image
Login / Sign Up

Ini 7 Ide Usaha untuk Raup Banyak Keuntungan di Hari Kemerdekaan

Andi Syafriadi

HUT Ke-74 RI

Image

Petugas mengibarkan spanduk pada gladi resik upacara pengibaran bendera merah putih dalam akuarium Sea World, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Senin (12/8/2019). Pengibaran bendera merupakan gladi resik upacara menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. Acara itu turut dimeriahkan oleh penyanyi dan anak Adji Massaid, Aaliyah Massaid. | AKURAT.CO/Endra Prakoso

AKURAT.CO Gak terasa sebentar lagi kita bakal merayakan Hari Kemerdekaan. Itu tandanya bakal ada tujuh usaha kecil yang menjanjikan buat dicoba saat ini juga. Tentu aja ini bisa kamu coba. Keuntungannya juga lumayan besar.

Modalnya gak besar-besar amat kok. Bisa dibilang cukup minim atau mungkin malah bisa tanpa modal sama sekali. Syaratnya, kamu bisa meyakinkan para pedagang buat membantu dagangan mereka laris.

Tanpa menunggu lama lagi, yuk kita simak tujuh usaha kecil yang menjanjikan di bulan kemerdekaan ini. Berikut ulasan lengkapnya.

baca juga:

1. Bendera Merah Putih dan umbul-umbul

Penjahit Bendera Merah Putih Kebanjiran Order. AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

Pada 17 Agustus, udah pasti ada pengumuman buat memasang Bendera Merah Putih di halaman rumah. Tujuannya ya buat mengenang jasa-jasa pahlawan. Itu tandanya, jualan bendera tentu bisa jadi usaha kecil yang menjanjikan menjelang Hari Kemerdekaan.

Kalau emang kamu bingung beli di mana, ya beli aja online. Setelah itu kamu jajakan langsung ke calon-calon pelanggan. Atau bisa juga kamu sendiri yang beli kain yang harganya Rp 20 ribuan per satu meter. Tinggal ke tukang jahit buat menjahit benderanya deh.

Dijahit manual pun sebenarnya bisa, tapi prosesnya butuh ketelitian tingkat tinggi. Belum lagi waktu pengerjaannya juga bisa lama banget.

Selain bendera, tentu aja kamu juga bisa bisa menjual versi umbul-umbulnya alias yang lebih panjang. Kalau pilihannya ini, dari awal kamu beli kain yang lebih panjang. Kamu juga harus beli bambu buat dijadikan tiang. Biar sekalian gitu.  

2. T-shirt bertema Indonesia

Baju 17 Agustus.

Gak sedikit orang-orang yang ikut 17 Agustusan pengin tampil lebih stylish dan beda. Itulah sebabnya kenapa kamu disarankan juga buat berbisnis t-shirt. Ini termasuk usaha kecil yang menjanjikan.

Gak mesti berwarna dasar merah atau putih kok, warna lain pun bisa tapi desainnya harus menarik dan bertemakan Indonesia.

Buat berbisnis t-shirt, kamu harus pintar-pintar cari vendor berkualitas. Terkadang ada yang murah tapi kualitasnya gak bagus. Ada juga yang bagus tapi harganya mahal.

Biasanya sih, vendor-vendor t-shirt murah berkualitas bisa kamu jumpai di Bandung. Tapi, tetap aja harus pintar-pintar nawar juga deh biar untung.

Buat desain, seenggaknya kamu bisa siap dengan tiga desain. Jangan terlalu sedikit dan jangan kebanyakan juga. Alangkah lebih baiknya lagi kalau kamu mulai usaha ini dengan sistem pre-order secara online biar gak merugi.

Pengin ready stock juga boleh, tapi ya risikonya cukup besar aja.

3. Penyewaan baju adat plus tata rias

Baju Adat.

Kabar baik nih buat kamu yang berprofesi sebagai make-up artist. Jelang 17 Agustus kamu bisa buka usaha kecil yang menjanjikan dengan menyewakan baju adat. Tentu aja sekaligus dengan jasa tata riasnya.

Target pasar dari usaha ini adalah orangtua yang anaknya masih duduk di Taman Kanak-Kanak. Tentu kamu sering lihat kan ada pawai 17 Agustus yang diramaikan oleh anak-anak.

Coba perhatikan, rata-rata mereka yang ikut pawai pasti pakai pakaian adat. So, dengan membuka tempat penyewaan baju adat ini, kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan besar bukan?

Usaha ini umumnya ramai pada Hari Kartini. Jadi kalau kamu beli peralatannya dari sekarang, tahun depan tentunya bisa mendulang rejeki lagi dari bisnis kecil-kecilan ini.

