image
Login / Sign Up

Kisah Luhut, Pernah Diberhentikan Jadi Menteri lalu Jadi Pengusaha Sukses

Andi Syafriadi

Image

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers di Nusa Dua Bali. | AKURAT.CO/Denny Iswanto

AKURAT.CO Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Kemaritman membagikan kisah menariknya ketika saat hadir dalam acara Kadin Talks dihadapan para pengusaha-pengusaha besar.

Ia beberkan kisah masa hidupnya ketika menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan hingga berubah menjadi pengusaha tambang.

Luhut mengatakan di depan para pebisnis bahwa awalnya ia merupakan Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada saat era Gus Dur, tak lama setelah satu tahun menjabat ia kemudian diberhentikan dari posisinya. 

baca juga:

"Saya dulu merupakan Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada jaman Pak Gus Dur, setelah setahun bekerja saya tiba-tiba diberhentikan, otomatis hati saya bergejolak dong," ujarnya di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Kemudian ia menambahkan, "Ketika saya lagi goyah-goyahnya, saya ngadu ke Tuhan, ya Tuhan kok nasib saya seperti ini ya, uang lagi tidak ada, baru kerja setahunpun sudah diberhentikan."

Tak hanya mengadu kepada Tuhan, Luhut pun minta agar diberikan solusi kepada Tuhan, ia mengatakan "ya Tuhan saya punya duit 1 Miliar doang apa yang harus saya lakukan."

Setelah meminta solusi kepada Tuhan, Luhut dengan berbekal modal uang dan nekat pun menjalankan bisnis di sektor Energi dan Sumber daya Mineral.

"Setelah mengadu kepada tuhan, saya berfikir sepertinya saya harus menjalankan bisnis di bidang energi dan Mineral, yaa kebetulan saya punya sekolah dan butuh subsidi, lalu tiba-tiba saya dapat konsesi seluas 15.000 ha, langsung saya garap dah," ujar Luhut.

Ternyata, lanjut Luhut, Doa serta aduannya langsung di terima oleh Tuhan, "ya kita ga tau bagaimana cara kerja Tuhan atau seperti apa namun saya bersyukur Tuhan menjawab aduan saya dengan cepat."

"Dibalik dari pemberhentian saya dari Menperindag, ternyata Tuhan memberikan hal yang lebih baik kepada saya, Tuhan masih sayang sama saya," ujarnya lagi.

Untuk berhasil dalam hidup, lanjut Luhut, ada beberapa kunci utama yang bisa diterapkan, di antaranya adalah selalu bersyukur kepada Tuhan, jadikan pelajaran dari setiap kesempatan serta terus berusaha keras dalam menjalankan pekerjaan.

Dan tak luput juga, perlunya membangun koneksi atau pertemanan yang baik. []

Editor: Denny Iswanto

berita terkait

Image

News

Ini Pesan Terakhir Mbah Moen untuk NU: Milik Muslim Indonesia yang Menyatukan Bangsa

Image

News

Nostalgia, Mahfud MD Ngaku Pernah Dijuluki Gus Dur 'Peluru Tak Terkendali'

Image

Hiburan

Inspiratif, 7 Anak di Bogor Ini Rela Sisihkan Uang Jajan untuk Beli Sapi Kurban

Image

Hiburan

Bikin Terenyuh, Pria Tua Mencari Rezeki dengan Menjadi Badut Keliling

Image

Iptek

Transaksi Aset Digital dengan Digitalexchange.id, Amankah?

Image

News

5 Situs Budaya ini Masuk Nominasi Daftar Warisan Dunia UNESCO 2019, Ada Indonesia

Image

News

Kunjungi Keluarga Gus Dur, Yenny Wahid Puji Anak dan Menantu SBY

Image

News

Kisah Orang-orang yang Tak Libur Lebaran karena Pekerjaan, Menginspirasi!

Image

News

KH Tholhah Hasan, Menteri Agama Era Gus Dur Wafat

komentar

Image

0 komentar

terkini

Image
Ekonomi

Pelindo IV Pastikan Layanan Bongkar Muat di Manokwari dan Jayapura Normal Pasca Aksi

Pelindo IV pastikan layanan bongkar muat barang dan kapal penumpang di Pelabuhan Manokwari dan Jayapura beroperasi normal pascaaksi.

Image
Ekonomi

Investree Kenalkan Artificial Intelligence Sebagai Jaminan Teknologi Keuangan

Investree terus berusaha meningkatkan produk dan layanannya agar dapat menjawab lebih banyak kebutuhan masyarakat Indonesia.

