siapa sangka bahwa stigma yang demikian berbanding terbalik ketika tim AKURAT.CO menemui kediamannya, dan berbincang-bincang sambil minum kopi dengannya.

Egy Fedly. AKURAT.CO/Endra Prakoso

Sosok Egi Fedly yang Berbanding Terbalik dengan Stigmanya

Pada Sabtu, 12 Januari 2019 lalu, Tim AKURAT.CO menemui Egi Fedly di kediamannya yang berada di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Kami banyak berbincang-bincang mengenai kehidupannya di balik kesibukannya di dunia seni peran. Ternyata, hatinya tidak seseram penampilannya.

Dengan rambutnya yang gondrong, jenggotnya yang lebat serta raut wajahnya yang tegas, Egi ternyata sosok yang bersahabat dan ramah kepada siapapun. Kami pun dijamunya dengan sangat menyenangkan.

Salah satu dari kami sempat berboncengan menaiki kendaraan roda doa dengan Egi Fedly. Dari kediamannya, kami langsung beranjak ke sebuah kafe yang berada tak jauh dari kediamannya untuk berbincang-bincang lebih nyaman. Kafe itu milik salah seorang produser yang tidak sempat disebutkan namanya.

Dari situlah, kami mengungkap beberapa fakta sosok Egi yang sebenarnya.

- Pecinta Hewan

Egi yang saat itu mengenakan jeans biru serta kaos berwarna hitam, dipenuhi dengan bulu-bulu yang menempel di pakaiannya itu. Sambil mengendarai kendaraan menuju kafe, salah satu kami mempertanyakan dari mana asal bulu berwarna pirang yang menempel itu.

“Om Egi, pelihara kucing ya? Bajunya banyak bulu nempel,” tanya tim AKURAT.CO.

Egi Fedly pun menjawab bahwa ia memang memelihara kucing dan anjing dalam rumahnya.

“Iya, di rumah ada kucing sama anjing. Tadinya mereka nggak akur, tapi sekarang udah akrab,” jawabnya.

Egi Fedly. AKURAT.CO/Rahma Maulidia

Tak berselang lama, kami langsung sampai di kafe tersebut. Tanpa basa basi, obrolan kami pun langsung mengalir begitu saja, sembari memesan minuman yang tersedia di daftar menu kafe itu.

- Pecinta musik hingga terjun ke dunia seni peran

Egy Fedly. AKURAT.CO/Endra Prakoso

Kami berbincang mengenai bagaimana latar belakangnya sebelum tenggelam di dunia seni peran. Sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP), Egi mengaku memiliki hobi bermain musik, ia sudah mulai membuat grup musik dan memiliki kesukaan berbagai musik pop pada saat itu.

Ia bahkan sempat membuat grup musik bersama penyanyi legendaris, Iwan Fals yang bernama Country Babadotan. Sayangnya, karir mereka tak sejalan, Egi lebih banyak berkecimpung dalam seni peran daripada seni musik, sementara Iwan Fals tetap pada jalurnya.

Ya, Egi memang hanya menilai musik adalah hobinya yang tidak untuk dikomersilkan, sama seperti Seni Rupa yang ia pelajarinya semasa kuliah.

Egi Fedly bermain musik bersama Iwan Fals. DOK. Egi Fedly

Selain itu, Egi juga menceritakan bagaimana ia begitu mencintai dunia seni rupa. Dua kali ia gagal ketika mencoba masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB), ia juga sempat salah mengambil jurusan di salah satu universitas, di mana saat itu ia asal memilih jurusan, yakni publisistik, jurusan dimana para calon jurnalis menimba ilmunya.

Hingga akhirnya ia berhasil menemukan jati dirinya di IKJ yang pada saat itu bernama LPKJ dengan mengambil jurusan impiannya, seni rupa.

­- Kisah percintaan Egi Fedly yang unik

Pria yang memiliki hobi bermusik itu juga sempat menceritakan bagaimana kisah uniknya ketika hendak menikahi seorang wanita. Sambil tertawa dengan raut wajahnya yang serius, Egi menceritakan bagaimana kisahnya.

