image
Login / Sign Up

Sisi Lain di Balik Wajah Seram Egi Fedly

Rahma Maulidia

Image

Aktor Egy Fedly berpose untuk difoto saat dijumpai di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Sabtu (12/1/2019). Kendati lebih terkenal sebagai aktor, Egy Fedly ternyata menempuh jurusan seni rupa semasa kuliah. Aktor yang terkenal dengan peran antagonis itu juga memiliki ketertarikan dengan musik beraliran 'country'. Bahkan ia telah menciptakan lebih dari 30 lagu. | AKURAT.CO/Endra Prakoso

AKURAT.CO Ketika mendengar nama Egi Fedly, mungkin sebagian orang akan muncul pertanyaan siapa sosok tersebut. Namun, ketika sudah melihat wajahnya, tentu banyak orang mengenalinya.

Ya, Egi merupakan aktor yang dikenal sering memainkan peran antagonis dalam beberapa film. Namun, siapa sangka jika pria kelahiran Bandung itu sudah berkecimpung di dunia seni peran sejak tahun 1995.

Sebelum terjun ke dunia seni peran, Egi sama sekali tidak memiliki ilmu dasar mengenai seni peran. Diketahui, pria 62 tahun itu justru sekolah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan mengambil jurusan Seni Rupa.

baca juga:

Egi mulai masuk di IKJ pada tahun 1978, saat itu namanya bukan IKJ melainkan LPKJ (Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta). Satu-satunya kampus seni di Indonesia yang memiliki lima jurusan berbeda. Sayangnya, Egi memilih untuk tidak menyelesaikan sekolahnya yang diakhiri pada tahun 1983.

Satu tahun menjalani masa perkuliahan, Egi mulai mengenal dunia seni peran. Hal ini berawal ketika teman sejawatnya menawarkan untuk ikut berperan dalam teater yang diadakan oleh dosennya, di kampus. Meski hanya menjadi seorang figuran dan tanpa bertutur kata, namun rupanya Egi begitu menikmatinya.

Sejak saat itulah, seorang Egi Fedly mulai jatuh cinta dengan seni peran. Baginya saat ini, seni rupa adalah hobi sementara seni peran adalah profesi. Dua hal yang berbeda, yang tidak akan dipersatukannya, menurut idealismenya.

Hingga saat ini, sudah banyak sekali sinetron dan film layar lebar yang dibintanginya. Beberapa tahun belakangan, film yang dibintanginya yang berhasil meraih banyak penghargaan yakni film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dan Pengabdi Setan.

Meski selalu berperan sebagai sosok yang berbau mistis serta karakternya yang antagonis, namun siapa sangka bahwa stigma yang demikian berbanding terbalik ketika tim AKURAT.CO menemui kediamannya, dan berbincang-bincang sambil minum kopi dengannya.

Egy Fedly. AKURAT.CO/Endra Prakoso

Sosok Egi Fedly yang Berbanding Terbalik dengan Stigmanya

Pada Sabtu, 12 Januari 2019 lalu, Tim AKURAT.CO menemui Egi Fedly di kediamannya yang berada di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Kami banyak berbincang-bincang mengenai kehidupannya di balik kesibukannya di dunia seni peran. Ternyata, hatinya tidak seseram penampilannya.

Dengan rambutnya yang gondrong, jenggotnya yang lebat serta raut wajahnya yang tegas, Egi ternyata sosok yang bersahabat dan ramah kepada siapapun. Kami pun dijamunya dengan sangat menyenangkan.

Salah satu dari kami sempat berboncengan menaiki kendaraan roda doa dengan Egi Fedly. Dari kediamannya, kami langsung beranjak ke sebuah kafe yang berada tak jauh dari kediamannya untuk berbincang-bincang lebih nyaman. Kafe itu milik salah seorang produser yang tidak sempat disebutkan namanya.

Dari situlah, kami mengungkap beberapa fakta sosok Egi yang sebenarnya.

