image
Login / Sign Up

Kain Songket Disukai Orang Luar Negeri, Tapi Keliru Memahaminya

Abdul Haris

Image

Kain Songket Palembang yang dijual di Bazar Ragam Sriwijaya di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Rabu, (7/11). | AKURAT.CO/ABDUL HARIS

AKURAT.CO Indonesia begitu kaya dengan beragam kerajinan tangan di masing-masing daerah. Salah satunya kain tenun Songket dari Palembang. Songket merupakan kain tenun yang motif dan warnanya dibuat dengan kerajinan tangan yang menjadi salah satu hasil kerajinan masyarakat Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kain satu ini juga mulai banyak dilirik oleh orang-orang luar negeri, sayangnya mereka masih keliru terkait fungsi sebenarnya dari kain ini. Hal itu disampaikan oleh desainer Nila Baharuddin ketika ditemui AkuratTren di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (11/2).

Desainer Nila Baharuddin. AKURAT.CO/Abdul Haris

"Perkembangan songket di luar negeri juga mulai lebih dikenal, mereka suka dan tertarik. Tapi sayangnya mereka masih jadikan kain songket cuma buat pajangan doang, yang bukan fungsi sesungguhnya kain itu dibuat," ungkapnya.

baca juga:

Menurut Nila ada beberapa alasan lain yang membuat orang luar hanya menjadikan kain yang ditenun tersebut sebagai pajangan.

"Karena songket itu kan berat dan warnanya keemasan jadi bagi mereka bingung kalau buat baju gimana buatnya, memakainya gimana kalau gak ada acara spesial khusus. Jadi kebanyakan wall hanging, dipajang begitu aja," tambahnya.

Oleh sebab itu, Nila berusaha menjadikan kain songket untuk lebih dikenal sesuai dengan fungsinya dengan menghadirkan koleksi pakaian yang cocok di mereka.

"Kalau orang luar sendiri, contohnya orang Eropa kalau warna terang masih suka, kalo orang Jepang dia suka warna yang lembut-lembut dengan warna terang yang seperti itu kurang masuk di mereka. Jadi kita harus membawakan nya sesuai ke Mereka untuk dijadikan pakaian," tutupnya.

Editor: Irma Fauzia

berita terkait

Image

Gaya Hidup

Melalui Fashion, Nila Baharuddin Kembangkan Kain Tenun Songket Mendunia

Image

Gaya Hidup

Lagi, Desainer Indonesia Tampil di Ajang Fashion Show Dunia

komentar

Image

1 komentar

Image
normalita vinska

mungkin juga karena budaya kita dan juga budaya mereka itu berbeda, makanya orang luar belum tau apa sebenarnya kain songket itu

terkini

Image
Gaya Hidup

Jegal Menjegal Terjadi dalam Upaya Penurunan Prevalensi Perokok Anak

Pertentangan antar sektor di kementerian masih sangat kencang

Image
Gaya Hidup

Make Up Tutorial Natural ala Vanesha Prescilla

Soal blush on, ada juga tips khusus supaya hasilnya lebih maksimal

Image
Gaya Hidup

Cleansing Oil Jadi Kunci Janine Intansari Bersihkan Make Up Lebih Optimal

Penggosokan yang terlalu keras akan membuat wajah menjadi iritasi, kemerahan, membuat kulit lebih tipis, akhirnya mudah muncul jerawat

Image
Gaya Hidup

ILATC: Diskon Rokok Sangat Jelas Bertentangan dengan Peraturan Pemerintah

"Saya percaya presiden sangat peduli dan punya kebijakan yang lugas soal ini"

Image
Gaya Hidup

Unjuk Rasa di Papua Barat Pengaruhi Pariwisata Papua, Ini Harapan Kadispar

Papua Barat yang memasas. Papua tidak

Image
Gaya Hidup

Pakai 2 Warna, Cara Vanesha Prescilla Aplikasikan Eyeshadow

Vanesha Prescilla lebih pilih warna ombre untuk lipstik

Image
Gaya Hidup

Natasha Rizky Terkesan dengan Makanan Halal di Korea Selatan

Ada resto yang bisa bikin ramen sendiri

Image
Gaya Hidup

Jika Dilanjutkan, Kebijakan Diskon Rokok Bisa Tingkatkan Perokok Anak

"Anak adalah pasar masa depan daripada industri rokok. Anak adalah orang yang akan menggantikan perokok-perokok yang tobat "

Image
Gaya Hidup

Terjadi Kerusuhan di Bandara Sorong, Kadispar Raja Ampat Klaim Wisatawan Aman

Terganggunya Bandara Domine Eduard Osok di Sorong pengaruhi wisata Raja Ampat?

Image
Gaya Hidup

Bertambahnya Wisatawan Muslim, Korea Festival Fair 2019 Kembali Hadir

Nantinya akan ada 12 Travel Agent pilihan yang siap memberikan penawaran menarik paket wisata ke Korea, terutama untuk wisata halal.

Banner Kemendagri

trending topics

banner jamkrindo

terpopuler

  1. Tengku Zulkarnain: Omong Kosong Aja, Separuh Kawan Saya SD Itu Kawin Semua, Nggak Ada Tuh yang Mati

  2. Tuding FPI Pemicu Kemarahan Warga Papua, Warganet Ramaikan Tagar Tangkap Abu Janda

  3. Yang Bertindak Rasis Sekelompok Warga Tak Bertanggung Jawab, yang Repot Satu Negara

  4. Tahu Ada Rusuh, Ketua MUI Papua Nangis di Mekkah: Anarkis Tak Bisa Selesaikan Masalah

  5. Cerita Indra L Brugman yang Tak Canggung Jadi Suami Helmalia Putri

  6. Dikabarkan Dekat dengan Glenn Fredly, 10 Potret Cantik Mutia Ayu

  7. Polsek Kramatjati Duduk Bersama Mahasiswa Papua di Asrama Batu Ampar

  8. 5 Fakta Ilhan Omar, Anggota Kongres AS Berhijab yang Kerap Kena Bully Donald Trump

  9. Diancam Oknum Pengemudi Ojol, Billy Syahputra: Dia Gak Tau Gua Mungkin

  10. Mahasiswa Papua Demo di Medan, Polisi Bagi-bagikan Minuman Kaleng kepada Mereka

fokus

Nikah Cepat
HUT Ke-74 RI
Ekonomi Indonesia, Merdeka?

kolom

Image
Ahmad Irawan

Joko Widodo dan Keutamaan Partai Politik

Image
Dr. H. M. Syarif, MA

Kesan Haji Tamu Raja 2019

Image
Achmad Fachrudin

Koalisi Plus-plus dan Prospek Oposisi PKS

Image
Naila Fitria

Merdeka Sejak Dalam Pikiran

Wawancara

Image
Video

Hari Fotografi Sedunia

VIDEO Kulit Citra Fotografi Jurnalistik

Image
Iptek

Jodie O'tania, Srikandi Tangguh Kepunyaan BMW Indonesia

Image
Iptek

GIIAS 2019

Gaet Milenial Indonesia, Begini Strategi Penjualan Brand Premium BMW

Sosok

Image
News

5 Bukti Kedekatan Gus Dur dengan Masyarakat Papua, Pluralis Sejati

Image
News

Jadi Menteri Perempuan Pertama dari Papua, Ini 7 Fakta Menarik Yohana Yembise

Image
Ekonomi

Belum 25 Tahun, 3 Founder Startup Indonesia Masuk Daftar Pengusaha Tersukses Asia