Image
Ekonomi

Jika Dibiarkan, Ini Dampak dari Perombakan Direksi 5 BUMN

Kalau dibiarkan, dikhawatirkan Menteri BUMN yang baru nanti akan terganggu kinerjanya

Image
Ekonomi

Pemerintah dan Pelaku Industri Putar Otak Dongkrak Harga CPO

Kementerian Perindustrian bersama pelaku industri berupaya mencari terobosan yang strategis untuk mendongkrak harga minyak sawit.

Image
Ekonomi

Mau Makan Enak Tapi Enggak Bikin Kantong Tipis? Ikuti Tips Berikut

Untuk makan enak, kebayakan kita lebih sering makan di luar atau di restaurant sehingga kantong menipis sebelum akhir bulan.

Image
Ekonomi

Keukeuh Rombak Direksi 5 BUMN, Rini Bakal Didepak Jokowi?

Image
Ekonomi

Sasar Pasar Milenial, Ramayana Lakukan Transformasi Ini

Ditengah tren lesunya pusat perbelanjaan, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) merubah konsep tokonya.

Image
Ekonomi

Miris, Ada 3 BUMN yang Kinerjanya Mengkhawatirkan Malah Tidak Dirombak Direksinya

Kinerja BUMN yang mengkhawatirkan, malah tidak dilakukan perombakan.

Image
Ekonomi

Waskita Beton Precast Peroleh Kontrak Baru Rp3,29 Triliun Hingga Juli 2019

WSBP memperoleh nilai kontrak baru di Juli 2019 sebesar Rp3,29 triliun atau sekitar 3,17 persen dari target nilai kontrak baru 2019.

Image
Ekonomi

Tingkatkan Literasi Keuangan Perempuan, Narada Gelar Pelatihan untuk Ibu-ibu PKK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah gencar menggandeng pelaku usaha jasa keuangan untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan.

Available
Banner Kemendagri

trending topics

banner jamkrindo

terpopuler

  1. Tengku Zulkarnain: Omong Kosong Aja, Separuh Kawan Saya SD Itu Kawin Semua, Nggak Ada Tuh yang Mati

  2. Tuding FPI Pemicu Kemarahan Warga Papua, Warganet Ramaikan Tagar Tangkap Abu Janda

  3. Yang Bertindak Rasis Sekelompok Warga Tak Bertanggung Jawab, yang Repot Satu Negara

  4. Tahu Ada Rusuh, Ketua MUI Papua Nangis di Mekkah: Anarkis Tak Bisa Selesaikan Masalah

  5. Cerita Indra L Brugman yang Tak Canggung Jadi Suami Helmalia Putri

  6. Dikabarkan Dekat dengan Glenn Fredly, 10 Potret Cantik Mutia Ayu

  7. Polsek Kramatjati Duduk Bersama Mahasiswa Papua di Asrama Batu Ampar

  8. 5 Fakta Ilhan Omar, Anggota Kongres AS Berhijab yang Kerap Kena Bully Donald Trump

  9. Diancam Oknum Pengemudi Ojol, Billy Syahputra: Dia Gak Tau Gua Mungkin

  10. Mahasiswa Papua Demo di Medan, Polisi Bagi-bagikan Minuman Kaleng kepada Mereka

Available

fokus

Nikah Cepat
HUT Ke-74 RI
Ekonomi Indonesia, Merdeka?
Available

kolom

Image
Ahmad Irawan

Joko Widodo dan Keutamaan Partai Politik

Image
Dr. H. M. Syarif, MA

Kesan Haji Tamu Raja 2019

Image
Achmad Fachrudin

Koalisi Plus-plus dan Prospek Oposisi PKS

Image
Naila Fitria

Merdeka Sejak Dalam Pikiran

Available

Wawancara

Image
Video

Hari Fotografi Sedunia

VIDEO Kulit Citra Fotografi Jurnalistik

Image
Iptek

Jodie O'tania, Srikandi Tangguh Kepunyaan BMW Indonesia

Image
Iptek

GIIAS 2019

Gaet Milenial Indonesia, Begini Strategi Penjualan Brand Premium BMW

Sosok

Image
News

5 Bukti Kedekatan Gus Dur dengan Masyarakat Papua, Pluralis Sejati

Image
News

Jadi Menteri Perempuan Pertama dari Papua, Ini 7 Fakta Menarik Yohana Yembise

Image
Ekonomi

Belum 25 Tahun, 3 Founder Startup Indonesia Masuk Daftar Pengusaha Tersukses Asia