- Pecinta Hewan

Egi yang saat itu mengenakan jeans biru serta kaos berwarna hitam, dipenuhi dengan bulu-bulu yang menempel di pakaiannya itu. Sambil mengendarai kendaraan menuju kafe, salah satu kami mempertanyakan dari mana asal bulu berwarna pirang yang menempel itu.

“Om Egi, pelihara kucing ya? Bajunya banyak bulu nempel,” tanya tim AKURAT.CO.

Egi Fedly pun menjawab bahwa ia memang memelihara kucing dan anjing dalam rumahnya.

“Iya, di rumah ada kucing sama anjing. Tadinya mereka nggak akur, tapi sekarang udah akrab,” jawabnya.

Egi Fedly. AKURAT.CO/Rahma Maulidia

Tak berselang lama, kami langsung sampai di kafe tersebut. Tanpa basa basi, obrolan kami pun langsung mengalir begitu saja, sembari memesan minuman yang tersedia di daftar menu kafe itu.

- Pecinta musik hingga terjun ke dunia seni peran

Egy Fedly. AKURAT.CO/Endra Prakoso

Kami berbincang mengenai bagaimana latar belakangnya sebelum tenggelam di dunia seni peran. Sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP), Egi mengaku memiliki hobi bermain musik, ia sudah mulai membuat grup musik dan memiliki kesukaan berbagai musik pop pada saat itu.

Ia bahkan sempat membuat grup musik bersama penyanyi legendaris, Iwan Fals yang bernama Country Babadotan. Sayangnya, karir mereka tak sejalan, Egi lebih banyak berkecimpung dalam seni peran daripada seni musik, sementara Iwan Fals tetap pada jalurnya.

Ya, Egi memang hanya menilai musik adalah hobinya yang tidak untuk dikomersilkan, sama seperti Seni Rupa yang ia pelajarinya semasa kuliah.

Egi Fedly bermain musik bersama Iwan Fals. DOK. Egi Fedly

Selain itu, Egi juga menceritakan bagaimana ia begitu mencintai dunia seni rupa. Dua kali ia gagal ketika mencoba masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB), ia juga sempat salah mengambil jurusan di salah satu universitas, di mana saat itu ia asal memilih jurusan, yakni publisistik, jurusan dimana para calon jurnalis menimba ilmunya.

Hingga akhirnya ia berhasil menemukan jati dirinya di IKJ yang pada saat itu bernama LPKJ dengan mengambil jurusan impiannya, seni rupa.

­- Kisah percintaan Egi Fedly yang unik

Pria yang memiliki hobi bermusik itu juga sempat menceritakan bagaimana kisah uniknya ketika hendak menikahi seorang wanita. Sambil tertawa dengan raut wajahnya yang serius, Egi menceritakan bagaimana kisahnya.

“Jadi waktu itu temen gua bilang ‘kayaknya lo cocok deh sama dia’, pas gua liat ‘wah iya manis orangnya’. Terus gua telpon dia, gua ajak ketemu, langsung gua tanya ‘begini, kayaknya gua suka sama elu, lu mao nggak kawin sama gua?’ tu cewek kaget, akhirnya dia minta waktu seminggu. Pas udah seminggu, gua telpon minta jawabannya, terus dia minta waktu lagi satu hari, besoknya dia yang telpon gua, kata dia ‘iya deh, saya mau’, gitu hahahaha,” singkat ceritanya yang sambil menenggak kopi.

Hanya jeda satu bulan sejak pertemuan singkat itu, pernikahan Egi Fedly dengan wanita bernama Yanti Pane, juniornya di bawahnya 10 tahun itu akhirnya berlangsung. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai dua orang anak, sementara Egi juga memiliki satu orang anak dari pernikahan sebelumnya.

Dari pernikahan sebelumnya, Egi mengaku berpacaran selama lima tahun, kemudian menikah selama lima tahun. Sayangnya, mereka memilih untuk mengakhiri rumah tangganya, lantaran selama sepuluh tahun bersama, rupanya sang istri belum mengenal seperti apa Egi Fedly, begitu pun sebaliknya.

