image
Login / Sign Up

Sempat Gagal, Tommy Kurniawan Blak-blakan Soal Pencalonannya Menjadi Anggota Legislatif 2019

Rahma Maulidia

Wawancara Khusus

Image

Tommy Kurniawan saat ditemui di kawasan Ciputat, Tangeramg Selatan, Sabtu (15/9). | AKURAT.CO/Rahma Maulidia

AKURAT.CO Maraknya selebritas tanah air yang terjun ke dunia politik membuat sejumlah masyarakat bertanya-tanya terhadap maksud dan tujuan sebenarnya dari partai-partai di Indonesia. Tercatat, sebanyak 54 artis ikut serta mencalonkan diri sebagai anggota legislatif 2019, di antaranya Tommy Kurniawan. Bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Tommy maju mencalonkan diri untuk Daerah Pilihan (Dapil) Jawa Barat 5, Kabupaten Bogor.

Pada 23 September lalu, seluruh calon anggota legislatif sudah diizinkan untuk menjalankan masa kampanyenya hingga 13 April 2019 mendatang. Berbagai persiapan pun telah disusun rapi oleh artis 34 tahun itu. Mulai dari mempersiapkan tim, strategi, hingga pengenalan diri ke masyarakat Kabupaten Bogor.

Seiring waktu berjalan, Tommy terus menjalankan misi kampanyenya. Tak lupa ia terus panjatkan doa kepada Tuhan agar keinginannya menjadi anggota DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia) dapat terwujud.

baca juga:

“Sekarang sudah banyak mulai mempersiapkan diri dari segi mempersiapkan tim, sosialisasi ke masyarakat, kebanyakan aspirasi apa yang diinginkan, jadi sudah mulai berkeliling ke beberapa tempat lah, ya berhubungan dengan masyarakat Kabupaten Bogor terutama,” tutur Tommy kepada AKURAT.CO saat ditemui khusus di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Diketahui, sebelumnya pria 34 tahun itu juga sempat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Sayangnya, saat itu niatnya terhenti lantaran suara yang diraihnya tidak mencapai target. Namun hal itu ternyata tidak membuatnya patah semangat, ia justru bertekad ingin mengembangkan dunia olahraga melalui pencalonan anggota legislatif 2019 kali ini.

Kepada AKURAT.CO, Tommy berbincang-bincang lebih dalam mengenai pencalonan anggota legislatifnya di tahun 2019 ini. Berikut hasil lengkap wawancara khusus tim AKURAT.CO kepada Tommy Kurniawan.

Tommy Kurniawan. AKURAT.CO/Rahma Maulidia

Apa yang mendorong Tommy Kurniawan untuk kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, sementara dulu pernah gagal?

Saya rasa, saya ditugaskan oleh partai PKB untuk menjadi seorang anggota dewan yang di mana saya sudah dikader selama 5 tahun belakangan. Banyak hal yang mungkin PKB melihat diri saya ini layak untuk mencalonkan diri kembali.

Pada dasarnya, saya  belum kepengin. Tapi PKB menilai bahwa saya ini pantas dan memiliki wawasan yang cukup untuk bagaimana menjadi anggota dewan, karena sekarang saya pun sudah menjadi staf khusus Menteri Pemuda dan Olahraga (MENPORA). Sayang potensi itu jika tidak dimaksimalkan. Saya mengetahui sedikit-sedikit apa sih sebenarnya yang harus dilakukan pada saat menjadi anggota dewan, salah satunya bagaimana saya mengembangkan regulasi atau payung hukum mengenai dunia olahraga. Karena itu masih sangat minim dan perlu cabang-cabang yang harus dilakukan.

Pertimbangan Tommy Kurniawan memilih mencalonkan diri melalui PKB?

PKB menurut saya partai yang paling nyaman, partai yang paling santai ke-NU-annya, kan memang partainya nationalist tapi agamanya kental sekali, nah sejak lahir Kebetulan saya di didik sejarah NU, jadi cocok dengan budaya, gaya, kenyamanan, tidak terlalu protokoler banget dsb, bisa lesehan dengan siapa saja di sana, kita tetap menghormati bahwa mereka adalah pimpinan kita.

Visi Misi Tommy Kurniawan?

Kalau Kabupaten Bogor ya tentu masih banyak hal yang harus diperhatikan, masih banyak desa tertinggal, terus masih banyak kayak misalnya kemarin ada minta tolong bagaimana anaknya ini berprestasi di dunia internasional secara olahraga karate. Akan tetapi masih belum bisa diperhatikan oleh pemerintah daerah. Bagaimana menolong guru-guru honorer yang memang mereka hak-hak yang masih belum dipenuhi.

Sementara fokusnya lebih kepada bidang olahraga?