4. Pakaian warna merah dan putih

Pedagang Kostum Timnas Indonesia di Stadion Patrio. AKURAT.CO/Abdul Aziz Prastowo

Kalau yang nomor dua adalah t-shirt, nah yang nomor empat itu pakaian secara umum. Jadi termasuk kemeja, celana, jaket, t-shirt, atau rok.

Beberapa instansi atau perusahaan mewajibkan karyawannya mengenakan seragam tematik jelang Hari Kemerdekaan. Daripada mereka bingung cari baju di mana dan nanti ujung-ujungnya mahal, mendingan kamu jual aja pakaian dengan warna itu.

Pastikan juga harga jualnya gak perlu mahal-mahal amat, yang penting bisa balik modal. Soalnya, orang-orang kantoran di tanggal segitu biasanya udah kena sindrom tanggal tua.

5. Piala atau trofi

Illustrasi Piala/trofi SKYSPORTS

17 Agustusan identik dengan yang namanya lomba. Nah, dari lomba tentunya ada pemenang dan yang kalah.

Pemenangnya pasti dapat piala, kan? Gimana kalau kamu aja yang menjual pialanya ke panitia lomba? Ini usaha kecil yang menjanjikan lain yang bisa kamu coba bulan ini.

Selain piala, kamu juga bisa jual medali dan piagam. Tapi biasanya sih buat 17 Agustusan lebih seru kalau pakai piala.

6. Jasa fotografi

Selfie. Straits Times

Seperti yang dijelaskan di atas, perayaan Hari Kemerdekaan erat dengan lomba. So, jasa fotografi bisa jadi usaha kecil yang menjanjikan lain.

Nah, berhubung sekarang masih ada waktu, gimana kalau kamu main aja ke rumah pak RT menawarkan jasa tersebut? Syukur-syukur pak RT setuju dan membayarmu.

Kalaupun gak dibayar, ya kamu juga bisa jual foto itu di Internet. Kan ada situs-situs yang siap membayar karya foto kamu buat dijadikan ilustrasi.

7. Makanan dan minuman ringan

makanan ringan. Andoy

Biar para peserta lomba dan panitia gak kehausan dan kelaparan, baiknya kamu buka lapak jajanan di dekat lokasi. Usahakan jual camilan berupa kue-kue basah atau es buah. Dijamin laku keras deh kalau urusan jual jajanan di sana. Pasti semua pada lapar deh.

Gak perlu buka waralaba makanan atau minuman kok, beli aja barang-barangnya di pasar, keuntungan bisa didapat dari marjin harga.  

Itulah tujuh usaha kecil yang menjanjikan yang bisa kamu lakoni menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tertarik menjalankan salah satu di antaranya? Mulai dari sekarang aja yuk mumpung 17 Agustus masih lama. []

Editor: Denny Iswanto

berita terkait

Image

Ekonomi

Bisnis Ternak Hewan 'Nyeleneh' yang Menghasilkan Banyak Uang

Image

Iptek

Google Perpanjang Waktu Layanan Hangouts untuk Akun Bisnis

Image

Ekonomi

Ingin Kantongi Cuan Puluhan Juta Rupiah? Coba Ternak 5 Hewan Ini

Image

Ekonomi

Dialog Infrastruktur Indonesia-Afrika Hasilkan Kesepakatan Bisnis Rp12,3 TriliunĀ 

Image

Ekonomi

Social Commerce vs E-Commerce, 7 Hal Ini Bikin Bisnis Makin Bercuan

Image

Ekonomi

Sido Muncul: Relokasi Pabrik Anak Usaha Masih Dirancang

Image

Ekonomi

WIKA Catat Kesepakatan Bisnis Dengan Afrika Senilai USD365 Juta

Image

Ekonomi

Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri, Ini 5 Cara Cerdas Anti Baper Hadapi PHK

Image

Ekonomi

6 Hewan Ternak yang Cocok Dibudidayakan di Indonesia dan Membawa Berkah

komentar

Image

1 komentar

Image
ayunda reza

Waahh iya tuh bnr bgt.. baju adat yg sering dicari bwt lomba

terkini

Image
Ekonomi

Pemerintah Akan Jadi Pemegang Mayoritas Saham Tuban Petrochemical

Pemerintah dalam perkembangannya saat ini terus berupaya mencari cara menyelesaikan permasalahan yang melanda Tuban Petrochemical Industries

Image
Ekonomi

SPBU Pertamina di Kota Sorong Telah Beroperasi Normal

Pertamina memastikan stok BBM di Terminal BBM Sorong dalam kondisi baik dan aman.

