image
Login / Sign Up

Sempat Gagal, Tommy Kurniawan Blak-blakan Soal Pencalonannya Menjadi Anggota Legislatif 2019

Rahma Maulidia

Wawancara Khusus

Image

Tommy Kurniawan saat ditemui di kawasan Ciputat, Tangeramg Selatan, Sabtu (15/9). | AKURAT.CO/Rahma Maulidia

AKURAT.CO Maraknya selebritas tanah air yang terjun ke dunia politik membuat sejumlah masyarakat bertanya-tanya terhadap maksud dan tujuan sebenarnya dari partai-partai di Indonesia. Tercatat, sebanyak 54 artis ikut serta mencalonkan diri sebagai anggota legislatif 2019, di antaranya Tommy Kurniawan. Bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Tommy maju mencalonkan diri untuk Daerah Pilihan (Dapil) Jawa Barat 5, Kabupaten Bogor.

Pada 23 September lalu, seluruh calon anggota legislatif sudah diizinkan untuk menjalankan masa kampanyenya hingga 13 April 2019 mendatang. Berbagai persiapan pun telah disusun rapi oleh artis 34 tahun itu. Mulai dari mempersiapkan tim, strategi, hingga pengenalan diri ke masyarakat Kabupaten Bogor.

baca juga:

Seiring waktu berjalan, Tommy terus menjalankan misi kampanyenya. Tak lupa ia terus panjatkan doa kepada Tuhan agar keinginannya menjadi anggota DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia) dapat terwujud.

“Sekarang sudah banyak mulai mempersiapkan diri dari segi mempersiapkan tim, sosialisasi ke masyarakat, kebanyakan aspirasi apa yang diinginkan, jadi sudah mulai berkeliling ke beberapa tempat lah, ya berhubungan dengan masyarakat Kabupaten Bogor terutama,” tutur Tommy kepada AKURAT.CO saat ditemui khusus di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Diketahui, sebelumnya pria 34 tahun itu juga sempat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Sayangnya, saat itu niatnya terhenti lantaran suara yang diraihnya tidak mencapai target. Namun hal itu ternyata tidak membuatnya patah semangat, ia justru bertekad ingin mengembangkan dunia olahraga melalui pencalonan anggota legislatif 2019 kali ini.

Kepada AKURAT.CO, Tommy berbincang-bincang lebih dalam mengenai pencalonan anggota legislatifnya di tahun 2019 ini. Berikut hasil lengkap wawancara khusus tim AKURAT.CO kepada Tommy Kurniawan.

Tommy Kurniawan. AKURAT.CO/Rahma Maulidia

Apa yang mendorong Tommy Kurniawan untuk kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, sementara dulu pernah gagal?

Saya rasa, saya ditugaskan oleh partai PKB untuk menjadi seorang anggota dewan yang di mana saya sudah dikader selama 5 tahun belakangan. Banyak hal yang mungkin PKB melihat diri saya ini layak untuk mencalonkan diri kembali.

Pada dasarnya, saya  belum kepengin. Tapi PKB menilai bahwa saya ini pantas dan memiliki wawasan yang cukup untuk bagaimana menjadi anggota dewan, karena sekarang saya pun sudah menjadi staf khusus Menteri Pemuda dan Olahraga (MENPORA). Sayang potensi itu jika tidak dimaksimalkan. Saya mengetahui sedikit-sedikit apa sih sebenarnya yang harus dilakukan pada saat menjadi anggota dewan, salah satunya bagaimana saya mengembangkan regulasi atau payung hukum mengenai dunia olahraga. Karena itu masih sangat minim dan perlu cabang-cabang yang harus dilakukan.

Pertimbangan Tommy Kurniawan memilih mencalonkan diri melalui PKB?

PKB menurut saya partai yang paling nyaman, partai yang paling santai ke-NU-annya, kan memang partainya nationalist tapi agamanya kental sekali, nah sejak lahir Kebetulan saya di didik sejarah NU, jadi cocok dengan budaya, gaya, kenyamanan, tidak terlalu protokoler banget dsb, bisa lesehan dengan siapa saja di sana, kita tetap menghormati bahwa mereka adalah pimpinan kita.

Visi Misi Tommy Kurniawan?

Kalau Kabupaten Bogor ya tentu masih banyak hal yang harus diperhatikan, masih banyak desa tertinggal, terus masih banyak kayak misalnya kemarin ada minta tolong bagaimana anaknya ini berprestasi di dunia internasional secara olahraga karate. Akan tetapi masih belum bisa diperhatikan oleh pemerintah daerah. Bagaimana menolong guru-guru honorer yang memang mereka hak-hak yang masih belum dipenuhi.

Sementara fokusnya lebih kepada bidang olahraga?