Ya. Kalau legislatif secara undang-undang fokusnya tujuan besar saya di sana, tapi tujuan-tujuan kecilnya membantu masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya apa yang bisa kita bantu melalui dewan ini, dalam mendorong pemerintah untuk menjalankan regulasinya dan sebagainya.

Siapa sosok yang menginspirasi di dunia perpolitikan?

Nggak banyak, tentu saya terinspirasi mentor saya, sekjen PKB, Abdul Kadir Gandhi. Dia yang paling utama dan mengajarkan saya tetap istiqomah kalau punya keinginan dalam meraih cita-cita politik.

Lalu siapa tokoh politik lain yang menjadi panutan?

Ya Ada sih contohnya di sini nih ada, ini hasil karya saya RI (sebuah backdrop bertuliskan kutipan-kutipan tokoh politik yang ada di dinding), saya minta ada quote-quote di mana ini bisa menginspirasi, ada Jokowi, ada BJ Habibie, ada Cut Nyak Dien, banyak lagi deh. Lihat aja di foto.

Backdrop. AKURAT.CO/Rahma Maulidia

Banyak artis yang mencalonkan diri menjadi anggota legislatif, tanggapannya seperti apa?

Menurut saya bagus, artis di parlemen juga sangat sedikit mungkin 5% maksimal dari jumlah anggota legislatif yang ada. Saya yakin artis ini memiliki tujuan, memiliki pandangan, dan setiap orang itu memiliki hak politik yang sama. Ya mudah-mudahan kehadiran temen-temen selebritis ini bisa memberikan satu warna, dan saya berharap bisa menambah satu regulasi yang di mana kita cita-citakan bersama.

Contohnya dalam dunia entertain masalah perlindungan kerja, kita artis itu enggak punya perlindungan sama sekali, kalau ada kecelakaan, dalam kontrak itu tidak asuransinya, butuh payung hukum untuk memperkuat temen-temen menjadi kuat di bawah. Nah itu adalah butuh undang-undang. Meskipun sulit untuk menciptakan undang-undang, tapi kalau kita punya kajian, rasionalisasi, terus juga kajian-kajian yang memang oh ya ini dibutuhkan oleh masyarakat, pasti bisa. Saya yakin.

Bagaimana melihat partai yang mengangkat para artis untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, apakah itu menjadi ajang untuk ‘perlombaan’ beberapa partai, di mana para artis memang pada dasarnya sudah punya nama?

PKB tidak seperti itu, saya nggak tahu dengan partai yang lain. PKB lebih mengedepankan bagaimana seorang yang menjadi anggota legislatif itu memiliki kapasitas. Diajari dan lain sebagainya. Jadi, nggak untuk mendompleng lah.

Kalau melihat partai-partai yang lain?

Ya saya enggak boleh dan enggak berani ngomong, kalau itu ya. Karena belum tentu benar. Karena saya tidak ikut campur dalam urusan rumah tangga orang lain, hahaha.

Dari PKB sendiri, ada siapa saja artis yang menjadi calon anggota legislative 2019?

Ada Arzetty, Said Bajuri, Ifan Seventeen, Herman Seventeen, Zora, dan ada Farhat Abbas.

Lalu kalau Tommy Kurniawan terpilih menjadi anggota legislatif 2019, bagaimana keberlanjutan karirnya di ranah lain?

Tetap saja, membangun jaringan bisnis saya dan bergaul bagaimana melihat orang-orang membangun negara ini. Kalau nanti 5 tahun lagi saya ditugaskan oleh partai PKB, dan saya merasa mampu, nggak ada masalah. Kita kan dikader dan dikasih ilmu, dikasih wawasan dan bisa dipergunakan. Kalau ternyata belum bisa dipergunakan saat ini berarti, pada periode berikutnya. Ini baru misalkan ya, belum tentu iya gitu. 

Sementara kalau di dunia hiburan, ini udah seperti ibu buat saya, yang melahirkan saya. Saya rasa seorang anak kapan pun kembali sama ibunya itu pasti akan diterima.

Editor: Andre Purwanto

Sumber:

berita terkait

Image

Gaya Hidup

Ini Kata Dian Sastrowardoyo Soal Makanan Sehat

Image

Gaya Hidup

Braless! Penampilan Celine Dion yang Paling Berani

Image

Gaya Hidup

Mendekati 50 Tahun, Ini Rahasia Hidup Sehat Shahnaz Haque

Image

Gaya Hidup

Dalam Negeri, Reza Chandika Favoritkan Raja Ampat Sebagai Destinasi Wisata

Image

Gaya Hidup

Terciduk Prostitusi Online, Ini Rahasia Vanessa Angel Menjaga Kecantikan

Image

Gaya Hidup

Sebelum Tidur, Vanessa Angel Selalu Lakukan Hal Ini

Image

Gaya Hidup

Ini Dia, Deretan Selebritas Pecinta Sepatu Dr. Martens

Image

Gaya Hidup

Justin Bieber Beri Kado Natal Murah untuk Hailey

Image

Gaya Hidup

Menurut Denny Sumargo, Memilih Sepatu Penting Sebelum Berolahraga

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Hiburan

Ini Alasan Vanesha Prescilla Anggap Penggemar Seperti Keluarga

Vanesha cerita punya pengalaman berkesan dengan penggemar.