“Jadi waktu itu temen gua bilang ‘kayaknya lo cocok deh sama dia’, pas gua liat ‘wah iya manis orangnya’. Terus gua telpon dia, gua ajak ketemu, langsung gua tanya ‘begini, kayaknya gua suka sama elu, lu mao nggak kawin sama gua?’ tu cewek kaget, akhirnya dia minta waktu seminggu. Pas udah seminggu, gua telpon minta jawabannya, terus dia minta waktu lagi satu hari, besoknya dia yang telpon gua, kata dia ‘iya deh, saya mau’, gitu hahahaha,” singkat ceritanya yang sambil menenggak kopi.

Hanya jeda satu bulan sejak pertemuan singkat itu, pernikahan Egi Fedly dengan wanita bernama Yanti Pane, juniornya di bawahnya 10 tahun itu akhirnya berlangsung. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai dua orang anak, sementara Egi juga memiliki satu orang anak dari pernikahan sebelumnya.

Dari pernikahan sebelumnya, Egi mengaku berpacaran selama lima tahun, kemudian menikah selama lima tahun. Sayangnya, mereka memilih untuk mengakhiri rumah tangganya, lantaran selama sepuluh tahun bersama, rupanya sang istri belum mengenal seperti apa Egi Fedly, begitu pun sebaliknya.

- Stigma Egi Fedly yang katanya antagonis

Pembicaraan pun berlanjut bagaimana Egi dicap sebagai aktor langganan dengan karakter antagonisnya. Dirinya mengaku merasa dirugikan lantaran tidak diberi kesempatan untuk memainkan karakter lainnya.

“Iya. Merasa ‘lo pikir gua nggak bisa main komedi?’ gitu, lo pikir gua nggak bisa main serius, jadi detektif kek. Kenapa orang nggak mau nyoba? Kalo dikita reserse mungkin ya. Atau gua jadi ya peran-peran yang lain lah. Banyak produser, orang casting, sutradara menggampangkan ‘udah udah dia aja udah pasti bener, udah pasti pas’,” ujarnya penuh kecewa.

Padahal, selama berbincang dengan Egi Fedly, kami sama sekali tidak melihat sosok pria berdarah dingin seperti yang diperankannya selama ini dalam beberapa filmnya. Bapak tiga anak itu sangat humble, asik diajak berbincang-bincang dan bercanda gurau. Bahkan, kami sempat meminta Egi untuk berpose bak malaikat, dan ia pun tampak menikmatinya.

Egy Fedly. AKURAT.CO/Endra Prakoso

Sementara itu, Egi juga mengaku selama menjadi aktor, dirinya sama sekali tidak pernah memiliki latar belakang yang jelas, ia juga tidak pernah diberikan pendamping hidup dalam skenario.

“Gua jarang banget dikasih bini. Iya, pasangan. Di film apa gua punya istri? Nggak pernah! Emang preman bukan manusia? Nggak punya bini apa? ‘Lu bener-bener lu ya’, padahal perannya beda-beda, ini kali kesekian dan gua nggak pernah dikasih istri. Keluarga gua nggak jelas, kan harus jelas harusnya struktur itu, kenapa gua jahat? Kenapa gua jahatnya kayak gini, latar belakangnya apa, bini gua sapah? Nggak punya anak, nggak punya kakak?” keluhnya.

Diakuinya, dari sekian banyak film yang ia perankan, hanya Joko Anwar, sutradara film kondang yang baru memberikannya latar belakang. Dalam hal ini, tentunya film Pengabdi Setan yang membuatnya merasa diakui.

“Baru satu atau dua orang yang ngasih latar belakang buat gua, baru Joko Anwar yang ngasih. ‘bang, ini abang tuh bukan sekolah jurnalis, abang sekolahnya ekonomi, tapi gagal,” jelasnya.

Egi berharap, suatu saat ia dapat diberi kesempatan oleh produser atau sutradara untuk memainkan karakter lain demi mengembangkan kariernya. []

Editor: Erizky Bagus Zuhair

berita terkait

komentar

Image

2 komentar

Image
Pshuu chan

Kesini karna mau liat joje.( ˶ˆ꒳ˆ˵ )

Image
Resta Apriatami

iya ini nih om-om yang perannya kayak om torro margens

terkini

Image
Hiburan

Siap-Siap, Bumilangit Cinematic Universe Akan Rilis Superhero Indonesia!