Ya. Kalau legislatif secara undang-undang fokusnya tujuan besar saya di sana, tapi tujuan-tujuan kecilnya membantu masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya apa yang bisa kita bantu melalui dewan ini, dalam mendorong pemerintah untuk menjalankan regulasinya dan sebagainya.

Siapa sosok yang menginspirasi di dunia perpolitikan?

Nggak banyak, tentu saya terinspirasi mentor saya, sekjen PKB, Abdul Kadir Gandhi. Dia yang paling utama dan mengajarkan saya tetap istiqomah kalau punya keinginan dalam meraih cita-cita politik.

Lalu siapa tokoh politik lain yang menjadi panutan?

Ya Ada sih contohnya di sini nih ada, ini hasil karya saya RI (sebuah backdrop bertuliskan kutipan-kutipan tokoh politik yang ada di dinding), saya minta ada quote-quote di mana ini bisa menginspirasi, ada Jokowi, ada BJ Habibie, ada Cut Nyak Dien, banyak lagi deh. Lihat aja di foto.

Backdrop. AKURAT.CO/Rahma Maulidia

Banyak artis yang mencalonkan diri menjadi anggota legislatif, tanggapannya seperti apa?

Menurut saya bagus, artis di parlemen juga sangat sedikit mungkin 5% maksimal dari jumlah anggota legislatif yang ada. Saya yakin artis ini memiliki tujuan, memiliki pandangan, dan setiap orang itu memiliki hak politik yang sama. Ya mudah-mudahan kehadiran temen-temen selebritis ini bisa memberikan satu warna, dan saya berharap bisa menambah satu regulasi yang di mana kita cita-citakan bersama.

Contohnya dalam dunia entertain masalah perlindungan kerja, kita artis itu enggak punya perlindungan sama sekali, kalau ada kecelakaan, dalam kontrak itu tidak asuransinya, butuh payung hukum untuk memperkuat temen-temen menjadi kuat di bawah. Nah itu adalah butuh undang-undang. Meskipun sulit untuk menciptakan undang-undang, tapi kalau kita punya kajian, rasionalisasi, terus juga kajian-kajian yang memang oh ya ini dibutuhkan oleh masyarakat, pasti bisa. Saya yakin.

Bagaimana melihat partai yang mengangkat para artis untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, apakah itu menjadi ajang untuk ‘perlombaan’ beberapa partai, di mana para artis memang pada dasarnya sudah punya nama?

PKB tidak seperti itu, saya nggak tahu dengan partai yang lain. PKB lebih mengedepankan bagaimana seorang yang menjadi anggota legislatif itu memiliki kapasitas. Diajari dan lain sebagainya. Jadi, nggak untuk mendompleng lah.

Kalau melihat partai-partai yang lain?

Ya saya enggak boleh dan enggak berani ngomong, kalau itu ya. Karena belum tentu benar. Karena saya tidak ikut campur dalam urusan rumah tangga orang lain, hahaha.

Dari PKB sendiri, ada siapa saja artis yang menjadi calon anggota legislative 2019?

Ada Arzetty, Said Bajuri, Ifan Seventeen, Herman Seventeen, Zora, dan ada Farhat Abbas.

Lalu kalau Tommy Kurniawan terpilih menjadi anggota legislatif 2019, bagaimana keberlanjutan karirnya di ranah lain?

Tetap saja, membangun jaringan bisnis saya dan bergaul bagaimana melihat orang-orang membangun negara ini. Kalau nanti 5 tahun lagi saya ditugaskan oleh partai PKB, dan saya merasa mampu, nggak ada masalah. Kita kan dikader dan dikasih ilmu, dikasih wawasan dan bisa dipergunakan. Kalau ternyata belum bisa dipergunakan saat ini berarti, pada periode berikutnya. Ini baru misalkan ya, belum tentu iya gitu. 

Sementara kalau di dunia hiburan, ini udah seperti ibu buat saya, yang melahirkan saya. Saya rasa seorang anak kapan pun kembali sama ibunya itu pasti akan diterima.

Editor: Andre Purwanto

berita terkait

Image

Gaya Hidup

Kenakan Dad Shoes, Jaden Smith Pamer Kaus Kaki Beda Warna

Image

Gaya Hidup

Bams Blak-blakan Soal Merawat Kulit Wajah

Image

Gaya Hidup

Mau Secantik Isyana Sarasvati? Begini Tipsnya

Image

Gaya Hidup

Sempat Bingung Jalani Diet Pasca Melahirkan, Eriska Rein Lakukan Ini dan Berhasil

Image

Gaya Hidup

Begini Cara Donna Agnesia Didik Anak

Image

Gaya Hidup

Selalu Tampil Cantik, Adakah Treatment Rahasia Eriska Rein?

