image
Login / Sign Up

Sempat Gagal, Tommy Kurniawan Blak-blakan Soal Pencalonannya Menjadi Anggota Legislatif 2019

Rahma Maulidia

Wawancara Khusus

Image

Tommy Kurniawan saat ditemui di kawasan Ciputat, Tangeramg Selatan, Sabtu (15/9). | AKURAT.CO/Rahma Maulidia

AKURAT.CO Maraknya selebritas tanah air yang terjun ke dunia politik membuat sejumlah masyarakat bertanya-tanya terhadap maksud dan tujuan sebenarnya dari partai-partai di Indonesia. Tercatat, sebanyak 54 artis ikut serta mencalonkan diri sebagai anggota legislatif 2019, di antaranya Tommy Kurniawan. Bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Tommy maju mencalonkan diri untuk Daerah Pilihan (Dapil) Jawa Barat 5, Kabupaten Bogor.

Pada 23 September lalu, seluruh calon anggota legislatif sudah diizinkan untuk menjalankan masa kampanyenya hingga 13 April 2019 mendatang. Berbagai persiapan pun telah disusun rapi oleh artis 34 tahun itu. Mulai dari mempersiapkan tim, strategi, hingga pengenalan diri ke masyarakat Kabupaten Bogor.

Seiring waktu berjalan, Tommy terus menjalankan misi kampanyenya. Tak lupa ia terus panjatkan doa kepada Tuhan agar keinginannya menjadi anggota DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia) dapat terwujud.

baca juga:

“Sekarang sudah banyak mulai mempersiapkan diri dari segi mempersiapkan tim, sosialisasi ke masyarakat, kebanyakan aspirasi apa yang diinginkan, jadi sudah mulai berkeliling ke beberapa tempat lah, ya berhubungan dengan masyarakat Kabupaten Bogor terutama,” tutur Tommy kepada AKURAT.CO saat ditemui khusus di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Diketahui, sebelumnya pria 34 tahun itu juga sempat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Sayangnya, saat itu niatnya terhenti lantaran suara yang diraihnya tidak mencapai target. Namun hal itu ternyata tidak membuatnya patah semangat, ia justru bertekad ingin mengembangkan dunia olahraga melalui pencalonan anggota legislatif 2019 kali ini.

Kepada AKURAT.CO, Tommy berbincang-bincang lebih dalam mengenai pencalonan anggota legislatifnya di tahun 2019 ini. Berikut hasil lengkap wawancara khusus tim AKURAT.CO kepada Tommy Kurniawan.

Tommy Kurniawan. AKURAT.CO/Rahma Maulidia

Apa yang mendorong Tommy Kurniawan untuk kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, sementara dulu pernah gagal?

Saya rasa, saya ditugaskan oleh partai PKB untuk menjadi seorang anggota dewan yang di mana saya sudah dikader selama 5 tahun belakangan. Banyak hal yang mungkin PKB melihat diri saya ini layak untuk mencalonkan diri kembali.

Pada dasarnya, saya  belum kepengin. Tapi PKB menilai bahwa saya ini pantas dan memiliki wawasan yang cukup untuk bagaimana menjadi anggota dewan, karena sekarang saya pun sudah menjadi staf khusus Menteri Pemuda dan Olahraga (MENPORA). Sayang potensi itu jika tidak dimaksimalkan. Saya mengetahui sedikit-sedikit apa sih sebenarnya yang harus dilakukan pada saat menjadi anggota dewan, salah satunya bagaimana saya mengembangkan regulasi atau payung hukum mengenai dunia olahraga. Karena itu masih sangat minim dan perlu cabang-cabang yang harus dilakukan.

Pertimbangan Tommy Kurniawan memilih mencalonkan diri melalui PKB?

PKB menurut saya partai yang paling nyaman, partai yang paling santai ke-NU-annya, kan memang partainya nationalist tapi agamanya kental sekali, nah sejak lahir Kebetulan saya di didik sejarah NU, jadi cocok dengan budaya, gaya, kenyamanan, tidak terlalu protokoler banget dsb, bisa lesehan dengan siapa saja di sana, kita tetap menghormati bahwa mereka adalah pimpinan kita.

Visi Misi Tommy Kurniawan?

Kalau Kabupaten Bogor ya tentu masih banyak hal yang harus diperhatikan, masih banyak desa tertinggal, terus masih banyak kayak misalnya kemarin ada minta tolong bagaimana anaknya ini berprestasi di dunia internasional secara olahraga karate. Akan tetapi masih belum bisa diperhatikan oleh pemerintah daerah. Bagaimana menolong guru-guru honorer yang memang mereka hak-hak yang masih belum dipenuhi.

Sementara fokusnya lebih kepada bidang olahraga?

