image banner ramadan
Login / Sign Up

Kantong Kering Setelah Libur Panjang? Pulihkan dengan 5 Cara Ini

Dhera Arizona Pratiwi

Image

Menghabiskan waktu bersama para sahabat bisa memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan risiko penyakit jantung, dan membantu tubuh mengatasi rasa nyeri | SBS Australia

AKURAT.CO Libur panjang akhir pekan atau long weekend pasti sudah menguras keuangan kamu. Tapi jangan sedih dan menyesal, kamu berhak kok untuk sejenak melarikan diri dari rutinitas sehari-hari yang menjenuhkan.

Nah, sekarang saatnya kamu memulihkan kembali keuangan pascaliburan. Susah-susah gampang sih, tapi tidak ada salahnya untuk kamu tetap semangat kembali mengumpulkan pundi-pundi uang, agar kamu bisa liburan lagi.

Berikut ini lima tips memulihkan keuangan kamu pascaliburan, dilansir dari MoneySmart, Jakarta, Senin (22/4/2019):

baca juga:

1. Mengecek pengeluaran selama liburan

Usai liburan badan dan pikiran emang lebih fresh. Tapi gak jarang juga kamu terserang ‘holiday lag’ alias gak rela liburan udah selesai. Tapi kamu harus segera kembali ke dunia nyata dan mencatat semua pengeluaran yang kamu ingat selama liburan. Detail lebih bagus. Kalau lupa-lupa sedikit sih gak masalah. Namanya juga liburan, pasti kamu gak mau kan diribetin sama hal lain selain bersenang-senang.

2. Simpan dana terpisah

Setelah kamu tahu berapa total pengeluarannya, coba untuk mulai mengembalikkan uang kamu ya. Jangan lupa untuk membuat target berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengembalikkan uangmu lagi dan harus disiplin juga sama diri sendiri. Tapi biar kamu gak bingung dan dana terpakai gak sengaja. Lebih baik kamu menyimpannya ditempat terpisah.

Misalnya kamu membuat tabungan lagi jadi uangmu pun gak tercampur sama uang untuk kebutuhan sehari-harimu. Dengan cara begitu, kamu akan lebih bisa mengontrol dan mengetahui jumlah uang yang udah terkumpul.

3. Membatasi penggunaan kartu kredit

Salah satu hal lagi yang harus kamu lakukan untuk memulihkan keuangan kamu usai liburan adalah dengan membatasi penggunaan kartu kredit. Jadi sebaiknya tahan diri terlebih dahulu ya untuk menggunakan kartu kredit biar utang gak numpuk dan kamu juga terbebas dari gaya hidup konsumtif.

Jangan karena terbawa nafsu ngeliat diskon di mall terus tanpa pikir panjang kamu membelinya, padahal kalau dipikir-pikir kamu gak butuh. Karena itu, gunakanlah kartu kredit dengan bijak biar keuanganmu kembali stabil usai berlibur.

4. Mengatur prioritas pengeluaran

Kalau selama ini kamu sering nongkrong atau cuma ngopi-ngopi cantik. Mungkin kini waktunya kamu harus mulai membatasinya ya. Misalnya ngopi cantik dua minggu sekali atau kalau udah terlanjur janji kamu bisa menyiasatinya dengan makan terlebih dahulu di rumah sebelum nongkrong, jadi saat di cafe kamu hanya pesan minum saja.

Kalau kamu mau mengembalikan pengeluaran liburanmu, kurangi semua aktivitas hura-hura ya. Intinya, hidup hemat kalau kamu benar-benar bertekad untuk memulihkan keuangan usai liburan dan nabung buat rencana liburan berikutnya.

5. Cari uang tambahan

Kini banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Misalnya kamu bisa menulis, nah kamu bisa banget tuh jadi freelance nulis.

Atau buat kamu yang suka makeup, kamu bisa jadi makeup artist. Daripada setiap weekend nongkrong justru buang-buang duit, mending dimanfaatin buat meraup pundi-pundi uang kan?

Intinya, cari penghasilan tambahan tuh tergantung kamu niat atau gak. Lumayan kan bisa nambahin tabungan. Jadi jumlah tabungan gak segitu-gitu aja. []

Editor: Denny Iswanto

berita terkait

Image

Ekonomi

Roda Ekonomi Ramadan

AXA Financial Gandeng MUI Perkenalkan Wakaf Mudah

Image

Ekonomi

Roda Ekonomi Ramadan

Pemilik 5 Zodiak Ini Akan Langsung Habiskan THR-nya, Apa Saja?

Image

Ekonomi

Roda Ekonomi Ramadan

Daripada Buat Konsumsi Berlebihan, Ini 5 Tips Gunakan THR Secara Bijak

Image

Ekonomi

Bingung Liburan Lebaran? 10 Tempat Wisata Luar Negeri Murah Ini Bisa Jadi Pilihanmu

Image

Ekonomi

Roda Ekonomi Ramadan

THR Cair tapi Bingung Ngaturnya? Intip Nih Caranya

Image

Ramadan

Buber Kantor? 5 Zodiak Ini Pilih Tempat Makan yang High Class

Image

Gaya Hidup

Selalu Gagal dalam Berwirausaha? Begini Tipsnya Agar Sukses

Image

Ekonomi

Sebanyak 232 Pemda Sudah Bayarkan THR Tepat Waktu

Image

Ekonomi

Roda Ekonomi Ramadan

Empat Tips Agar Tak Terjebak Macet Saat Mudik

komentar

Image

1 komentar

Image
Gethya SN

Tipsnya bagus banget nih, makasih infonya..

terkini

Image
Ekonomi

Pertumbuhan Kredit KPR BTN Hingga April Capai 22,29 Persen

Adapun perseroan menargetkan dapat mencapai pertumbuhan KPR di kisaran 25 persen untuk keseluruhan tahun 2019.