Di Indonesia ada lebih dari 1.000 karakter superhero legendaris yang dimulai sejak letusan Toba pada 75.000 sebelum masehi (SM)

Image
Hiburan

Siap-Siap, Banyak Film Superhero Asli Indonesia yang Akan Rilis Hingga 2025!

Di Indonesia ada lebih dari 1.000 karakter superhero legendaris yang dimulai sejak letusan Toba pada 75.000 sebelum masehi (SM)

Image
Hiburan

7 Potret Menggemaskan Anak Artis saat Naik Sepeda, Bikin Gemas!

Lihat deh betapa menggemaskannya anak-anak artis ini saat main sepeda, ada Mikaila, Bjorka, hingga Bhai Kaba

Image
Hiburan

Disambut Gembira Penonton, 5 Artis Ini Kembali ke Dunia Hiburan Setelah Vakum

Setelah menikah, Raihaanun memutuskan untuk vakum dari dunia hiburan. Kini, ia kembali melalui film "27 Steps of May"

Image
Hiburan

Lahir Secara Caesar, Poppy Sovia Sempat Alami Sindrom Baby Blues

Poppy Sovia takut lihat bekas jahitan belum kering.

Image
Hiburan

Kuasa Hukum Pablo Benua - Rey Utami Tuntut Bayaran

Andar Situmorang menilai pencabutan surat kuasa hukum yang dilakukan Pablo - Rey Utami tidak sah.

Image
Hiburan

Minta Dibawakan Buku, Steve Emmanual Aktif Menulis Naskah Dalam Penjara

Steve Emmanuel tetap membuat karya meskipun berada dalam penjara.

Image
Hiburan

Segera Rilis, 5 Film Horor Indonesia Ini Siap 'Gentayangan' di Bioskop

Penggemar film horor, siap-siap!

Image
Hiburan

Aksi Solidaritas Pesepeda Cilik Terhadap Temannya ini Bikin Hati Meleleh

Aksi solidaritasnya bikin kagum dan salut.

Image
Hiburan

Bryan Domani dan Megan Domani Disangka Pacaran

Adik kandung dikira publik pacar, begini jawaban Bryan Domani.

trending topics

terpopuler

  1. BPPT: Gempa Megathrust Bermagnitudo 8,8 Berpotensi Terjadi di Selatan Pulau Jawa

  2. Fairuz A Rafiq Tutup Pintu Damai, Barbie Kumalasari Tak Menyerah

  3. Hamil Besar, 8 Potret Koneng Eks Pengasuh Gempi yang Tetap Aktif

  4. Berharap Banyak Dapat Jatah Kursi Menteri, Ketua PKB: Kalau Sama-sama Saja Ibarat Usaha, Masih Rugi, Tapi Kalau Berkurang Celaka

  5. Abaikan Sarapan, Siap-siap Kena Diabetes Tipe 2

  6. Tim Advokasi Novel: Presiden Jangan Menghindar dari Tanggungjawab

  7. Tajir sejak Lahir, 6 Fakta Putra Mahkota Brunei Darussalam Al-Muhtadee Billah Bolkiah

  8. TGPF Salahkan Novel dan KPK, ICW: Sangat Logic!

  9. Ini Kata Dosen UI Soal Perombakan Direksi BUMN

  10. Lucu, Cewek ini Akui Kekonyolanya di Unggahan Warganet yang Sindir Dirinya

fokus

Menggapai Haji Mabrur
Mencari Tempat Baru
Problematika Narkotika

kolom

Image
UJANG KOMARUDIN

Rekonsiliasi yang Tak Direstui

Image
Achmad Fachrudin

Menimbang Visi Indonesia Baru

Image
Ilham M. Wijaya

Menyiapkan Kota Sadar Bencana

Image
Abdul Aziz SR

Parlemen Hasil Pemilu 2019

Wawancara

Image
Hiburan

Mengaku Terpaksa, Vivi Paris Beberkan Kronologi Dibohongi Sandy Tumiwa Hingga Akhirnya Nikah Siri

Image
Hiburan

Hakim Vonis Bebas Kriss Hatta, Ini Tanggapan Hilda Vitria

Image
Ekonomi

Roda Ekonomi Ramadan

Dilema Pilih Zakat atau Pajak, Persoalan Klasik yang Mengusik