Ya. Kalau legislatif secara undang-undang fokusnya tujuan besar saya di sana, tapi tujuan-tujuan kecilnya membantu masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya apa yang bisa kita bantu melalui dewan ini, dalam mendorong pemerintah untuk menjalankan regulasinya dan sebagainya.

Siapa sosok yang menginspirasi di dunia perpolitikan?

Nggak banyak, tentu saya terinspirasi mentor saya, sekjen PKB, Abdul Kadir Gandhi. Dia yang paling utama dan mengajarkan saya tetap istiqomah kalau punya keinginan dalam meraih cita-cita politik.

Lalu siapa tokoh politik lain yang menjadi panutan?

Ya Ada sih contohnya di sini nih ada, ini hasil karya saya RI (sebuah backdrop bertuliskan kutipan-kutipan tokoh politik yang ada di dinding), saya minta ada quote-quote di mana ini bisa menginspirasi, ada Jokowi, ada BJ Habibie, ada Cut Nyak Dien, banyak lagi deh. Lihat aja di foto.

Backdrop. AKURAT.CO/Rahma Maulidia

Banyak artis yang mencalonkan diri menjadi anggota legislatif, tanggapannya seperti apa?

Menurut saya bagus, artis di parlemen juga sangat sedikit mungkin 5% maksimal dari jumlah anggota legislatif yang ada. Saya yakin artis ini memiliki tujuan, memiliki pandangan, dan setiap orang itu memiliki hak politik yang sama. Ya mudah-mudahan kehadiran temen-temen selebritis ini bisa memberikan satu warna, dan saya berharap bisa menambah satu regulasi yang di mana kita cita-citakan bersama.

Contohnya dalam dunia entertain masalah perlindungan kerja, kita artis itu enggak punya perlindungan sama sekali, kalau ada kecelakaan, dalam kontrak itu tidak asuransinya, butuh payung hukum untuk memperkuat temen-temen menjadi kuat di bawah. Nah itu adalah butuh undang-undang. Meskipun sulit untuk menciptakan undang-undang, tapi kalau kita punya kajian, rasionalisasi, terus juga kajian-kajian yang memang oh ya ini dibutuhkan oleh masyarakat, pasti bisa. Saya yakin.

Bagaimana melihat partai yang mengangkat para artis untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, apakah itu menjadi ajang untuk ‘perlombaan’ beberapa partai, di mana para artis memang pada dasarnya sudah punya nama?

PKB tidak seperti itu, saya nggak tahu dengan partai yang lain. PKB lebih mengedepankan bagaimana seorang yang menjadi anggota legislatif itu memiliki kapasitas. Diajari dan lain sebagainya. Jadi, nggak untuk mendompleng lah.

Kalau melihat partai-partai yang lain?

Ya saya enggak boleh dan enggak berani ngomong, kalau itu ya. Karena belum tentu benar. Karena saya tidak ikut campur dalam urusan rumah tangga orang lain, hahaha.

Dari PKB sendiri, ada siapa saja artis yang menjadi calon anggota legislative 2019?

Ada Arzetty, Said Bajuri, Ifan Seventeen, Herman Seventeen, Zora, dan ada Farhat Abbas.

Lalu kalau Tommy Kurniawan terpilih menjadi anggota legislatif 2019, bagaimana keberlanjutan karirnya di ranah lain?

Tetap saja, membangun jaringan bisnis saya dan bergaul bagaimana melihat orang-orang membangun negara ini. Kalau nanti 5 tahun lagi saya ditugaskan oleh partai PKB, dan saya merasa mampu, nggak ada masalah. Kita kan dikader dan dikasih ilmu, dikasih wawasan dan bisa dipergunakan. Kalau ternyata belum bisa dipergunakan saat ini berarti, pada periode berikutnya. Ini baru misalkan ya, belum tentu iya gitu. 

Sementara kalau di dunia hiburan, ini udah seperti ibu buat saya, yang melahirkan saya. Saya rasa seorang anak kapan pun kembali sama ibunya itu pasti akan diterima.

Editor: Andre Purwanto

berita terkait

Image

Gaya Hidup

Begini Pola Hidup Sehat ala Sharena Delon

Image

Gaya Hidup

Jiu-jitsu, Rahasia Kesegaran Wajah Demi Lovato

Image

Gaya Hidup

Yuk, Lihat Koleksi Sepatu Ratusan Juta Milik Cathrine Zeta Jones

Image

Hiburan

BTS Sukses Raih Daesang, Berikut Daftar Lengkap Pemenang Melon Music Awards 2018

Image

Hiburan

Resmi Menikah, Nick Jonas dan Priyanka Chopra Berbagi Momen Bahagia di Media Sosial

Image

Hiburan

Konser di Jakarta, Ed Sheeran Pilih Sendiri Siapa Musisi Pembukanya

Image

Hiburan

Lucu, Begini Awal Pertemuan Vanessa Angel dengan Pacar Barunya

Image

Hiburan

Gading dan Gisel Sudah Berupaya Mempertahankan Rumah Tangga Mereka, Hasilnya?

