image
Login / Sign Up

Pempek Sudah Biasa! Palembang Punya Kemplang untuk Oleh-oleh

Chodijah Febriyani

Asian Games Jakarta-Palembang 2018

Image

Kemplang, Jajanan Kuliner Palembang | ISTIMEWA

AKURAT.CO, Palembang makin mendunia karena saat ini menjadi salah satu kota perhelatan Asian Games 2018.

Jika Anda di Palembang untuk Asian Games, tak salah jika melipir sejenak mencari kudapan enak. Pempek? Ah, sudah biasa!

Coba Kemplang. Kudapan ini akan mudah kamu jumpai di pusat perbelanjaan atau tempat oleh-oleh di sekitaran Palembang. Kemplang merupakan kerupuk yang diolah berbeda dari yang biasanya.

baca juga:

Dulu, nama Kemplang berasal dari dialek Melayu lokal Sumatera yang artinya 'memukul'. Karena, proses pembuatan adonan kemplang perlu dipukul hingga rata. Setelah dipukul, Kemplang dibentuk bulat pipih dan melebar, lalu adonan tersebut dipanggang atau dibakar di atas bara api. Bentuknya tak hanya bulat. Ada yang dijual dengan bentuk lonjong kecil-kecil. 

Kemplang, Jajanan Kuliner Palembang. ISTIMEWA

Untuk bahannya, dulu kemplang terbuat dari ikan belida. Karena ikan tersebut sudah jarang ditemui dan harganya mahal, kini diganti ikan gabus.

Rasa jajanan ini tak pernah bikin kecewa. Kemplang sangat gurih dan renyah, cocok sekali menjadi teman makan menggunakan sambal, lauk pauk dan tak lupa dengan nasi panas.

Sambalnya khusus, yang terbuat dari asam, cabai, air dan gula. Cobain deh![]

Editor: Bonifasius Sedu Beribe

Sumber:

berita terkait

Image

News

Penyelundupan Sabu 2,6 Kg di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin Berhasil Digagalkan

Image

Olahraga

Proliga 2019

Ke Final, Surabaya Samator Tantang Jakarta BNI 46

Image

Olahraga

Proliga 2019

Jakarta BNI 46 Masih Terlalu Tangguh untuk Bank Sumsel Babel

Image

Ekonomi

Adhi Karya dan KAI Optimis LRT Jabodebek Bakal Ramai

Image

News

Ada Pihak Menyebut LRT Palembang Percuma, Ini Pembelaan Moeldoko

Image

Ekonomi

Pengguna Jasa Kapal Cepat Melonjak Imbas Tiket Pesawat Mahal

Image

Ekonomi

Pemerintah Subsidi LRT Palembang Hingga Mampu Mandiri

Image

Ekonomi

Menteri Budi Ingin Pemerintah Daerah Serius Kelola LRT di Palembang

Image

Ekonomi

Menhub Tegaskan LRT Palembang Tetap Akan Operasional

komentar

Image

2 komentar

Image
ayunda reza

iyya tuh kayanya enak banget ya, jadi pengen deh.. cocok banget buat dijadiin cemilan dirumah..

Image
normalita vinska

duhhhh kerupuk ini tuhh enak banget apalagi di tambah dengan sambelnya wuhh membuat kemplang semakin enak lohhh kalian juga pasti suka

terkini

Image
Gaya Hidup

Kenyang! Jumbonya Nougat di Ropang OTW

Yakin makan sendiri?

Image
Gaya Hidup

Sering Tak Bergejala, Yuk Lebih Kenali Batu Ginjal

"Batu ginjal bisa dihancurkan, dan keluar melalui saluran kencing"

Image
Gaya Hidup

Nongkrong Asyik Ditemani Roti Panggang di Ropang OTW

Roti dan selainya buatan sendiri

Image
Gaya Hidup

Faktor Psikososial Jadi Pemicu Hipertensi, Ini Penjelasannya

Cara mengatasinya sesimpel ini saja

Image
Gaya Hidup

Khawatir Kecanduan Pornografi? Ini 5 Tips Mengalihkan Pikiran Mesum

Pikiran mesum yang ada di otak hanya bisa dikendalikan oleh diri kita sendiri

Image
Gaya Hidup

Meghan Markle Santai dengan Topi dan Sneakers di Bandara

Adidas sangat beruntung sepatunya dipakai anggota kerajaan

Image
Gaya Hidup

Akhirnya Slank Punya Kafe

Nama menunya dari judul-judul lagu Slank

Image
Gaya Hidup

Ketahui Obat-obatan yang Bisa Bikin Darah Tinggi

Termasuk pil KB dan obat kontrasepsi

Image
Gaya Hidup

Walau Banyak Konflik, Palestina Masih Jadi Idaman Turis Indonesia

Turis indonesia doyan belanja

Image
Gaya Hidup

Benarkah Menderita Hipertensi Miliki Gejala Sakit Kepala? 

Ada pemahaman yang keliru selama ini

trending topics

terpopuler

  1. Balas Budiman Sudjatmiko, Dahnil: Receh Banget Komentarmu Om

  2. Intimidasi dari Peserta Munajat 212, Pengamat: Hentikan Kekerasan terhadap Jurnalis!

  3. Ruhut Sitompul: Sudirman Said Dicopot sebagai Menteri Karena Tidak Punya Prestasi

  4. Netizen ke Jimly Asshiddiqie yang Maju Jadi Legislator: Tapi Sayang Ya, Jejak Digital Bapak Tidak Dukung 212

  5. Masih Lajang di Usia 40 Tahun, 7 Aktris Korea Ini Tampak Awet Muda

  6. Puisi Neno Warisman Diperbincangkan, Teddy: Diduga Kuat Mengancam Allah

  7. 19 Tahun Tak Terdeteksi, Ternyata WinRAR Menyimpan Bug Berbahaya

  8. Pujian Buat Susi Soal Kapal Andrey Dolgov, Fans: Dahsyat Bu, yang Masih Bilang Pencitraan Kasih Dia Sambel Jengkol

  9. 8 Potret Paundrakarna, Cucu Soekarno yang Jadi Artis

  10. 5 Potret Kaesang Temani Presiden Jokowi Jenguk Ani Yudhoyono, Salfok sama Badannya

fokus

Debat Pilpres 2019
Mengupas Visi Misi Ekonomi Paslon
Golden Globe 2019

kolom

Image
Dr. Idham Holik

Mengenal Polling Palsu Pemilu

Image
Ujang Komarudin

Saling Serang Pasca Debat

Image
Ilham M. Wijaya

Peluang dan Tantangan KPBU Properti

Image
Pangi Syarwi Chaniago

Panggung Debat Kedua Milik Jokowi

Wawancara

Image
Hiburan

Dik Doang: Aku Sedang Berjalan di Kesunyian

Image
Iptek

Debat Pilpres 2019

Ahmad Agus Setiawan: ‘Milenial Lebih Cepat Beradaptasi pada Sisi-sisi Tertentu, Terutama Digital’

Image
Hiburan

Cerita Egy Fedly Saat Pandangan Pertama Menjemput Jodoh

Sosok

Image
Ekonomi

Mengagumkan! Ibu Empat Anak Ini Ternyata Jack Ma-nya Rusia

Image
News

5 Pejabat Ini Rajin Sempatkan Berolahraga di Sela Kesibukan Urus Negara

Image
News

10 Potret Budi Djiwandono, Keponakan Prabowo yang Mencuri Perhatian