- Stigma Egi Fedly yang katanya antagonis

Pembicaraan pun berlanjut bagaimana Egi dicap sebagai aktor langganan dengan karakter antagonisnya. Dirinya mengaku merasa dirugikan lantaran tidak diberi kesempatan untuk memainkan karakter lainnya.

“Iya. Merasa ‘lo pikir gua nggak bisa main komedi?’ gitu, lo pikir gua nggak bisa main serius, jadi detektif kek. Kenapa orang nggak mau nyoba? Kalo dikita reserse mungkin ya. Atau gua jadi ya peran-peran yang lain lah. Banyak produser, orang casting, sutradara menggampangkan ‘udah udah dia aja udah pasti bener, udah pasti pas’,” ujarnya penuh kecewa.

Padahal, selama berbincang dengan Egi Fedly, kami sama sekali tidak melihat sosok pria berdarah dingin seperti yang diperankannya selama ini dalam beberapa filmnya. Bapak tiga anak itu sangat humble, asik diajak berbincang-bincang dan bercanda gurau. Bahkan, kami sempat meminta Egi untuk berpose bak malaikat, dan ia pun tampak menikmatinya.

Egy Fedly. AKURAT.CO/Endra Prakoso

Sementara itu, Egi juga mengaku selama menjadi aktor, dirinya sama sekali tidak pernah memiliki latar belakang yang jelas, ia juga tidak pernah diberikan pendamping hidup dalam skenario.

“Gua jarang banget dikasih bini. Iya, pasangan. Di film apa gua punya istri? Nggak pernah! Emang preman bukan manusia? Nggak punya bini apa? ‘Lu bener-bener lu ya’, padahal perannya beda-beda, ini kali kesekian dan gua nggak pernah dikasih istri. Keluarga gua nggak jelas, kan harus jelas harusnya struktur itu, kenapa gua jahat? Kenapa gua jahatnya kayak gini, latar belakangnya apa, bini gua sapah? Nggak punya anak, nggak punya kakak?” keluhnya.

Diakuinya, dari sekian banyak film yang ia perankan, hanya Joko Anwar, sutradara film kondang yang baru memberikannya latar belakang. Dalam hal ini, tentunya film Pengabdi Setan yang membuatnya merasa diakui.

“Baru satu atau dua orang yang ngasih latar belakang buat gua, baru Joko Anwar yang ngasih. ‘bang, ini abang tuh bukan sekolah jurnalis, abang sekolahnya ekonomi, tapi gagal,” jelasnya.

Egi berharap, suatu saat ia dapat diberi kesempatan oleh produser atau sutradara untuk memainkan karakter lain demi mengembangkan kariernya. []

Editor: Erizky Bagus Zuhair

Sumber:

berita terkait

komentar

Image

2 komentar

Image
Pshuu chan

Kesini karna mau liat joje.( ˶ˆ꒳ˆ˵ )

Image
Resta Apriatami

iya ini nih om-om yang perannya kayak om torro margens

terkini

Image
Iptek

Wow! Pembaruan Google Earth Tampilkan Markas Rahasia Militer Taiwan

Pembaruan Google Earth secara tidak resmi menampilkan Markas Rahasia Militer Taiwan secara jelas dengan tampilan 3D.

Image
Iptek

Pasarkan Spectre Folio, HP Gandeng Desainer Kelas Dunia Asal Indonesia

HP menggabungkan perangkat keras dengan seni kerajinan kulit.

Image
Iptek
eSports

Kolaborasi dengan Resident Evil 2, PUBG Mobile Hadirkan Mode Zombie

Kolaborasi dengan Resident Evil 2, PUBG Mobile hadirkan karakter zombie dan mode permaianan baru Survive Till Dawn.

Image
Iptek

Sering Diabaikan, Standar Keselamatan Pemasangan Lampu LED Padahal Sangat Penting

Sekitar 70 persen pemasang lampu profesional di Indonesia telah merasakan pengalaman buruk dengan produk pencahayaan berkualitas rendah.