Image

Hiburan

Merasa Nyaman dengan Pacar Baru, Benarkah Vanessa Angel akan Segera Menikah?

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Hiburan

10 Potret Pasangan Selebriti Indonesia yang Berhijrah

Semoga istiqamah dan tetap memberi kebaikan buat semua orang ya! []

Image
Hiburan

Pamela Bowie Sempat Alami Cedera Saat Syuting Knock Out Girl

Pamela Bowie sempat memukul lawan mainnya beneran di Viu Original Series Knock Out Girl.

Image
Hiburan

Makin Modis dan Feminin, 10 Potret Cut Syifa Kenakan Rok

Gayanya bisa kamu sontek!

Image
Hiburan

Romantis, Zayn Malik Buat Lagu Cinta untuk Gigi Hadid

Lagu tersebut berjudul There Are You.

Image
Hiburan

Pamela Bowie Akui Lebih Suka Main Film Komedi Dibanding Laga

Bagi Pamela, syuting film komedi lebih mudah dibanding film action.

Image
Hiburan

Miguel Arrawsya Janied, Ini Arti Nama Putra Pertama Desta dan Natasha Rizky

Anak ketiga Desta dan Natasha Rizky, namanya Miguel Arrawsya Janied.

Image
Hiburan

Warning! Arie Untung Bakal Bongkar Siapa Suami Artis yang Menipunya

Ditipu, Arie Untung rugi sekira Rp500 juta.

Image
Hiburan

Fenita Arie Angkat Bicara Soal Kisruh Suaminya dengan Ernest Prakasa

Arie dan Ernest masih mempertahankan pendapat mereka masing-masing seputar aksi 812 di Malaysia.

Image
Hiburan

Sidang Selanjutnya Mendengarkan Keterangan Saksi, Apakah Pengasuh Gempi Jadi Saksi?

Upaya mediasi perceraian Gading-Gisella di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hasilnya gagal.

Image
Hiburan

10 Potret Transformasi Ersya Aurelia yang Kian Memesona

Pesona memikat Ersya telah tampak sejak ia kecil lho

trending topics

terpopuler

  1. Peramal Buta Bulgaria Beberkan Prediksi Untuk Tahun 2019, Indonesia Disebut

  2. Kena Bogem Mentah, Kapolsek Ciracas Dirawat di RS Polri Kramatjati

  3. Ironi, Sandi Janji Bangun Infrastruktur Tanpa Utang tapi Utangnya Sendiri Melimpah

  4. Faizal Assegaf: Jokowi Sibuk Cerdaskan Rakyat, Lupa Perbanyak Rumah Sakit Jiwa untuk Politisi 'Gila'

  5. Pengeroyok Kapten Komarudin Diringkus Saat Tidur

  6. Markas Polisi Dibakar, Gubernur Anies: Saya Pantau Laporan dari Semalam

  7. Makin Mesra, 10 Potret Mikha Tambayong dan Daniel Wenas

  8. Sindiran Fadli Zon Tentang Keluarga Jokowi hingga Garuda Bakal Terbang dari Halim Perdanakusuma

  9. Intip 10 Gaya Artis saat Belanja, Lapar Mata

  10. Anak Buah Prabowo Sindir La Nyalla: Jangan Karena Kekuasaan Lalu Halalkan Segala Cara

fokus

Semangat Pahlawan di Dadaku
Info MPR RI
Tragedi Lion Air

kolom

Image
Ujang Komarudin

Isu PKI Serang Jokowi

Image
Achmad Fachrudin

Problematik Pemilih Perumahan Mewah

Image
Awalil Rizky

Mencermati Penerimaan Negara yang Melampaui Target APBN

Image
Hendra Mujiraharja

Pantaskah Persija Ungguli PSM?

Wawancara

Image
Hiburan

Ketinggian Falsafah Sastra Melayu Tidak Tertandingi oleh Sastra Moderen

Image
Olahraga

Eko Yuli Irawan (3)

"Saya Masih Memikirkan Siapa yang Bakal Gantikan Saya"

Image
Olahraga

Eko Yuli Irawan (2)

"Atlet Junior Harus Bisa Mengalahkan Senior"

Sosok

Image
Iptek

Evelyn Berezin, Pionir Pencipta Prosesor Kata Tutup Usia

Image
Iptek

Hebat! Pendiri GoJek Masuk Daftar 'Bloomberg 50'

Image
Ekonomi

Founder GOJEK Terpilih Jadi Tokoh Penentu Bisnis Global