Image
Hiburan

Lewat Antologi Rasa, Ini Pesan yang Ingin Disampaikan Herjunot Ali

Junot mengaku tak pernah mengalami friendzone.

Image
Hiburan

Romantisnya Rizky Alatas Beri Kejutan Ulang Tahun untuk Sang Istri

Pada sabtu (16/2), Adzana Bing Slamet berulang tahun yang ke-26.

Image
Hiburan

Isi Soundtrack Dilan 1991, Ini Kata Vanesha Prescilla Soal Makna Lagunya

Double job, Vanesha isi soundtrack film Dilan 1991.

Image
Hiburan

Sutradara Film The Great Gatsby Lirik BTS untuk Kolaborasi

Apakah boy group asal Korea Selatan, BTS akan main film layar lebar?.

Image
Hiburan

Ingin Sukses Jadi Youtuber seperti Jess No Limit? Berikut Tipsnya!

Kamu juga harus rajib berdoa

Image
Hiburan

Putri Sulung Berulang Tahun, Bimbim Slank Malah Tanya Soal Pacar

Bimbim minta Una ajak pacar main ke rumah.

Image
Hiburan

Bikin Penasaran, 4 Fakta Seru Film Frozen 2

Akan tayang November depan

Image
Hiburan

Bersiap IGOT7, Jus2 Bakal Gelar Showcase di Jakarta April Mendatang

Harga tiket termahal Jus2 seharga Rp2,2 juta.

Image
Hiburan

Dituding Goda Billy Syahputra, Angela Lee Justru Didukung Warganet

Angela Lee menerima pesan dari seorang netizen lewat DM, Ini pesannya.

trending topics

terpopuler

  1. Cak Imin: Gara-gara Uninstall Saya Jadi Kerepotan

  2. Prabowo Tidak Pamer Salat Jumat, Tengku: Khawatir Massa Histeris Ingin Menyalami

  3. Pramono Anung Sebut Jokowi Telah Menerima Permintaan Maaf CEO Bukalapak

  4. Pendiri Bukalapak Sebut 'Presiden Baru', Rian Ernest: Menurutku Dia Sudah Jelas Dukung 02

  5. Ada yang Baru di Kota Tua

  6. Yunarto Wijaya: Kalo Anda Melarang Zaky Mendukung Salah Satu Capres, Saya akan Bela Dia

  7. Fahri Hamzah: Debat Pilpres Kedua Harus Ungkap Siapa Mereka Sebenarnya

  8. 'Skenario' Ahok Gantikan Ma'ruf Amin, Rustam: Pikiran Konspiratif yang Merendahkan

  9. Ketua BTP Mania Dipolisikan Alumni 212, Fahri Hamzah: Ahok Kembali Jadi Masalah

  10. SBY: Kami Enggak Sangka Itu Kanker

fokus

Debat Pilpres 2019
Mengupas Visi Misi Ekonomi Paslon
Golden Globe 2019

kolom

Image
Pangi Syarwi Chaniago

Debat Putaran Kedua: Panggung Milik Siapa?

Image
UJANG KOMARUDIN

Menanti Kejutan Debat Kedua

Image
Hervin Saputra

Al Araibi: Olahraga, Politik, atau Hak Asasi Manusia?

Image
Cosmas Kopong Beda

Masihkah Sepak Bola Modern Membutuhkan Kapten Ikonik?

Wawancara

Image
Hiburan

Cerita Egy Fedly Saat Pandangan Pertama Menjemput Jodoh

Image
Olahraga

Susy Susanti

"Sekarang Saatnya Pemain Putri Mengubah Mindset"

Image
Hiburan

Kekecewaan Egi Fedly Terkait Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Sosok

Image
News

Dari Ketemu Raisa hingga Pejuang Kanker, 10 Potret Sutopo Purwo yang Menginspirasi

Image
Hiburan

Ingin Sukses Jadi Youtuber seperti Jess No Limit? Berikut Tipsnya!

Image
Olahraga

Valentino Rossi

Rossi, Sosok yang Penuh Perhatian dan "Kepala Dingin"