Image
Ekonomi
Ekonomi Indonesia, Merdeka?

Di Bulan Kemerdekaan, Keuangan Anda Merdeka Juga Menurut Zodiak?

Untuk mengetahui ramalan zodiak baik dan buruknya mengenai keuangan Anda, dibawah ini akurat.co sajikan secara lengkap.

Image
Ekonomi

APNI Harap Larangan Ekspor Bijih Nikel Tidak Dipercepat

Kebijakan ini hanya akan menganggu proses pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) yang tengah dijalankan.

Image
Ekonomi

Menteri Rini Targetkan Penanganan Tumpahan Minyak Pertamina Rampung September 2019

Rini dorong Pertamina untuk mempercepat penanganan atas tumpahan minyak dan ditargetkan penanganan tuntas September 2019.

Image
Ekonomi

Jawab Soal Ekspor nikel, Menko Luhut: Tak Ada Loby Meloby

Ekstrak kobalt dari sana akan jadi bahan material baterai litium dan 70 persen itu semua ada di Indonesia.

Image
Ekonomi

Begini Penampakan Penataan Ibu Kota Baru di Kaltim

Akurat.co mencoba menjabarkan mengenai gagasan rencana dan kriteria desain ibu kota negara yang baru.

Image
Ekonomi

Jualan Pas Konsumen Puas, 3 Cara Tepat Tentukan Harga Produk

Penjualan dengan sistem paket atau bundling ini bisa dimanfaatkan karena dapat mendongkrak volume atau jumlah penjualan produk.

Image
Ekonomi

BI Turunkan Lagi Suku Bunga Acuan, Ini Alasannya

Alasan penurunan suku bunga tersebut sebagai langkah pre-emptive untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Image
Ekonomi

Mendag Klaim Kinerja Perdagangan Indonesia Semakin Membaik, Faktanya?

Mendag klaim perdagangan Indonesia mulai membaik.

Available
Banner Kemendagri

trending topics

banner jamkrindo

terpopuler

  1. Ditanya Menyesal Jadi Mualaf, Deddy Corbuzier: Sakit Mendengarnya!

  2. Kritik Jokowi, Ini 6 Fakta Sepak Terjang Karier Gubernur Papua Lukas Enembe

  3. Jaksa Satriawan Masih Ditemui Warga Sedang Ibadah Salat Magrib saat Hari OTT KPK

  4. Pembangunan Stadion di Lahan Sengketa Berlanjut, Gubernur Anies Dinilai Tak Hormati Proses Hukum

  5. Hubungi Wagub Papua Barat, Sandiaga Uno Tawarkan Bantuan

  6. Sindir Kinerja Jokowi, 5 Fakta Menarik Sherly Annavita Rahmi

  7. Setelah Getah Getik, Kini Terpampang Batu Bronjong Senilai Rp150 Juta di Bundaran HI

  8. Gak Jadi Diperiksa, Ternyata Nikita Mirzani Sudah Kirim Surat ke Polisi

  9. Perlukah UAS Minta Maaf? Ini Dua Pandangan Berbeda Yunarto dan Budiman Sudjatmiko

  10. Diam-diam Astra Menangi Tender Pengadaan Kendaraan Menteri, Segini Nilainya

Available

fokus

Hari Fotografi Sedunia
Nikah Cepat
HUT Ke-74 RI
Available

kolom

Image
Ujang Komarudin

Dirgahayu RI ke 74 dari Oligarkis ke Demokratis

Image
Ahmad Irawan

Joko Widodo dan Keutamaan Partai Politik

Image
Dr. H. M. Syarif, MA

Kesan Haji Tamu Raja 2019

Image
Achmad Fachrudin

Koalisi Plus-plus dan Prospek Oposisi PKS

Available

Wawancara

Image
Ekonomi

Eksklusif Destry Damayanti, DGS BI yang Mencintai Moneter dan Fotografi

Image
Video

Hari Fotografi Sedunia

VIDEO Adek Berry, Memahami Kehidupan saat di Daerah Konflik

Image
Video

Hari Fotografi Sedunia

VIDEO Kulit Citra Fotografi Jurnalistik

Sosok

Image
News

5 Fakta Frans Kaisiepo, Aktivis Kemerdekaan RI Sejak Muda Asal Papua

Image
News

Terpilih Kembali Jadi Ketum PKB, Ini 6 Fakta Perjalanan Karier Cak Imin

Image
News

5 Ustaz Ini Pernah Bikin Heboh Tanah Air karena Kontroversinya