Image
Ekonomi

Jokowi Sebut Bahlil Lahadalia Cocok Jadi Menterinya

Joko Widodo menyebut Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia cocok menjadi menteri.

Image
Ekonomi

Jokowi Minta HIPMI Berperan Tingkatkan Ekspor dan Investasi RI

Jokowi meminta HIPMI dapat membantu meningkatkan ekspor dan investasi di Indonesia.

Image
Ekonomi

Jokowi Blak-blakan Soal Kriteria Menteri di Kabinetnya Nanti

Orang yang dapat mengeksekusi program dan punya kemampuan manajerial untuk menduduki posisi menteri dalam kabinet kerja.

Image
Ekonomi
Perang Dagang

Analis: Penjualan Global Huawei Bisa Turun Hingga 25 Persen

Penjualan internasional Huawei Technologies Inc. diperkirakan melemah hingga seperempat, bahkan, produk smartphone-nya dapat menghilang.

Image
Ekonomi

Asyik, Pengguna Kendaraan Roda Dua Juga Punya Jalur Mudik Alternatif

Untuk meningkatkan kualitas Jalan Inspeksi Kalimalang, dari total 61,7 Km telah ditangani penuh sepanjang 46,1 Km oleh Kementerian PUPR

Image
Ekonomi
Roda Ekonomi Ramadan

AXA Financial Gandeng MUI Perkenalkan Wakaf Mudah

Melalui program wakaf mudah ini siapa pun dapat mewakafkan sebagian harta yang dimilikinya.

Image
Ekonomi

Tak Pernah Respon Surat PKE, Rekind Kemana?

Ketidaksesuaian administrasi kerja sama oleh PT. Rekayasa Industri (Rekind) kepada PT. Prima Kana Energy (PKE) masih menjadi polemik.

Image
Ekonomi

Tanpa Indonesia Jalur OBOR China Tidak Akan Terhubung

Indonesia sebagai salah satu negara dengan posisi yang sangat strategis, menjadi incaran proyek Jalur Sutra China.

Image
Ekonomi

BTN Siap Akselerasi Kepemilikan Hunian yang Terjangkau Bagi Rakyat Bersama Tapera

Kehadiran BP Tapera akan menjadi stimulus bagi industri pembiayaan perumahan untuk tumbuh positif.

Available

trending topics

Available

terpopuler

  1. Abdillah Toha: Sayang Sekali, Saya Dulu Beranggapan BW itu Ahli Hukum yang Berintegritas

  2. Paranormal: Allah Tak akan Salah Berikan Takdir-Nya, Tuhan Punya Rencana Maha Indah Dibanding Rencana Siapapun untuk Indonesia

  3. Punya Rekam Jejak Hitam, Gede Pasek Minta MK Waspadai Bambang Widjojanto 

  4. Denny Siregar: Dengar-dengar si Tope Ditangkap, Kenapa Nggak dari Dulu

  5. Tengku Sedih: Haruskah Kita Patuh 100 pada Tuan daripada Patuh kepada Tuhan?

  6. Saat Sekarat, Van Dijk Sempat Tulis Surat Wasiat untuk Sang Ibu

  7. 6 Artis Cantik ini Kenakan Cadar saat Umrah, Makin Anggun!

  8. Paranormal: Flash Back! Ibarat Tinju, Jokowi Hanya Bertahan Tanpa Perlawanan, Ibarat Bola, Jokowi Hanya Kuasai 30 % Ball Possesion

  9. Mencari Inspirasi dan Berburu Busana Lebaran di Ramadan Runway 2020

  10. Tengku Angkat Istilah Pribumi Langsung Ditentang Yunarto, Kemudian Diingatkan Priyo

Available

fokus

Momen Istimewa
Sudut Lain
Kaum Marginal
Available

kolom

Image
UJANG KOMARUDIN

Indonesia Terluka

Image
Alto Labetubun

Aksi Kedaulatan Rakyat, Gerakan Mandul Para Pensiunan

Image
Achmad Fachrudin

Spirit Ramadhan di Tengah Krisis Demokrasi

Image
Ujang Komarudin

Menolak Hasil Pemilu

Available

Wawancara

Image
Video

VIDEO Vitamin Dakwah Ustaz Fadlan Garamatan Islamkan Papua

Image
Video

VIDEO Ketika Suara Azan Merubah Roger Danuarta

Image
Video

VIDEO Air Mata Alyssa Menjalani Peran Istri dan Ibu

Sosok

Image
Gaya Hidup

Selalu Gagal dalam Berwirausaha? Begini Tipsnya Agar Sukses

Image
Ekonomi

Roda Ekonomi Ramadan

Menakar Mata Uang Ala Ibnu Miskawaih

Image
News

5 Potret Rupawan Anggota Brimob Asli Manado yang Dikira Polisi China