image angkutan jadul
Login / Sign Up

5 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kehidupan Sehari-hari

Anugrah Harist Rachmadi

Image

HL Manfaat Mendengarkan Musik | MEDIUM

AKURAT.CO, Ketika mendengarkan musik secara otomatis tubuh kita reflek menikmati alunan serta pikiran kita jadi terhibur, bukan? Terlebih jika yang kita dengarkan adalah musik dari musisi favorit kita, wah semakin tambah relaks pastinya.

Namun, tahukah kamu jika musik yang sering kita dengarkan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari? Bahkan mendengarkan musik dapat membantu kita mengurangi stress bahkan depresi berlebih. Tak jarang, banyak ahli-ahli kesehatan yang menjadikan musik sebagai metode untuk membuat pasien lebih relaks.

Nah, penasaran kan apa saja manfaat dari mendengarkan musik? AKURAT.CO menghimpun dari berbagai sumber, Senin (24/9) berikut manfaat musik bagi kehidupan sehari-hari.

baca juga:

1. Membuat pikiran rileks

VIDEO BLOCKS

 

Alunan musik dan nada dari lagu-lagu yang kita dengar membantu kita lebih tenang. Hal ini membuat banyak orang yang memanfaatkan musik sebagai metode terapi. Selain itu, musik juga dapat mengurangi despresi atau tingkat stres seseorang , lho.

2. Membangkitkan mood

VIDEO HIVE

 

Ketika mendengarkan musik yang kita sukai, maka otomatis akan membuat mood meningkat. Alunan lagu yang dikeluarkan musik akan mengalihkan energi kamu dari yang negatif menjadi positif. Selain itu genre musik yang kita perdengarkan juga membantu kita untuk membuat suasan hati lebih ceria.

3. Mengobati gangguan neurologis

ISTOCK

 

Dokter saraf dari Indian Medical Association, Dr. JS Kathpal mengatakan jika musik sangat berperan membantu kondisi neurologis seperti insomnia, depresi hingga cemas. Selain itu, musik juga dapat membantu meningkatkan konektivitas otak serta melepaskan endorfin (hormon bahagia) pada otak. Oleh sebab itu mendengarkan musik akan menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Menurunkan nafsu makan

OVERBLOWN

 

Mendengarkan musik juga sangat efektif bagi kamu yang ingin diet, lho. Karena suasana rileks yang tercipta dari musik melow membuat kamu makan lebih lambat, sehingga hal ini akan membuat kamu lebih cepat kenyang.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

123RF

 

Banyak para ahli yang mengungkapkan, musik dapat menjadi metode untuk mengatasi insomnia serta membantu tidur lebih nyenyak. Terlbih jika yang kamu dengarkan adalah musik klasik. Tak heran bahwa metode mendengarkan musik sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin tidur lebih nyenyak.

Nah, itu dia 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mendengarkan musik. Menurut kamu, selain sederet manfaat di atas, hal apa saja nih yang bisa diperoleh dari mendengarkan musik? Tulis di komen ya.[]

Editor: Sugeng Wahyudi

Sumber:

berita terkait

Image

Hiburan

Begitu Enerjik, Agnez Mo Bawakan 'Shake It Off' di Panggung Lazada Super Party

Image

Hiburan

Penampilan Dua Lipa di Lazada Super Party Akan Disaksikan Ribuan Penonton

Image

Hiburan

Dua Lipa Hingga Agnez Mo Akan Meriahkan Lazada Super Party HUT ke-7

Image

Hiburan

Gelisah Saat Lamaran, Siti Badriah Habiskan 2 Botol Minuman

Image

Hiburan

Lagu 'Lagi Syantik' Meledak, Siti Badriah Dapat Bonus Mobil Mewah

Image

Hiburan

Lagu 'Lagi Syantik' Meledak, Siti Badriah Tak Kuasa Tahan Tangis

Image

Hiburan

Tanpa Jeda, Boyzone Pukau Ribuan Penonton Indonesia di Konser Terakhirnya

Image

Hiburan

Kolaborasi dengan Isyana Sarasvati, Ronan Keating: Suara yang Sangat Menakjubkan

Image

Hiburan

Ronan Keating Ajak Ribuan Penggemar Nyanyi Bersama Mengenang Stephen Gately

komentar

Image

6 komentar

Image
ica juniyanti

yang paling kersa itumembangkitkan mood bener banget

Image
Raflypuhi 23

Mantap emg kalau dengerin musik, biar lebih tenang aja, relaxx bos

Image
Juno Arifin

paling enak tuh dengerin musik pas lagi hujan disore hari

Image
Andika Eka Wardana

bener bgt tuh ane juga klo lagi stress malah dengerin musik biar stressnya ilang

Image
Hera Wati

wahhh ini sih ane banget.. tiap hari juga dngerin musik. wkwk

Image
Hera Wati

wahhh ini sih ane banget.. tiap hari juga dngerin musik. wkwk

terkini

Image
Gaya Hidup

Bolehkah Anak Pakai Make Up?