Image
Iptek

Ahli Internet: Media Sosial Tetap Perlu Perhatikan Budaya Suatu Negara

Perusahaan media sosial harusnya memiliki regulasi dengan sudut pandang global namun tetap memperhatikan budaya di tempatnya berbisnis.

Image
Iptek

Ini Dia Spesifikasi HP Spectre Folio, Laptop Berbahan Kulit Asli Pertama di Dunia

Spectre Folio memiliki desain termal tanpa kipas.

Image
Iptek

Inilah Bentuk Stasiun Angkasa Gateway NASA

Tersebar sebuah desain yang diklaim merupakan desain milik Gateway Foundation dengan nama Von Braun Rotating Space Station.

Image
Iptek

HP Rilis Spectre Folio, Laptop Berbahan Kulit Asli Pertama di Dunia

Ketebalan kulit pada desain Spectre Folio mencapai 0,7 milimeter.

Image
Iptek

XL Axiata Telah Selesai Bangun Sistem Komunikasi Kabel Laut Hingga ke Australia dan Singapura

Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Indonesia makin berkualitas dan cepat. Bahkan, kini sudah bisa mengantisipasi gangguan traffic.

Image
Iptek

Diprediksi 'Booming' Tahun Ini, Microsoft Tergiur Besut Smartphone Foldable Juga

Perangkat terdiri dari bodi dan tumpukan display fleksibel yang kedua komponen itu saling terhubung.

trending topics

terpopuler

  1. Potret Pilu Perjuangan Ayah demi Bisa Lihat Anaknya Makan, Bikin Terenyuh

  2. Gaya Orang Nagih Utang Ini Keren, Bikin Tobat yang Suka Nunggak Cicilan

  3. Di Lapangan Bola, Siapa Berani Menekel Presiden George Weah?

  4. 7 Negara yang Rakyatnya Paling Rajin Beribadah, Ada Indonesia!

  5. 10 Pesona Krisdayanti di Usia 43 Tahun yang Seolah Tak Pernah Menua

  6. Kepada Kyai Ma'ruf Amin, Raffi Ahmad Mengaku Sudah Hijrah

  7. 5 Potret Kedekatan Susilo Bambang Yudhoyono dengan Cucu, Manis Banget!

  8. TKN Tanggapi Laporan Relawan Prabowo ke Bawaslu: Ya, Kami Hormati Hak Hukumnya

  9. 10 Potret Miss International Kevin Liliana Makin Memesona saat Berhijab

  10. Lagi, Sandiaga Gemborkan Ekonomi Umat, Santri akan Jadi Ujung Tombaknya

fokus

Debat Pilpres 2019
Mengupas Visi Misi Ekonomi Paslon
Golden Globe 2019

kolom

Image
Pangi Syarwi Chaniago

Panggung Debat Kedua Milik Jokowi

Image
Achmad Fachrudin

Bola Panas Logistik Pemilu 2019

Image
Hervin Saputra

Bisakah Kebenaran Mengalahkan Budaya Curiga dalam Kasus Jokdri?

Image
Pangi Syarwi Chaniago

Debat Putaran Kedua: Panggung Milik Siapa?

Wawancara

Image
Iptek

Debat Pilpres 2019

Ahmad Agus Setiawan: ‘Milenial Lebih Cepat Beradaptasi pada Sisi-sisi Tertentu, Terutama Digital’

Image
Hiburan

Cerita Egy Fedly Saat Pandangan Pertama Menjemput Jodoh

Image
Olahraga

Susy Susanti

"Sekarang Saatnya Pemain Putri Mengubah Mindset"

Sosok

Image
News

Dari Aktor hingga Politisi, Ini 5 Fakta Perjalanan Karier Rano Karno

Image
News

10 Aksi Susi Pudjiastuti di Atas Perahu, Menantang Laut

Image
News

7 Potret Ketegaran Ani Yudhoyono Jalani Pengobatan Kanker Darah