Image

Gaya Hidup

Termasuk Sesak Napas, Ini Fakta Penyakit yang Merenggut Nyawa Robby Sugara

Image

Gaya Hidup

Lagi dan Lagi, Penampilan Nyeleneh ala Billy Porter di Tony Awards 2019

Image

Gaya Hidup

Meski Sibuk, Ibnu Jamil Tak Kurangi Waktu Tidur 

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Hiburan

Jamal 'Preman Pensiun' Ditangkap Terkait Penyalahgunaan Narkoba

Jamal 'Preman Pensiun' ditangkap di Apartemen Gate Way, Ahmad Yani, Bandung Jawa Barat, Sabtu (20/7), pukul 01.15 WIB.

Image
Hiburan

Ramai Video Kaesang Kunjungi GIIAS 2019, Warganet Salah Fokus ke Celana

Sukses terus bisnisnya ya, Kaesang!

Image
Hiburan

Tak Hanya Nunung, 5 Anggota Srimulat Ini Pernah Terjerat Narkoba

Image
Hiburan

Gara-gara Sosok Arswendo Atmowiloto, Inul Daratista Bisa Punya Rumah Mewah di Pondok Indah

Inul Daratista kenang Arswendo pernah menolongnya saat sejumlah pihak mempermasalahkan goyang ngebor.

Image
Hiburan

Nunung Ditangkap Polisi, Krisna Mukti: Ini Kutukan Srimulat Jangan-Jangan

Krisna Mukti: Narkoba Barang Setan.

Image
Hiburan

Terkait Kasus Narkoba, Petugas Keamanan Duga Nunung Dijebak

Nunung dimata petugas keamanan komplek.

Image
Hiburan

Sutradara Film Parasite, Bong Joon Ho Ingin Jodohkan Putrinya dengan Park Seo Joon

The Divine Fury akan tayang pada 31 Juli mendatang.

Image
Hiburan

Galih Ginanjar Ingin Damai Demi Anak, Ini Reaksi Menohok Hotman Paris

Galih Ginanjar sempat melontarkan pernyataan kalau dirinya ragu King Faaz adalah anak kandungnya.

Image
Hiburan

Datang dari Solo, Anak Kedua Nunung Gak Dibolehkan Bertemu

Bagus menyesalkan tidak dapat izin dari pihak berwajib terkait untuk ketemu ibunya.

Image
Hiburan

Aktor Avengers: Endgame Gabung Film Space Jam 2

Space Jam 2 dijadwalkan rilis di bioskop pada 16 Juli 2020.

trending topics

terpopuler

  1. Selama Proses Pemeriksaan Polisi, Nunung Diberhentikan dari Program 'Ini Talkshow'

  2. Perempuan Gemuk, Dokter Estetika Sarankan Treatment Kecantikan Ini untuk Kamu

  3. Pakai Sabu seperti Nunung, 8 Hal Mengerikan Ini Akan Kamu Alami

  4. Mandiri Akan Paksa Nasabah yang Saldonya Bertambah untuk Kembalikan Uang

  5. Gempa Kuat Goncang Athena, Gedung-gedung Roboh

  6. Sebelum Jadi Ibu Kota Negara, Gubernur: Penuhi Dulu Hak Keadilan Warga Kalteng

  7. Buwas dan Syafruddin Kabarnya Masuk Bursa Ketum PPP, Suharso: Itu Hanya Isu, sebagai Gadis Cantik yang Jadi Rebutan

  8. Waketum PAN Sebut Pengurus DPP Banyak yang Ingin Jadi Oposisi

  9. KPK Disebut Tidak Menghormati Mahkamah Agung Sama Sekali

  10. Guntur Romli: Sekarang Prabowo-Sandi Tahu Rasa Berkoalisi dengan Kelompok Radikal

fokus

Menggapai Haji Mabrur
Mencari Tempat Baru
Problematika Narkotika

kolom

Image
UJANG KOMARUDIN

Rekonsiliasi yang Tak Direstui

Image
Achmad Fachrudin

Menimbang Visi Indonesia Baru

Image
Ilham M. Wijaya

Menyiapkan Kota Sadar Bencana

Image
Abdul Aziz SR

Parlemen Hasil Pemilu 2019

Wawancara

Image
Ekonomi

Roda Ekonomi Ramadan

Dilema Pilih Zakat atau Pajak, Persoalan Klasik yang Mengusik

Image
Ekonomi

Roda Ekonomi Ramadan

Potensi Zakat Indonesia Capai Rp200 Triliun, Sayangnya Masih Sekadar Potensi

Image
Video

VIDEO Ketika Islam Menjadi Pedoman Hidup Dude