Sebaiknya sejak usia berapa?

Image
Gaya Hidup

Si Cantik Carissa Perusset Sempat Risih Pakai Body Lotion

Dia tidak suka yang lengket-lengket

Image
Gaya Hidup

Kerap Dijadikan Daun Mistis, Ini Manfaat Hebat Daun Kelor

Di balik kemistisan daun kelor, tanaman ini kerap dieskpor ke berbagai negara karena baik untuk kesehatan tubuhmu

Image
Gaya Hidup

Yuki Kato Ungkap Rahasia Cantiknya

"Buah dan air putih adalah kuncinya"

Image
Gaya Hidup

Langkah Arief Yahya Dorong Startup Pemenang WSA Batch II Capai Unicorn

Tiga startup di sektor pariwisata meraih kesempatan pendanaan dan investasi.

Image
Gaya Hidup

Otak Perempuan dan Laki-laki Sudah Berbeda Sejak di Rahim

Para ilmuwan memindai 118 janin pada usia kehamilan di atas empat bulan untuk melakukan analisis.

Image
Gaya Hidup

Duh, Ternyata Banyak Perempuan Sepelekan Perawatan Kulit Tubuh

Rata-rata perempuan lebih fokus merawat kulit wajah, sehingga tubuh sering diabaikan.

Image
Gaya Hidup

Deretan Kesalahan Fatal dalam Pengaplikasian Maskara

Kamu pasti sering salah melakukan hal ini

Image
Gaya Hidup

Tiga Startup Pariwisata Jawara WSA Batch II 2019

Tiga startup berhasil unggul dari 309 peserta yang mengikuti Wonderful Startup Academy (WSA) Batch II 2019.

Image
Gaya Hidup

Selain Mengontrol Tekanan Darah, Ini Manfaat Hebat Kacang Hijau

Tak boleh dikonsumsi pasien gagal ginjal

trending topics

terpopuler

  1. Lieus Sungkharisma: Jokowi Sudah Berubah 180 Derajat

  2. Kalahkan Myanmar, Sejumlah Pemain Indonesia Dipuji Simon McMenemy

  3. Tundukkan Montenegro, Inggris Kembali Pesta Gol

  4. Charta Politika: Kelemahan Jokowi Apa yang Dijanjikan dengan Perkataan Berbeda

  5. Siswa SMP Maha Prajna Sawer Guru, Sudin Pendidikan Jakarta Utara: Siswa Tidak Dikeluarkan Dari Sekolah

  6. Bantai Thailand, Uruguay Juara Turnamen di China

  7. Tiga Wanita Menumpang Truk Petikemas, Polisi :Kembali ke Kesadaran Masing-masing

  8. Mucikari Ini Hubungi WTS Lewat Fitur Chat Game Clash of Clans

  9. Suka Blackpink, Lucinta Luna Bakal Jalani Operasi Wajah di Korea

  10. Bagaimana Caranya Atasi Rasa Takut Naik Pesawat?

fokus

Angkutan Tempoe Doeloe
Kisah Juru Pijat Tunanetra
Teror Masjid Selandia Baru

kolom

Image

FOTO Kampanye Terbuka di Bali Prabowo Sapa Pendukungnya

Image
Muh Tunjung Nugroho

Basis Pajak dan Penurunan Tarif PPh

Image
Ujang Komarudin

Ribut-Ribut Survey Litbang Kompas

Image
Achmad Fachrudin

Dilema KPU Mengatasi Problem DPT

Wawancara

Image
Hiburan

Jais Darga: Pelukis Indonesia Harus Lebih Agresif

Image
Gaya Hidup

Kampung Investasi Hati dan Cerita dari Tabanan

Image
Video

VIDEO Kampung Investasi Hati dan Cerita dari Tabanan

Sosok

Image
Olahraga

Conor McGregor

McGregor: Petarung UFC yang Penuh Kontroversial

Image
News

Dari Resepsionis hingga Duta Besar, 4 Fakta Perjalanan Karier Tantowi Yahya

Image
News

5 Fakta Hebat Silvia Halim, Direktur Konstruksi MRT Jakarta